Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Ciri-ciri Saham yang Rajin Bagi Dividen

Saat baca-baca di IDX_Channel, saya menemukan ada postingan bagus yang di sharing, yaitu pos mengenai dividen. Berikut isi postingannya: 

Ciri-ciri saham yang rajin bagi dividen. Sumber gambar: IDX_Channel
Anda para pengincar dividen, terutama anda yang berniat untuk investasi di saham2 yang bagi dividen besar, ada baiknya anda perlu memahami ciri-ciri saham yang sering atau rajin bagi dividen. 

Karena sebagian emiten di pasar saham, hampir tiap tahun selalu mengumumkan pembagian dividen (terlepas dari besar kecilnya nilai yang dibagikan). Tetapi tidak semua saham yang bagi dividen saat itu adalah saham yang layak untuk diinvestasikan. 

Kalau anda lihat gambar ulasan diatas, maka ada 5 (lima) poin ciri2 saham yang sering membagikan dividen. Mari kita bahas: 

1. Mapan dan konservatif

Perusahaan yang rajin bagi dividen tiap tahun umumnya adalah perusahaan yang memiliki kinerja mapan di industrinya, dan sudah tidak terlalu banyak melakukan ekspansi besar-besaran (cenderung konservatif). 

Perusahaan2 yang memipin di sektor industrinya, dapat anda lihat dari kemampuan perusahaan tersebut untuk "memimpin" di sektor industrinya, baik dari sisi jumlah aset, ekuitas, pendapatan, laba yang jauh lebih unggul dibandingkan emiten2 sejenis di sektor yang sama. 

Contoh konkritnya adalah emiten2 blue chip. Emiten blue chip inilah merupakan perusahaan yang punya kinerja mapan. Contoh saham2 blue chip adalah TLKM, ASII, HMSP, BBRI, BBCA, BBNI, UNVR, BMRI, ITMG, PTBA, UNTR, ICBP, INDF dan lain2,

2. Dividen yang diberikan konsisten

Perusahaan yang rajin bagi dividen, umumnya akan memberikan nilai dividend per share (DPS) dengan nilai yang konsisten. Konsisten adalah: Rutin membagi dividen tiap tahun. Selain itu, jumlah dividen yang dibayarkan tiap tahun cenderung meningkat konsisten namun stabil. 

Jadi katakanlah tahun lalu BBRI membagi dividen sebesar 30% dari laba bersih. Tahun ini BBRI membagi dividen kurang lebih juga 30% dari laba bersih (misalnya 25% atau 35%-nya). Inilah yang dikatakan dengan konsisten. 

Perusahaan yang membagi dividen tiap tahun dan konsisten menunjukkan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang sudah mapan, karena perusahaan sudah tidak membutuhkan ekspansi / sudah tidak dalam tahap growth lagi, sehingga duit yang ada bisa dipakai untuk bagi2 dividen.  

3. Dividen yield tinggi 

Perusahaan yang rajin bagi dividen selalu memiliki dividend yield yang tinggi, dibandingkan sektor industri sejenis. Dividend yield yang tinggi, umumnya diatas 3%.

Kalau anda belum tahu apa itu dividend yield, anda bisa baca-baca pos saya disini: Kegunaan dan Cara Menghitung Dividend Yield. 

4. Pendapatan selalu bertumbuh 

Anda bisa cek di laporan keuangan, bahwa saham2 yang selalu membagikan dividen, pendapatan-nya selalu bertumbuh setiap tahun, bahkan dalam kondisi ekonomi lesu, emiten2 tersebut (seperti UNVR, INDF) tetap mampy membukukan kenaikan pendapatan, walaupun marginnya turun.  

Perusaahan yang rajin membagi dividen ini, umumnya pertumbuhan pendapatannya stabil / smooth, tidak naik secara drastis ataupun sebaliknya. 

5. Volatilitas harga saham rendah

Dari sisi analisa teknikal, saham2 yang sering memberikan dividen secara rutin dengan nilai dividend yield dan payout ratio yang tinggi, volatilitas harga sahamnya cenderung lebih rendah, dan likuiditasnya sangat baik serta memiliki kapitalisasi psasar yang besar.

6. Poin tambahan: ROE tinggi

Secara fundamental, perusahaan2 yang punya rasio Return on Equity (ROE) tinggi, patokannya umumnya diatas 16%. Kalau ada emiten yang selalu bagi dividen tiap tahun, dan ROE-nya juga selalu diatas 16%, maka emiten ini adalah emiten yang bagus untuk jangka panjang. 

Jadi,, kalau anda mau pilih saham yang rajin bagi dividen, jangan salah memilih saham. Pilihlah saham yang rajin bagi dividen dengan fundamental yang bagus dan mapan, karena saham2 tersebut bisa memberikan keuntungan baik untuk jangka pendek maupun jangka yang lebih panjang (long term). Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.