Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Teknik Beli dan Jual Saham di Hari yang Sama

El Heze
Membeli saham dan kemudian menjualnya di hari yang sama, di dalam trading biasa disebut sebagai TRADING CEPAT / HARIAN. Tapi perlu anda perhatikan, walaupun konteksnya sama2 trading cepat, namun teknik trading cepat ini bisa jadi tidak sama strateginya.  

Hal ini dikarenakan strategi trading harian bisa dibedakan menjadi dua macam. Pertama, scalping trading. Scalping trading adalah trading yang dilakukan dalam waktu sangat cepat yaitu menitan. Saham2 yang dipilih adalah saham2 yang berisiko tinggi, yaitu saham2 lapis tiga (high risk high return). 

Kedua, strategi trading harian yang lain adalah intraday trading. Strategi ini dilakukan dengan membeli saham di pagi hari dan jual di sore hari, sampai 2-3 hari kerja Bursa. Baca juga: Strategi Profit Trading Saham Harian.. 

Pemilihan saham untuk intraday trading berbeda dengan scalping trading, karena pada intraday anda memilih saham2 yang likuid, pergerakannya bagus, dan mudah naik dalam jangka pendek. Anda bisa baca perbedaan scalping dengan intraday trading disini: Perbedaan Scalping Trader vs Intraday Trader. 

Walaupun target take profit intraday trading lebih rendah daripada scalping, tetapi intraday trading adalah trading cepat yang lebih aman untuk dilakukan, karena anda memilih saham2 yang likuid, berdasarkan momentum trading yang bagus. 

Jadi kalau anda mau menerapkan trading harian, yaitu dengan cara beli dan jual saham di hari yang sama, saya menyarankan pada anda untuk menerapkan strategi intraday trading. Mengapa? 

Karena seperti yang saya tuliskan sebelumnya, bahwa pada intraday trading anda memilih saham2 yang likuid, saham2 yang bagus secara technical analysis, serta saham2 yang mudah naik dalam jangka pendek. Selain itu, intraday trading juga memiliki range trading yang lebih panjang dibandingkan scalping trading. 

Dalam trading, ada kemungkinan saham yang anda beli belum naik di hari yang sama, tapi bisa jadi saham anda naik 1-2 hari setelahnya. Nah, dengan strategi intraday ini, anda bisa memiliki batas waktu "toleransi" untuk take profit, sehingga anda tidak perlu terburu-buru dalam menjual saham anda, atau bahkan terburu cut loss. 

Toh, jika saham yang anda beli benar, anda hanya perlu menunggu sedikit agar saham anda bisa naik melebihi harga beli anda. 

Sehingga dengan cara2 ini, dari sisi psikologis anda juga lebih tenang untuk trading. Selain karena anda memilih saham2 yang aman, anda juga memiliki jangka waktu beli dan jual saham yang tidak terlalu terburu-buru, dan juga tidak terlalu lama. 

Disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham, saya juga memberikan praktik-praktik dan strategi lengkap bagaimana cara memilih saham2 yang bagus untuk dibeli dan dijual di hari yang sama. Disertai praktik2 saham harian yang sudah saya tradingkan sendiri. 

Dengan memilih saham2 yang likuid, pergerakannya mudah dianalisa dengan teknikal, dan dengan momentum trading yang tepat. Sehingga, anda bisa menerapkan trading harian dengan target profit yang rasional, dan tidak terjebak di saham2 yang jelek. 

Artinya boleh saya katakan bahwa intraday trading ini adalah strategi trading pendek yang lebih santai, dan tidak terlalu mempermainkan psikologis anda. Baca juga: Saham yang Bagus untuk Trading Harian. 

Jadi kalau anda ingin menerapkan teknik beli dan jual saham di hari yang sama, anda harus memahami strateginya. Jangan asal memilih saham yang kelihatannya sedang naik cepat, tanpa anda mengetahui alasan saham tersebut naik. Jangan membeli saham naik dan booming, tetapi anda tidak tahu analisa saham tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.