Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham BBRI Stock Split Rasio 1:5

PT Bank BRI Tbk (BBRI) berencana melakukan stock split saham. Rencananya BBRI akan stock split dengan rasio 1:5. Jika anda belum tahu apa itu stock split, baca pos: Pengertian dan Ilustrasi Stock Split. Kita semua tahu tujuan emiten melakukan stock split adalah supaya perdagangan sahamnya menjadi lebih likuid. 

Banyak rekan-rekan bertanya pada saya: "Pak Heze, BBRI mau stock split nih, enaknya kita bisa masuk di harga berapa?"

Jawabannya tergantung tujuan anda. Anda mau investasi atau trading? Pada umumnya,  saham2 yang melakukan stock split, hari pertama stock split, harga sahamnya akan naik dengan cepat di menit2 awal, tetapi setelah itu harga sahamnya pada umumnya akan turun lagi. Baca juga: Membeli Saham Setelah Aksi Korporasi Stock Split.

Bahkan tidak menutup kemungkinan harga sahamnya akan cenderung sideways atau bahkan akan koreksi sampai sekitar 1 bulan. Sebagai contoh, kita perhatikan historis saham2 yang melakukan stock split.

BBRI sendiri sebenarnya pernah melakukan stock split tahun 2011 dengan rasio 1:2. Tanggal 27 Januari 2011 saat BBRI dibuka dengan harga stock split, BBRI dibuka di harga 5.300 dan menguat ke 5.400. Namun kemudian BBRI ditutup melemah ke 5.100. Bahkan satu bulan kemudian BBRI turun lagi sampai harga 4.500. Namun, dalam jangka waktu 6 tahun, BBRI harganya (sampai saat pos ini ditulis) sudah mencapai 15.000!

Kemudian di satu sektor ada saham BMRI yang stock split tanggal 13 September 2017. BMRI dibuka di harga 6.700 namun kemudian anjlok sampai 6.500 dan sampai akhir September harganya masih sideways di 6.600. 

Dengan kata lain, kalau tujuan anda TRADING, maka ada baiknya anda tidak terburu masuk di saham ini, karena kalau kita lihat historisnya, pada umumnya emiten2 yang stock split harga sahamnya hanya naik sehari-dua hari saja. At least, anda menunggu ada pergerakan atau volatilitas. 

Tapi kalau anda seorang INVESTOR, anda nggak perlu mikirin grafiknya lagi. Anda bisa borong sahamnya / nabung saham, mumpung nominalnya sudah rendah. BBRI adalah perusahaan yang fundamentalnya sangat bagus. 

Saya pernah membahas ulasan keuangan BBRI disini: Cara Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan - Komparasi Kinerja Keuangan. Selain itu, dividen BBRI juga paling besar diantara bank2 besar di Indonesia lainnya (perbandingan BBRI dengan BBCA, BMRI, BJBR, BNGA, BBNI). Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.