Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Bahayanya Jika Membeli Saham Saat Cum Date Dividen

Pengumuman pembagian dividen oleh perusahaan go public biasanya merupakan pengumuman yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pemegang saham. Terutama jika dividen dibagikan dalam jumlah besar. Sehingga pengumuman dividen pada umumnya akan turut mengerek harga saham perusahaan.

Biasanya harga saham akan mulai naik kencang mendekati tanggal cum date dividen. Jika anda belum tahu apa itu cum date dan ex date, baca pos: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen. Hal ini dikarenakan jika memiliki saham sebelum tanggal cum date, maka pemegang saham akan mendapatkan dividen.

Kalau anda ingin ikut membeli, saya tidak menyarankan anda koleksi sahamnya tepat pada saat tanggal cum date. Mengapa demikian? Biasanya harga saham rentan jatuh satu hari setelah tanggal cum date dividen atau lebih tepatnya saat tanggal ex date. Pada beberapa saham, harga saham biasanya sudah mulai turun sejak tanggal cum date. 

Hal ini biasanya sering sekali terjadi, terutama pada saham-saham yang pengumuman dividennya direspon positif oleh pasar (ditunjukkan dengan naiknya harga saham menjelang cum date dividen). 

Tidak percaya? Saya berikan contoh saham LSIP yang cum datenya tanggal 8 Juni 2017 dan saham INDF yang cum date tanggal 9 Juni 2017. Pada tanggal 8 Juni saat cum date LSIP ditutup turun ke harga 1.450. Pada keesokan harinya (ex date), LSIP langsung dibuka anjlok ke 1.420 dan harga penutupannya 1.405. 

INDF juga mengalami hal yang sama. Pada tanggal cum date 9 Juni INDF ditutup turun di harga 8.450. Keesokan harinya saat tanggal ex date, INDF langsung dibuka turun di harga 8.400 dan setelah itu turun lagi hingga ke 8.325. Disini anda bisa lihat bahwa pelaku pasar akan menjual sahamnya saat tanggal ex date karena pelaku pasar merasa bahwa mereka sudah mendapat dividen dan sudah harga saham sudah naik tinggi, sehingga sudah waktunya take profit. 

Kalau anda membeli saham beberapa hari sebelum cum date, anda sudah mendapatkan kenaikan harga saham yang tinggi sebelumnya, sehingga ketika anda menjual saat ex date, anda masih bisa dapat gain. 

So, kalau anda terlambat menemukan perusahaan yang akan membagikan dividen sudah dekat sekali dengan tanggal cum date, lebih baik tidak perlu dikejar karena anda potensi loss yang lumayan besar saat memasuki tanggal ex date. 

3 komentar:

  1. Bung Heze , teknikal MIKA menjanjikan sekali ,MACD , Stochastic bagus. Kapan ya kira2 bisa masuk ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. MIKA sebenarnya sudah ada kekuatan untuk naik.. Bisa coba beli setengah target pertama di 2.000. Kalau kuat naik, maka ada resisten kuat di 2.100.

      MIKA kelihatannya sudah jenuh di angka 1.850-1.870.Hanya waspadai saja karena polanya masih turun... Jangan beli terlalu banyak sebelum breakout dari 2.000

      Delete
    2. Masih ragu sama MIKA , ikut yg pasti2 aja deh sesuai rekomendasi . Bravo PWON !

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.