Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Daftar Saham Blue Chip di Indonesia

El Heze
Banyak trader yang ingin tahu daftar saham-saham blue chip di Indonesia. Sebenarnya, kalau anda tanya saham2 apa saja yang termasuk dalam saham blue chip, jawabannya bisa bervariasi, karena menentukan apakah suatu saham termasuk saham blue chip atau tidak, tidak ada rumus pasti. 

Sama juga dengan saham gorengan. Apakah suatu saham termasuk dalam saham gorengan atau bukan, semua orang memiliki penilaian sendiri-sendiri. Broker anda bisa mengatakan saham A adalah saham blue chip, tetapi belum tentu broker sekuritas lain mengatakan hal yang sama.

Sebenarnya saham2 blue chip rata-rata atau bahkan semua juga merupakan anggota saham-saham LQ45. Tetapi, tidak semua saham  LQ45 adalah saham blue chip. Mengenai kriteria saham blue chip. sebenarnya ada banyak sekali, salah satunya dilihat dari kapitalisasi pasarnya. Baca juga: Cara Mendapatkan Data Jumlah Saham Beredar dan Kapitalisasi Pasar.

Saya banyak membahas panjang lebar mengenai kriteria-kriteria saham blue chip di ebook trading dan belajar saham. Anda bisa mendapatkannya disini: Buku Saham. Oke, sekarang saya akan memaparkan jenis-jenis saham blue chip menurut versi saya. Berikut adalah daftar saham blue chip di Indonesia. 

1. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI)
2. PT AStra Internasional Tbk (ASII)
3. PT Aneka Tambang Persero Tbk (ANTM)
4. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)
5. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)
6. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)
7. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)
8. PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA)
9. PT Gudang Garam Tbk (GGRM)
10. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP)
11. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)
12. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)
13. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR)
14. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)
15. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM)
16. PT Unilever Tbk (UNVR)

Itulah daftar saham blue chip di Indonesia yang saya seleksi, salah satunya berdasarkan nilai kapitalisasi pasar dan fundamental perusahaan. Jumlah saham di Bursa Efek jumlahnya 600 lebih, namun saham2 blue chip jumlahnya hanya puluhan saja. Saham2 inilah yang biasanya selalu menjadi motor penggerak IHSG.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.