Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Saham Murah yang Berpotensi Naik

El Heze
Di tengah-tengah kenaikan saham-saham blue chip dan sebagian saham lapis 2, ada satu saham yang diam, tenang, dan nyaman. Saham ini sudah masuk dalam radar watchlist saya, hanya saja saya belum membelinya, karena saya masih menunggu aman di daerah support-nya. Saham yang saya maksud adalah: PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA). 

MPPA termasuk dalam sektor ritel dan perbelanjaan. Saham2 di sektor sejenis MPPA antara lain adalah RALS, LPPF, MAPI. Nah, kalau anda perhatikan, saham2 di sektor sejenis sudah mengalami kenaikan harga saham yang cukup cepat, terutama RALS. 

Apalagi saham di sektor ini termasuk saham cyclical, di mana ketika menjelang hari raya Idul Fitri, biasanya saham2 ini cenderung mengalami kenaikan. Dan pada saat saya watchlist belakangan ini, kebetulan sedang memasuki hari raya Idul Fitri. 

Mengapa MPPA cukup menarik perhatian saya? Sekarang perhatikan grafik MPPA dibawah ini. 

Chart MPPA 5 Tahun

Chart MPPA 6 Bulan

Dari chart diatas tampak jelas bahwa harga saham MPPA terus anjlok. Saya juga tidak tahu penyebabnya. Namun yang jelas MPPA saya rasa bukanlah emiten kacangan yang bisnisnya nggak jelas atau terkena masalah utang yang menggunung maupun masalah hukum lainnya. 

But it's the fact. Bahkan, harga saham MPPA saat ini adalah harga saham terendahnya selama 5 tahun terakhir! Ada beberapa fakta yang menarik soal MPPA ini (secara teknikal):

1. Harga saham MPPA membentuk downtrend, bahkan harga sahamnya sudah terendah sejak . Namun, tampak pada 8 hari terakhir (sampai 19 Mei 2017 pos ini ditulis), MPPA tidak memiliki kekuatan untuk turun lagi.

MPPA tidak mampu jebol lagi dari harga 790-800 (Perhatikan chart 6 bulan). Volume juga tampak terus menipis yang menandakan tekanan jual mulai reda. Stochastic menunjukkan indikator yang sudah berada di area jenuh jual. 

MPPA ketika menyentuh 800, selalu naik sedikit ke 810. Hal ini mengindikasikan bahwa harga 800 memang sengaja 'dijaga'. Terlihat bahwa setelah turun tajam, MPPA terlihat mulai sideways di area 800 (menunjukkan tekanan jual mulai reda).

2. MPPA salah satu saham di sektor ritel dan perbelanjaan yang harganya sudah diskon besar, dan sampai saat ini belum naik. Sedangkan RALS dan LPPF beberapa waktu lalu sudah pernah mengalami rebound kencang.

"Jadi, apakah saya sudah bisa masuk saham MPPA Bung Heze? "Tanya anda

Saya pribadi belum berani masuk, walaupun MPPA sudah ada tanda2 tekanan jual reda. Namun, kalau anda mengamati bid-offer MPPA, memang bid-offernya nggak seberapa tebal. Saya baru beranin masuk kalau MPPA mulai rebound kencang, breakout dari sideways dengan volume sangat besar. 

Kalau anda ingin spekulatif buy, anda bisa mencoba buy MPPA, dengan catatan MPPA tidak jebol dari 790-800. Karena harga tersebut ibarat 'benteng'. Kalau harga tersebut jatuh, kemungkinan MPPA akan turun lagi. 

Nah, berhubung MPPA sudah murah sekaliiii dan saham2 di sektor sejenis sudah naik kencang, maka kemungkinan besar MPPA akan menyusul. Berdasarkan pengalaman saya, saham2 dengan chart seperti ini cepat atau lama akan rebound kencang. 

MPPA ada resisten kuat di 1.000 dan 1.200 (perhatikan tanda persegi). Jika MPPA rebound, MPPA bisa menuju kearah resisten kuatnya. Hanya saja, kita tidak bisa memastikan kapan naiknya. Apakah besok naik kencang? Satu minggu kemudian? Tiga minggu kemudian? Who knows? 

2 komentar:

  1. diskonnya ude gede2an , menarik neh MPPA .. ikut mantau ah... oya kalo ada signal masuk mohon dikabari ya bung , biar sama2 kita nggerojok ne MPPA hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok bung...

      Pokok kalau tiba2 rebound kencang dg volume besar siap2 ditarik keatas

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.