Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Arti dan Ilustrasi Satuan Perdagangan dan Fee Transaksi Saham

Ketika Anda trading saham, Anda akan dihadapkan pada istilah "lot". Apa itu sebenarnya istilah "lot"? "Lot" tidak lain digunakan untuk menyebut satuan perdagangan saham. Ibarat, menggunakan satuan Kilometer (Km) untuk jarak, Kilogram (Kg) untuk satuan berat dan lain-lain. Maka, satuan perdagangan saham menggunakan lot.

1 lot = 100 lembar saham. Aturan ini berlaku efektif sejak 6 Januari 2014. Aturan lama, 1 lot = 500 lembar saham. Tujuan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengubah satuan perdagangan saham tidak lain adalah supaya transaksi di pasar saham menjadi lebih likuid, karena dengan mengurangi jumlah lembar saham, maka harga saham menjadi lebih murah, sehingga lebih mudah diperdagangkan dan bisa menjangkau investor2 ritel. 

Saya rasa Anda sudah paham tentang istilah lot di Bursa Efek. Barangkali tidak afdol kalau saya hanya menjelaskan tentang istilah lot pada pos ini. Ada baiknya Anda perlu mengetahui secara keseluruhan bagaimana cara menghitung transaksi dalam jual-beli saham di pasar modal.

Sebelum masuk lebih jauh, saya akan menjelaskan tentang fee transaksi saham. Dalam pelaksanaan perdagangan transaksi di Bursa saham, terdapat biaya transaksi yang harus dibayar oleh investor berdasarkan nilai per transaksi, baik transaksi beli maupun transaksi jual. 

Besarnya fee transaksi yang ditetapkan setiap kantor sekuritas berbeda-beda. Secara umum, fee transaksi beli lebih kecil ketimbang fee jual. Umumnya, fee beli biasanya berada di kisaran 0,15-0,30.Sedangkan fee jual di kisaran 0,25-0,40. Untuk software trading dari perusahaan sekuritas yang saya gunakan, fee beli sebesar 0,17% dan fee transaksi sebesar 0,27%.

Jika Anda menggunakan fasilitas online trading, maka besarnya fee transaksi jauh lebih kecil ketimbang menggunakan full service broker. Saat inipun, kantor sekuritas berlomba-lomba untuk memberikan nominal fee transaksi sekecil mungkin untuk menarik calon nasabah. Kalau Anda bertanya, kantor sekuritas mana fee transaksinya yang paling kecil? Jujur saya tidak tahu. Silahkan Anda tanyakan sendiri ke kantor sekuritas yang bersangkutan. Baca juga: Tips-tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik. Jika Anda ingin mencari kantor sekuritas yang ada di kota Anda, silahkan baca pos: Cara dan Teknis Membuka Rekening Saham. Saran saya, jika Anda memilih kantor sekuritas, pilihlah yang jumlah fee-nya "bersahabat". Jangan memilih fee yang besarnya sampai 0,5%.

Nah lalu apa hubungan antara lot dan fee transaksi saham? Tentu saja keduanya digunakan untuk menghitung transaksi beli dan transaksi jual saham.. Dalam menghitung jumlah modal yang harus Anda bayar untuk beli atau jual saham, Anda harus memperhitungkan jumlah lot serta fee yang Anda bayarkan. 

Silahkan lihat ilustrasi perhitungan beli dan jual saham pada tabel dibawah ini. 



Misalkan Anda membeli saham PWON tanggal 2 Oktober di harga 394. Anda berencana membeli sebanyak 27 lot. Maka total biaya yang harus Anda bayarkan adalah sebesar:

394 X 27 lot X 100 lembar = Rp1.063.800

1.063.800 + ( 1.063.800 * 0,17% fee beli) = Rp1.065.608 --> adalah biaya total yang harus Anda bayarkan. Catatan: Fee beli yang saya gunakan sebesa 0,17% adalah aturan fee beli dari kantor sekuritas yang saya gunakan trading. 


Kemudian pada tanggal 5 Otober Anda ingin menjual saham PWON yang Anda miliki pada harga 402 sebanyak 27 lot. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut.

 402 X 27 lot X 100 lembar = Rp1.085.400

1.085400 + (1.085.400 * 0,27 fee jual) = Rp1.082.469 --> adalah biaya total yang harus Anda bayarkan. Catatan: Fee jual yang saya gunakan sebesa 0,17% adalah aturan fee beli dari kantor sekuritas yang saya gunakan trading. 

Jadi sesungguhnya nilai yang Anda bayarkan untuk membeli saham PWON bukan sebesar Rp1.063.800, namun sebesar Rp1.065.608, setelah ditambah fee beli. Demikian juga ketika Anda menjual saham PWON, maka nilai yang Anda terima bukan sebesar Rp1.085.400, namun sebesar Rp1.082.469. Itulah mengapa saya menyarankan pada Anda untuk memilih kantor sekuritas dengan fee sekecil mungkin. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan. Komentar yang bersifat promosi, link aktif TIDAK AKAN DITAMPILKAN.