Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Candlestick Pattern: Dragonfly Doji Candlestick

Pada pos sebelumnya, kita sudah membahas candlestick pattern, yaitu doji pattern. Anda bisa pelajari kembali ulasannya pada pos berikut: Analisis Candlestick: Cara Membaca Candle Doji. Perlu anda ketahui, pola doji bukan hanya berbentuk seperti tanda plus yang kita bahas di pos sebelumnya.


Namun dalam candlestick doji, kita juga mengenal DRAGONFLY DOJI CANDLESTICK. Dragonfly doji merupakan pola candlestick sinyal pembalikan arah (reversal), yaitu bullish reversal. 

Dragonlfy doji memberikan indikasi bahwa harga saham berpotensi mengalami technical rebound / kenaikan setelah mengalami tren turun / penurunan dari pola sebelumnya. Berikut adalah pola dragonfly doji: 
Dragonfly Doji Candlestick

Berikut adalah ciri-ciri dragonfly doji candlestick: 
  • Merupakan format 1 candlestick 
  • Diawali dengan penurunan harga saham 
  • Candlestick memiliki lower shadow yang panjang 
  • Harga open, close dan high hampir sama / berdekatan, sehingga candle tampak tidak memiliki body dan upper shadow
  • Candle bisa berwarna hijau atau merah 
  • Merupakan sinyal bullish reversal
  • Bentuk candle mirip seperti huruf T 
Tidak terbentuknya body candle pada pola dragonfly doji, menunjukkan bahwa tekanan transaksi yang terjadi di hari tersebut tidak terlalu tinggi. 

Dragonfly doji merupakan sinyal bullish reversal, karena adanya pola lower shadow yang panjang, menunjukkan bahwa harga saham sepanjang perdagangan sudah mulai meninggalkan harga terendah. Hal ini adalah pertanda mulai terjadinya akumulasi saham oleh pelaku pasar, sehingga harga saham meninggalkan harga terendah.

Katakanlah saham A harga terendah selama jam perdagangan adalah 800. Namun saham A berhasil ditutup di harga 870. Ini artinya dari harga terendah 800, mulai banyak terjadi akumulasi pasar, sehingga harga saham jauh meninggalkan harga terendahnya, dan ditutup mendekati harga tertinggi. 

Body candle yang sangat tipis pada pola dragonfly juga menunjukkan mulai adanya penurunan transaksi saat saham berada tren turun. Hal ini bisa mengindikasikan berkurangnya minat jual di saham tersebut. 

Kurang lebih seperti itulah penjelasan pola dragonfly doji candlestick sebagai pola yang menunjukkan sinyal bullish reversal.     

DRAGONFLY DOJI CANDLESTICK PATTERN 

Sekarang kita akan melihat contoh dragonfly doji candlestick pada grafik saham. Perhatikan chart berikut: 

Dragonfly Doji Pattern

Perhatikan yang saya beri tanda persegi pada chart saham JSMR diatas (klik gambar untuk memperbesar). Itu adalah pola dragonfly doji. Diawali dengan tren / penurunan harga saham. Kemudian setelah membentuk dragonfly doji, tidak lama kemudian saham JSMR mengalami technical rebound. 

Sehingga sesuai dengan penjelasan diatas, bahwa pola dragonfly doji yang terbentuk di tren turun merupakan sinyal bullish reversal. Kemudian perhatikan lagi pola dragonfly doji pada saham ICBP berikut: 

Klik grafik untuk memperbesar

Perhatikan tanda lingkaran diatas. Itu adalah pola dragonfly doji, bentuknya mirip seperti huruf T. Diawali dengan tren turun terlebih dahulu. Kemudian muncul dragonfly di ujung tren turun. Perhatikan harga saham ICBP setelahnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Kesimpulannya, ketika anda menemukan saham yang sedang turun dan membentuk dragonfly doji pattern, maka disarankan untuk ancang-ancang mengambil posisi beli / buy, karena pola ini merupakan sinyal bullish reversal yang diberikan pada trader. 

KOMBINASI CANDLESTICK PATTERN 

Namun candlestick pattern tidak 100% akurat. Hanya mengandalkan candlestick pattern untuk trading decision tidak disarankan. Pola-pola candlestick juga bisa meleset karena beberapa hal berikut: 
  • Kondisi / momentum market
  • Likuid tidaknya saham 
  • Analisa teknikal 
  • Faktor-faktor lainnya
Sebagai contoh, pada saat kondisi IHSG lagi turun drastis, sangat mungkin saham-saham yang sudah menunjukkan pattern-pattern bullish reversal seperti dragonfly doji ternyata sahamnya bisa melanjutkan penurunan lagi. 

Oleh karena itu, analisa candlestick pattern juga harus dikombinasikan dengan analisa-analisa teknikal lainnya seperti analisa indikator, support resisten, chart pattern, analisa momentum, untuk menghasilkan sinyal trading yang lebih baik.  

Di web Saham Gain ini, anda bisa membaca materi-materi tentang momentum market, psikologis trading, ulasan saham dan analisa-analisa lainnya yang dibutuhkan untuk mengambil trading decision.   

Anda juga bisa perdalam strategi analisa-analisa teknikal yang lebih praktikal untuk memilih saham-saham bagus, dan analisa momentum trading disini: Ebook Full Praktik Analisis Teknikal Saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.