Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Harian Saham - Profit Cepat dari Saham

El Heze

Strategi intraday trading bisa diterapkan untuk trader yang ingin take profit di market dalam waktu yang relatif singkat, yaitu beli jual saham di hari yang sama, sampai keesokan harinya. Intraday trading sering disebut sebagai strategi trading harian/ trading cepat. 


Intraday trading memiliki sedikit perbedaan dengan scalping trading. Intraday trading memiliki time frame trading yang sedikit lebih panjang dibandingkan scalping trading. Intraday / day trading dilakukan dengan beberapa strategi: 
  • Beli Pagi Jual Sore 
  • Beli Sore Jual Pagi (BSJP)
  • Beli Pagi Jual Siang
  • Beli Siang Jual Sore 
  • Beli saham hari ini dan jual keesokan harinya 
Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading CepatSedangkan scalping trading umumnya mengincar profit dalam waktu yang sangat singkat, yaitu trading beberapa menint saja. Walaupun dalam praktiknya, saham yang kita beli untuk intraday trading biasanya juga bisa naik dalam waktu yang lebih singkat. 

Analisa-analisa dan full praktik memilih saham-saham bagus untuk trading harian, plus full analisis tape reading bisa anda perdalam disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Intraday trading tidak harus dilakukan dengan memilih saham-saham gorengan. Dalam day trading, anda juga bisa memilih saham-saham likuid seperti saham blue chip atau saham-saham second liner. 

Berikut adalah contoh trading harian saham yang penulis terapkan sendiri di market:  

Profit Cepat dari Saham

Penulis membeli saham TPIA pada tanggal 8 Desember di harga 6.925 pada pagi hari. Dan menjual TPIA tanggal 9 Desember di harga 7.025 pada pagi hari. Jangka waktu trading adalah 1 hari. Net profit saham TPIA (setelah dikurangi fee trading) adalah sebesar 1%. 

Anda bisa mempelajari analisa-analisa lengkap, dan full strategi langsung untuk meraih profit dari intraday trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Trading harian tidak harus mengincar profit puluhan persen dalam sehari, karena mencari saham-saham yang naik puluhan persen sehari tidaklah mudah. Jauh lebih mudah mencari saham-saham potensi yang bisa naik beberapa persen sehari. 

Maka dari itu, pada day trading, anda bisa mengincar target profit sekitar 1-3% harian. Profit sebesar 1-3% adalah profit yang cukup IDEAL untuk seorang trader, karena anda juga harus ingat: Anda melakukan trading dengan frekuensi yang cukup tinggi, dibandingkan strategi trading lainnya. 

Misalnya pada swing trading anda mungkin hanya trading seminggu sekali. Tetapi pada intraday trading, anda mungkin bisa mengambil posisi 3-4 kali dalam seminggu. 

Jika dalam seminggu anda mengambil posisi katakanlah 4 kali, dan masing-masing profit sebesar 1%, maka profit anda sudah 4%. Ini adalah profit yang cukup besar, apalagi kalau kita melihat secara akumulasi profit. 

Oleh karena itu, menetapkan target realistis dalam trading harian sangat diperlukan, agar anda bisa mengindari risiko saham nyangkut, dan bisa realisasi take profit lebih cepat di market. 

Dalam intraday trading, analisis teknikal harus tetap digunakan, karena analisa teknikal dapat memberikan petunjuk untuk melihat saham-saham mana saja yang punya potensi naik cepat dan saham-saham yang masih berisiko buat day trading. 

Namun intraday trading bukan hanya menggunakan analisa teknikal. Anda juga perlu menggunakan analisa tape reading. Tape reading adalah analisa saham menggunakan pergerakan BID OFFER selama real time market, untuk melihat kekuatan permintaan dan penawaran market selama jam trading. 

Analisa tape reading sangat berguna untuk day trading, karena dengan tape reading anda bisa memetakan kekuatan permintaan dan penawaran saham selama jam trading, sehingga anda bisa membeli saham-saham yang potensi naik cepat. 

Namun tape reading juga ada kelemahannya, yaitu risiko FAKE BID OFFER. Dalam hal ini, anda harus bisa membedakan saham-saham yang berisiko terkena fake bid offer, saham2 yang polanya berbahaya untuk day trading. 

Anda bisa perdalam analisa tape reading lengkap, termasuk cara-cara membaca fake bid offer disini: Tape Reading Saham PDF.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.