Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Software Trading Saham: SPOT Sucor Sekuritas

Kalau anda ingin trading saham, anda harus membuka akun rekening efek di kantor sekuritas. Anda bisa membuka rekening efek secara offline (datang langsung ke kantor sekuritas) atau membuka rekening efek secara online (melalui website resmi masing-masing perusahaan sekuritas). 


Anda bisa pelajari step by step membuka rekening saham secara online pada free ebook berikut: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi PemulaDi pos ini, saya ingin me-review salah satu software online trading yang fitur-nya cukup lengkap, yaitu software trading saham SPOT Sucor Sekuritas. 

Sucor Sekuritas software online tradingnya adalah SPOT. Kita akan review-review fitur-fitur dan kelebihan utama yang disediakan oleh SPOT:  

1. Tampilan / loading software yang ringan 

Software trading SPOT memiliki tampilan yang ringan. Loading-nya cepat, tampilan softwarenya ringan, sehingga bisa diakses secara efisien (hemat waktu). Kalau anda mencari software trading yang tampilannya ringan, anda bisa pertimbangkan software online trading dari Sucor Sekuritas.  

2. Menu chart (analisis teknikal)

Seperti software online trading pada umumnya, Sucor Sekuritas juga menyediakan fitur charting untuk analisis teknikal. Anda bisa masuk ke menu Chart --> pilih Chart. Seperti berikut tampilannya: 


Namun menurut pendapat saya, tampilan chart di SPOT kurang fleksibel, karena agak sulit untuk memperpanjang time frame. Misalnya, kalau anda perpanjang time frame historis grafik ke bulan-bulan sebelumnya, maka data chartnya akan bergeser, sehingga candlestick pada periode yang lebih baru tidak akan kelihatan. 

Tetapi hal ini bisa disiasati dengan menampilkan Trading View Chart pada menu yang sama di software SPOT. Jadi pada SPOT, anda bisa menampilkan chart bawaan SPOT seperti diatas, atau menampilkan Trading View Chart. Trading View tampilannya seperti berikut: 

Trading View Chart - SPOT Sucor Sekuritas

Disini anda bisa mengatur dan melihat time frame grafik yang lebih fleksibel tanpa harus menggeser data-data grafik yang lebih baru (data yang baru tetap akan terlihat ketika scroll mouse). 

Menu grafik di Sucor Sekuritas kurang lebih memberikan tampilan umum seperti software-software trading lainnya. Menu-menu indikator umum seperti Moving Average, Stochastic, Support-resisten line, Fibonacci, MACD, Bollinger Bands bisa ditampilkan pada software SPOT. 

Anda bisa perdalam lebih banyak tentang analisis teknikal, dan kombinasi-kombinasi analisa teknikal untuk memilih saham bagus disini: Ebook Full Praktik Trading Saham.

3. Menu broker summary (analisis bandarmologi) 

SPOT memiliki keunggulan utama dalam hal menampilkan bandarmologi. Yap, fitur-fitur SPOT untuk analisa bandarmologi cukup lengkap. Salah satunya, ada menu broker summary yang bisa anda akses pada menu Stock/Broker --> Stock Summary. Berikut tampilannya: 


Tidak semua sekuritas menampilkan menu broker summary yang lengkap. Namun untuk SPOT menu broker summary-nya komplit (termasuk menampilkan average price bandar). 

Buat yang belum paham cara membaca broker summary saham, anda bisa perdalam analisanya disini: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary. Buat yang ingin fokus mendalami analisa bandarmologi, software online trading dari SPOT bisa anda pertimbangkan. 

Anda bisa perdalam juga kombinasi analisis bandarmologi dan analisis teknikal untuk mencari saham-saham yang sedang diakumulasi bandar dan saham-saham yang berpotensi naik disini: Ebook Analisis Bandarmologi Saham Pemula - Expert.  

4. Berita corporate action (pengumuman dividen, stock split dan lain-lain) 

Kalau anda sedang pengumuman saham-saham apa saja yang mau bagi dividen, saham2 yang akan stock split, perusahaan2 yang akan IPO dan lain2, maka SPOT menyediakan fitur untuk melihat berita-berita secara update. Anda bisa melihatnya langsung pada menu Research. 

Sebagai contoh, saya ingin melihat informasi pengumuman saham-saham yang akan bagi dividen. Maka di SPOT saya bisa langsung melihat tabel informasi pengumuman dividen seperti ini: 

Dengan menu aksi korporasi ini, anda tidak akan ketinggalan berita, sehingga anda bisa mengambil momentum. 

5. Rangkuman foreign activity 

Jika anda masuk ke menu Stock/Broker --> Foreign Activity, maka anda bisa melihat rangkuman saham-saham apa saja di tanggal tertentu yang sedang diakumulasi atau didistribusi khusus oleh broker asing. Contoh tampilannya sebagai berikut:  


Diatas adalah daftar saham-saham yang lagi banyak dibeli dan dijual oleh bandar asing. Buat yang ingin melihat kekuatan aliran bandar / broker asing, anda tidak perlu melakukan screening manual. Anda bisa melihat rangkumannya langsung pada menu yang disediakan SPOT. 

6. Broker history 

Pada menu Stock/Broker, anda menu Broker History. Menu ini berguna untuk melihat historis transaksi broker saham tertentu selama periode waktu yang anda tetapkan. 

Kegunaan menu broker history adalah untuk analisa bandarmologi. Kalau anda ingin melihat saham-saham apa saja yang sedang diakumulasi atau didistribusi oleh broker-broker besar tertentu, anda bisa memanfaatkan menu ini. 

Sebagai contoh, anda ingin melihat rincian akumulasi dan distribusi yang dilakukan oleh broker YP selama beberapa hari. Maka berikut tampilannya: 


7. Menu screening indikator 

Menu screening adalah menu yang disediakan oleh SPOT, yang berguna bagi anda untuk melakukan screening saham berdasarkan kriteria tertentu. Pada SPOT, anda bisa masuk ke menu Scanner. Lalu muncullah tampilan sebagai berikut: 

Screening saham
Di software SPOT, ada beberapa pilihan kriteria untuk screening saham yang bisa anda manfaatkan. Misalnya, pada menu diatas ada menu Stochastic, RSI, Ichimoku, Candlestick, Pivot dan lain-lain. 

Itu adalah menu untuk screening saham. Sebagai contoh, saya ambil screening saham menggunakan indikator RSI. Maka akan muncul tampilan screening indikator seperti berikut:  


Pada screening RSI, anda bisa melihat saham-saham apa saja yang indikator RSI-nya berada dibawah 20 alias jenuh jual, atau melihat saham2 yang RSI-nya berada diatas garis 80 alias jenuh beli. 

Misalnya, anda ingin melihat saham-saham yang indikator RSI-nya berada dibawah 20, maka akan muncul screening saham-saham secara khusus yang indikator RSI-nya dibawah 20 seperti yang anda lihat diatas. 

Fasilitas menu screening ini akan memudahkan trader untuk melakukan tahapan screening awal, khususnya buat anda yang menggunakan indikator-indikator seperti Stochastic, RSI, golden cross, death cross dan lain-lain. 

Dari tahap screening awal ini, nantinya bisa anda kembangkan lagi untuk screening lanjutan saham-saham yang terbaik dengan analisis teknikalnya. Pelajari cara-cara screening saham bagus disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

8. Kalkulator trading 

SPOT juga menyediakan menu kalkulator trading. Anda bisa masuk pada menu Quote --> Trading Kalkulator. Lalu muncullah menu kalkulator sebagai berikut: 


Pada menu kalkulator, anda bisa memasukkan harga beli, harga jual beserta volume (jumlah lot). Kemudian akan muncul hitungan bersih / net profit yang anda dapatkan. Menu kalkulator akan memudahkan anda untuk menghitung rincian transaksi trading, dan anda bisa memperkirakan harus jual di harga berapa supaya bisa profit. 

Namun kalkulator ini hanya untuk perhitungan saja, tidak bisa disimpan untuk catatan historis transaksi. Kalau anda membutuhkan rincian trading kalkulator excel untuk catatan trading, khususnya buat yang ingin menghitung harga average, anda bisa download langsung GRATIS disini: Kalkulator Saham Gratis untuk Harga Average.  

9. Fee transaksi yang terjangkau 

Kelebihan SPOT lainnya adalah fee transaksi online trading yang sangat terjangkau. Fee SPOT hanya 0,15% untuk fee beli dan 0,25% untuk fee jual. Sehingga SPOT termasuk salah satu software online trading yang cocok buat anda yang ingin trading harian, karena fee-nya relatif rendah. 

10. Data fundamental perusahaan (3 tahun) & Company Profile

Menu data fundamental perusahaan (laporan keuangan) dan valuasi saham selama 3 tahun bisa anda akses melalui SPOT. Anda bisa masuk pada menu Research --> Financial Report atau Company Profile untuk menampilkan profil perusahaan. Tampilannya seperti berikut: 


Anda bisa cari kode saham perusahaan yang ingin anda cari kinerjanya secara spesifik. Kemudian muncullah menu-menu laporan keuangan perusahaan seperti Current Asset, Liabilities dan lain-lain. Data-data fundamental di SPOT ditampilkan dalam kurun waktu 3 tahun, untuk laporan kuartal dan tahunan. 

Itulah software trading saham SPOT Sekuritas dan beberapa kelebihan fitur yang dimiliki. Kalau anda baru memulai trading saham, dan sedang mencari software online trading, anda bisa mempertimbangkan fitur yang ada di SPOT sekuritas. 

Catatan: Review software online trading ini saya buat se-OBJEKTIF mungkin, bukan karena paksaan dan request dari pihak tertentu. Review di pos ini berdasarkan apa yang penulis terapkan sendiri (penulis menggunakan software dari SPOT untuk analisa bandarmologi & screening dan Danareksa untuk trading & analisa teknikal). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.