Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham untuk Trading Harian - One Day Trading

El Heze

Ada banayak saham yang bisa anda manfaatkan untuk trading harian. Di pasar saham, kita sering menemukan saham-saham yang naik turunnya relatif cepat dalam sehari. Saham-saham yang fluktuatifnya cepat bisa diprioritaskan oleh para trader jangka pendek. 


Tetapi buat para day trader, anda harus selektif memilih saham-saham yang punya pergerakan cepat selama jam trading. Kalau anda sering berkunjung ke halaman watchlist saham: Rekomendasi Saham, atau di channel Telegram Saham Gain, saya sering mengulas analisa teknikal saham-saham tertentu. 

Kita juga sering mengulas saham yang sama untuk beberapa hari kedepan, karena banyak saham yang fluktuatif naik turunnya bergerak cepat. Misalnya saham-saham naik cepat di pagi hari ke resisten tertentu. 

Namun sorenya turun lagi bergerak ke area support. Keesokan harinya, saham bergerak naik lagi beberapa persen. Tetapi siang-sore harinya mulai koreksi lagi. Tipe-tipe saham yang fluktuatifnya cepat seperti ini bagus untuk dimanfaatkan trading harian. 

Sebagai contoh, pola teknial saham KLBF yang beberapa hari sering bergerak di range 1.370-1.405, seperti yang anda lihat pada chart berikut: 


Perhatikan tanda lingkaran, di mana KLBF terlihat bergerak naik turun di kisaran support resisten yang berulang selama 1 mingguan. Pada tiga candle terakhir terlihat adanya upper shadow panjang. 

Hal ini menunjukkan bahwa saham KLBF di awal perdagangan saham mampu naik tinggi, tetapi closing balik ditutup koreksi ke harga support awalnya. Saham-saham yang punya tipikal fluktuatif cepat ini bisa dimanfaatkan untuk trading harian.  

Penulis pribadi juga sempat mentradingkan saham KLBF untuk day trading untuk trading harian, di mana penulis buy KLBF tanggal 5 Oktober pada harga rata-rata (average price) 1.380 dan kemudian take profit KLBF di harga 1.400 pagi keesokan harinya pada harga 1.400. Berikut rincian trading harian KLBF yang saya terapkan:  

Saham untuk Trading Harian

Net profit dari saham KLBF dibawah 1 hari adalah sebesar 1% (Setelah dikurangi dengan trading). Pertimbangan penulis mentradingkan saham KLBF untuk day trading saat itu adalah karena fluktuatifnya yang cepat, namun tren harganya masih sulit untuk naik / uptrend, seperti yang kita bahas pada pola chart KLBF diatas tadi. 

Para trader yang ingin mendalami strategi dan full praktik memilih saham-saham bagus untuk trading harian, analisa momentum dan kombinasi analisa tape reading, anda bisa pelajari strategi-strateginya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Buat yang ingin mencari saham untuk trading harian, ada beberapa hal penting yang perlu anda terapkan: 

1. Perhatikan saham-saham yang pergerakan hariannya cepat di support-resisten berulang 

Dalam trading harian, anda melakukan take profit dengan jangka waktu pendek. Maka dari itu, carilah saham-saham yang pergerakan hariannya cepat, yaitu saham2 yang sering bergerak di area support resisten berulang. 

Pilih saham-saham yang fluktuatifnya cepat namun wajar (bukan saham2 roller coaster yang naik turun puluhan persen), dan bid offer-nya juga relatif ramai. 

2. Lihat pola analisa chartnya 

Trader harian harus melakukan analisa teknikal. Analisa teknikal berguna untuk melihat letak support-resisten dan pattern yang terbentuk, karena dengan chart anda bisa menganalisa potensi apakah saham akan naik dalam jangka pendek, atau sebaliknya. 

Kesalahan trader harian yang sering terjadi adalah hanya melihat %change harga sahamnya, dan cuma mengikuti "arah angin" di market. Padahal analisa teknikal sangat dibutuhkan oleh day trader untuk menyeleksi saham2 yang pergerakannya baik. 

3. Analisa tape reading 

Analisa tape reading sangat berguna untuk trader harian, supaya anda bisa memetakan kekuatan buyer seller pada saat real time market. Saham-saham yang bertahan di support, didukung tape reading yang baik, punya potensi naik cepat dalam jangka pendek. 

Anda bisa pelajari lebih dalam tentang analisa tape reading (analisa bid offer) disini: Analisa Tape Reading Saham PDF. 

4. Pola saham bisa berubah: Sesuaikan kondisi saham masing-masing

Tidak ada syarat mutlak saham untuk trading harian. Apa maksudnya? Maksud saya adalah tidak ada saham yang bisa digunakan untuk trading harian setiap saat. Hal ini karena saham bisa mengalami perubahan pola. 

Misalnya saham KLBF yang kita bahas tadi. Saham KLBF sebelumnya jarang saya gunakan untuk trading harian, karena tren-nya mantap. Kalau koreksi, penurunan-nya bisa sampai semingguan. 

Kalau naik, kenaikannya bisa lebih dari seminggu, jadi kalau untuk day trading nanggung. Dengan tren yang "tegas" seperti ini, lebih enak untuk swing. Tapi karena belakangan ini KLBF hanya bergerak di support resisten berulang, didukung indikator, maka KLBF saya manfaatkan untuk day trade saja. 

Nah, sewaktu-waktu kalau terjadi perubahan tren pada saham KLBF, bisa saja saya tidak memanfaatkan saham ini lagi buat day trading. Artinya begini, pola saham itu bisa berubah. Jangan mencintai satu saham, dan jangan menjadikan satu saham sebagai patokan. 

Sebagai trader, anda harus fleksibel juga dalam menyesuaikan kondisi saham masing-masing. Lihatlah perubahan kondisi saham, terutama analisa momentum supaya anda bisa masuk di harga yang bagus.

Saham-saham untuk day trade juga butuh analisa momentum yang benar, karena tidak setiap saat saham yang anda incar naik terus. 

Itulah beberapa strategi memilih saham untuk trading harian. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.