Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Melihat Broker Summary di RTI

Pada pos sebelumnya yang sudah kita bahas disini: Cara Membaca & Melihat Broker Summary, kita sudah membahas tentang cara membaca dan melihat broker summary melalui software online trading.  

 

Seperti yang sudah kita ulas, bahwa broker summary ini berguna untuk melihat pergerakan bandar saham: Apakah bandar cenderung lagi banyak akumulasi atau distribusi saham. 

Tapi untuk para trader pemula yang belum sempat membuka rekening saham, atau mungkin anda yang masih dalam tahap membuka rekening efek, tentu saja anda belum bisa melihat tampilan broker summary tersebut. 

[Para trader yang ingin mendalami analisa bandarmologi dengan analisa broker summary & kombinasi analisa teknikal untuk trading decision, anda bisa perdalam analisa-analisanya disini: Ebook Analisis Bandarmologi Saham Pemula - Expert].

Buat anda yang ingin belajar bandarmologi saham dengan tool gratis, maka menu broker summary saham sebenarnya juga bisa anda akses melalui aplikasi RTI Business, meskipun aplikasi RTI menurut saya tidak se-detail broker summary bawaan software saham, akan tetapi aplikasi RTI cukup mudah dipahami oleh pemula. 

Oke, sekarang kita masuk ke cara melihat broker summary di RTI. Sebelumnya buat yang belum punya aplikasi RTI, anda bisa baca dulu disini: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

Pada pos ini, kita coba melihat broker summary saham ASII. Pada RTI, anda bisa ketikkan kode saham ASII pada bagian kanan atas (menu search), kemudian pilih menu Analytics. Kalau anda scroll kebawah, maka anda akan menemukan beberapa tampilan berikut: 


Tampilan aplikasi bandarmologi RTI pertama, bisa anda lihat seperti pada tampilan diatas. Ada tampilan foreign buy, foreign sell, domestic buy, domestic sell yang menunjukkan seberapa besar volume transaksi bandar. 

Volume menunjukkan seberapa banyak lot / jumlah saham yang dimiliki oleh bandar. Kalau foreign buy lebih besar daripada foreign sell, maka artinya saham sedang banyak diakumulasi oleh bandar asing. Demikian pula sebaliknya. 

Kemudian ada juga domestic buy dan sell. Cara bacanya sama, kalau domestic buy pada grafik lebih tinggi, berarti saham lagi banyak diakumulasi oleh bandar lokal. Pada aplikasi RTI, anda bisa melihat proporsi bandar lokal dan bandar asing di saham tersebut, 

Pada saham ASII diatas, porsi bandar lokalnya lebih besar sebanyak 60,41% dibandingkan bandar asing sebesar 39,59%. Kalau pada aplikasi RTI, biasanya akan dituliskan lebih rinci berapa net buy atau sell asing yang dilakukan oleh bandar asing dalam value (nilai rupiah). 

Kalau foreign buy > foreign sell, maka akan menghasilkan NET BUY. Seperti pada saham ASII, di mana foreign buy-nya lebih besar, sehingga kesimpulannya bandar asing sedang melakukan akumulasi di saham ASII (Net Foreign Buy) sebesar 442,17 M (FBuy - FSell). 

Untuk menu broker summary RTI yang lebih rinci per bandar / broker sekuritas, bisa anda lihat tampilannya seperti berikut:   

Cara Melihat Broker Summary di RTI

Pada RTI, kita bisa melihat siapa saja top buyer dan top seller yang menjadi market maker di saham tersebut. Buy volume diberikan warna hijau dan sell volume warna merah. Semakin tinggi bar grafiknya, semakin besar nilai akumulasi atau distribusi bandar.

Pada contoh saham ASII di pos ini, beberapa top buyer terbesarnya adalah sekuritas ZP, DX, CS, YP. Sekuritas YP selain melakukan akumulasi, juga melakukan distribusi besar. Hal ini terlihat dari grafik Top Buyers, di mana terdapat Sell Volume yang lebih tinggi dibandingkan Buy Volume-nya. 

Sedangkan untuk beberapa top seller terbesarnya seperti sekuritas YP, AG, YB, AK, LG, CS. Sekuritas CS walaupun melakukan distribusi, tapi juga melakukan akumulasi saham yang lebih banyak. Hal ini terlihat pada grafik Top Sellers, di mana ada nilai Buy Volume yang lebih besar. Lalu perhatikan lagi rangkuman broker summary saham ASII:  


Di aplikasi RTI, anda bisa melihat rangkuman Top Net Buyers dan Top Net Sellers setiap big player. Jadi pada menu ini, anda hanya melihat nilai buy value dan sell value yang terbesar sampai yang paling kecil. 

Nah, broker summary RTI, untuk melihat apakah bandar lagi banyak akumulasi atau distribusi secara value per broker sekuritas memang agak susah, karena tidak ditampilkan angka pasti-nya. 

Pada tampilan grafik diatas cuma ditampilkan angka di bagian kiri (35.2K, 26.4K dan seterusnya). Sedangkan kalau di broker summary software sekuritas seperti tampilan berikut: 


Anda bisa melihat nilai value dan volume per sekuritas langsung. Tapi di tampilan RTI, untuk melihat nilai value secara keseluruhan (bukan per broker), anda bisa melihatnya pada menu tampilan Turnover seperti berikut: 


Anda tinggal jumlahlah Fbuy+Dbuy dan bandingkan dengan Fsell + Dsell. Kalau pembelian lebih banyak, berarti bandar sedang akumulasi. Dan juga sebaliknya. 

Atau untuk anda yang ingin melihat pergerakan bandar asing-nya saja, anda bisa melihat melalui Net Buy dan Net Sell value-nya seperti yang kita bahas pada tampilan pertama tadi (Net Foreign Buy: 442,17 M). 

Itulah cara melihat broker summary di RTI. Khususnya buat anda yang baru belajar saham dan belum sempat membuka akun di sekuritas, anda bisa manfaatkan dulu aplikasi RTI ini gratis, bisa untuk analisa bandarmologi, analisa teknikal dan untuk virtual trading. 

Aplikasi RTI ini juga bagus buat anda yang mobile. Kalau anda terbiasa trading di PC atau laptop, tapi anda sering keluar, anda tetap bisa melihat / memantau saham, pergerakan bandar melalui aplikasi RTI yang diinstal di smartphone. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.