Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Bandarmologi Saham

Kalau anda sedang belajar analisa bandarmologi, anda tentu membutuhkan aplikasi yang bisa mendeteksi pergerakan bandar: Apakah bandar sedang melakukan akumulasi atau distribusi saham. 

 

Saat ini anda mungkin sering mendengar aplikasi-aplikasi untuk mendeteksi bandarmologi. Bahkan tidak sedikit aplikasi bandarmologi yang berbayar mahal hingga jutaan Rupiah. 

Yap, sebagian besar dari anda mungkin memiliki modal terbatas, sehingga belum memungkinan untuk memiliki aplikasi2 bandarmologi yang harganya mahal. 

Tapi sebenarnya untuk menganalisa bandarmologi, anda tidak memerlukan aplikasi bandarmologi khusus. Anda juga bisa menggunakan aplikasi bandarmologi saham gratis. 

Aplikasi bandarmologi saham paling simpel & efektif yang bisa anda pakai adalah BROKER SUMMARY. Broker summary adalah menu untuk melihat bandar saham (broker sekuritas) yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham. 

Menu broker summary bisa anda akses SECARA FREE pada software online trading anda masing-masing. Setiap software online trading sekuritas tempat anda mendaftar rekening efek pasti menyediakan menu broker summary buat analisa bandarmologi. 

Untuk melihat broker summary, anda bisa melihatnya pada menu Stock atau Broker --> Stock / Broker Summary.. Disini saya menggunakan contoh tampilan broker summary pada software trading Sucor Sekuritas. Setiap software trading bisa memiliki nama menu yang berbeda, namun tampilan broker summary kurang lebih pasti sama: 


Setelah anda memilih stock summary, akan muncul tampilan broker summary seperti berikut ini: 

Aplikasi Bandarmologi Saham

Diatas adalah contoh tampilan broker summary, di mana melalui broker summary inilah anda bisa menganalisa gerak-gerik bandar yang sedang akumulasi dan distribusi. 

Anda bisa melihat broker lokal, broker asing maupun broker-broker sekuritas besar yang membeli dan menjual saham tertentu, termasuk harga average bandar, volume maupun value. 

Mengenai cara membaca dan menganalisa broker summary, dan tampilan2 broker summary sudah kita bahas lengkap pada pos berikut: Cara Membaca & Melihat Broker Summary. Anda bisa pelajari kembali. 

Analisa bandarmologi melalui broker sumamry ini sebenarnya sudah sangat komplit dan bisa mewakili analisa bandarmologi anda. Pada broker summary, anda bisa melihat pergerakan historis bandar pada tanggal-tanggal sebelumnya juga. 

Selain itu, menu broker summary bukan cuma menampilkan rangkuman net buy dan net sell total. Namun anda bisa melihat PER BROKER / BANDAR yang sedang akumulasi dan distribusi. 

Umumnya, broker summary menampilkan sampai 20 broker sekuritas yang menjadi market maker di saham tersebut. Dan anda bisa urutkan top broker yang paling banyak melakukan akumulasi & distribusi sampai yang paling sedikit. 

Kalau anda sedang mencari tool aplikasi bandarmologi yang bisa melihat secara rinci volume, value, harga average bandar, maka anda bisa manfaatkan fitur broker summary ini secara free.

BANDARMOLOGI SAHAM APLIKASI RTI  

Aplikasi untuk mendeteksi pergerakan bandar lainnya secara free, bisa anda akses juga melalui aplikasi RTI BUSINESS (Aplikasi RTI). Anda bisa download dulu RTI Business di Google Playstore (Lewat smartphone anda).

Langkah2 download dan daftar RTI bisa anda baca disini: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. Pada RTI, anda bisa ketikkan kode saham yang ingin anda lihat aliran dana bandarmologinya. 

Sebagai contoh, saya ingin analisa pergerakan bandar saham BBRI. Setelah saya ketik kode saham BBRI, kemudian masuk ke menu Analytics. Kemudian scroll sedikit kebawah dan disitulah anda akan melihat pergerakan bandar saham lokal dan asing. Seperti berikut contoh tampilannya: 

Pada aplikasi RTI, anda bisa melihat rangkuman kekuatan net buy-sell asing maupun domestic langsung dalam bentuk grafik, sehingga anda bisa lebih mudah menyimpulkan apakah domestic dan asing lebih cenderung ke arah akumulasi atau distribusi saham. 

Pada RTI, anda bisa menganalisa juga pergerakan bandar saam selama jangka waktu tertentu. Contoh tampilannya seperti berikut: 


Anda bisa memilih periode 1 hari (1D), 1 minggu (1W), 1 bulan (1M) dan seterusnya. Termasuk sekuritas-sekuritas mana saja yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi paling banyak selama jangka waktu tertentu. 

Anda juga bisa melihat frekuensi transaksi saham yang dilakukan oleh bandar. Perhatikan tampilan berikut: 


Pada tabel kiri adalah frekuensi beli dan jual yang dilakukan oleh bandar asing (Foreign), porsinya sebanyak 38,27%. Sedangkan di sisi kanan adalah frekuensi beli jual oleh bandar lokal (Domestic) sebanyak 61,73%. 

Pada tabel diatas, anda juga bisa melihat breakdown porsi beli dan jual frekuensi yang dilakukan oleh domestik maupun bandar asing. Dengan analisa bandarmologi melalui RTI, anda bisa mengentahui apakah saham sedang banyak dibeli dan dijual oleh lokal atau asing. 

Namun aplikasi RTI memang nggak se-detail broker summary. Broker summary lebih rinci dan bisa melihat harga rata-rata masing-masing bandar. Tapi dengan aplikasi RTI, bisa membantu anda untuk memetakan kekuatan lokal dan domestik yang menjadi bandar di saham tersebut. 

Itulah aplikasi bandarmologi saham yang bisa anda manfaatkan untuk analisa gerak-gerik market maker. Kalau anda ingin mencari aplikasi free, anda bisa gunakan kedua aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.