Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Bandarmologi: Memahami Net Buy & Net Sell Asing

Dalam analisa bandarmologi, trader saham seringkali menggunakan analisa NET BUY dan NET SELL untuk menganalisa pergerakan bandar dan potensi arah harga saham. Sesuai namanya, net buy berarti pembelian bersih yang dilakukan bandar. 


Sedangkan net sell adalah penjualan bersih oleh bandar. Net buy asing terjadi apabila nilai akumulasi bandar asing lebih besar dibandingkan nilai distribusi bandar  asing. Dengan kata lain, net buy menunjukkan kalau bandar asing sedang akumulasi saham. 

Net sell asing terjadi apabila nilai distribusi bandar asing lebih besar dibandingkan nilai akumulasi asing. Net sell menunjukkan kalau bandar asing sedang distribusi saham. 

[Perdalam juga full praktik analisa bandarmologi, dan cara menganalisa gerak-gerik bandar di bursa saham, analisa average price bandar untuk memilih saham-saham yang akan naik disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert]

Tapi kalau anda melakukan analisa bandarmologi menggunakan tool-tool tertentu, nilai net buy dan net sell sudah dihitung secara otomatis. Anda nggak perlu hitung manual. 

Para trader yang sedang mempelajari analisa bandarmologi, kebanyakan menggunakan acuan net buy dan net sell bandar, sehingga dengan rangkuman net buy & sell, trader tidak perlu melihat satu per satu broker yang sedang akumulasi dan distribusi. 

Salah satu aplikasi gratis untuk melihat gerak-gerik bandarmologi, yaitu melihat rangkuman net buy dan net sell foreign + domestik, bisa anda manfaatkan melalui aplikasi RTI. Baca juga: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

Untuk lebih mudah, kita akan langsung masuk tampilan bandarmologi net buy dan net sell pada aplikasi RTI Business. 

NET BUY BANDAR ASING 

Net Buy Asing

Diatas adalah contoh saham yang sedang diakumulasi bandar asing, yaitu saham TLKM di mana bisa kita lihat adanya net foreign buy. Artinya buy asing - sell asing lebih banyak buy asing-nya. 

Pada tampilan diagram grafik bisa kita lihat juga bahwa Foreign Buy (F.Buy) saham TLKM jauh lebih banyak porsinya 38,05% dibandingkan Foreign Sell (F.Sell) 12,41%. Inilah yang disebut dengan net buy asing di pasar saham.  

NET SELL BANDAR ASING

Net Sell Asing 

Saham BABP diatas adalah contoh di mana bandar asing sedang melakukan banyak distribusi, sehingga muncullah net foreign sell, karena nilai distribusi asing lebih besar daripada akumulasi asing. 

Pada tabel juga bisa kita lihat nilai Foreign Sell (F.Sell) lebih besar porsinya sebanyak 3,86% dibandingkan Foreign Buy (F.Buy) sebanyak 0,99%. 

Untuk mendalami analisa bandarmologi, dan cara memilih saham-saham yang bagus berdasarkan bandarmologi, analisa gerak-gerik bandar, disarankan untuk mempelajari full analisa dan strategi bandarmologi saham disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert. 

MINDSET KELIRU TENTANG NET BUY & SELL ASING

Para trader sering menggunakan aplikasi RTI ini untuk melihat gerak-gerik bandar asing yang sedang akumulasi dan distribusi. Konsep yang sering kita dengar adalah: Kalau asing lagi akumulasi, berarti saham bakal naik. Kalau asing lagi distribusi, saham akan turun. 

Tapi seringkali hal sebaliknya justru terjadi. Saya sering dapat pertanyaan yang intinya: Kenapa asing banyak beli dalam 1 minggu ini sahamnya malah turun? Atau sebaliknya: Kenapa asing jualan terus sahamnya malah naik? 

Konsep seperti ini tercipta karena anggapan bahwa sekuritas asing punya modal dan kekuatan lebih besar, sehingga punya kemampuan menggerakkan saham. Memang tidak salah, asing punya modal besar. Tapi kita tidak bisa meng-generalisir menjadi satu analisa baku seperti diatas. 

Inilah mindset keliru yang sering diterapkan dalam bandarmologi. Dalam trading, kita nggak bisa bergantung dengan cara melihat pergerakan asing, karena ada beberapa hal: 

1. Jarang ada bandar saham 100% lokal atau 100% asing 

Faktanya, regulasi di Indonesia tidak memperbolehkan 100% sekuritas asing menjadi Anggota Bursa. Sekuritas asing di Indonesia adalah joint venture dari pemodal lokal dan asing. Demikian juga dengan sekuritas lokal, banyak pemodal asingnya juga. 

Jadi jangan cuma terlalu fokus pada bandar asing. Bandar asing ada lokalnya juga. Bandar lokal ada pemodal asingnya juga. 

2. Apakah anda nggak melihat kekuatan bandar lokal juga? 

Kalau anda cuma lihat bandar asing, apakah anda nggak melihat bandar lokalnya juga? Faktanya banyak juga bandar lokal yang besar seperti sekuritas YP PD CC NI, di mana sekuritas2 lokal besar juga ada pemodal asingnya. 

Seperti tampilan RTI diatas. Kalau anda lihat saham BABP misalnya... Porsi asing di saham tersebut cuma sekitar 4%, sisanya adalah bandar lokal. Itu artinya bandar lokal juga punya kemampuan menjadi market maker, bukan hanya bandar asing.

3. Apakah anda nggak analisa grafiknya? 

Jangan hanya melihat bandar asing. Kombinasi chart juga sangat menentukan potensi arah pergerakan saham, karena chart menggambarkan psikologis market dan pola2 kecenderungan arah harga saham. Fokuskan pada analisa chart, dan analisa bandarmologi sebagai analisa pelengkap. 

ANALISA BANDARMOLOGI YANG LEBIH DETAIL 

Kesimpulannya, melihat bandarmologi hanya dengan net buy dan net sell asing saja tidak dapat mewakili analisa yang akurat. Kalau anda memang berniat analisa bandarmologi, ada baiknya anda melakukan analisa yang lebih detail. 

Yap, anda bisa menganalisa bandarmologi melalui broker summary, di mana broker summary bisa anda lihat langsung pada software online trading masing-masing. Seperti berikut contoh tampilan broker summary: 


Broker summary melihat rincian per broker saham yang sedang akumulasi dan distribusi saham, termasuk melihat average price bandar, value dan volume transaksi. Anda bisa urutkan top buyer dan top seller. 

Dengan cara ini, anda bisa melihat lebih luas dan detail analisa bandarmologi, bukan hanya melihat berdasarkan total net buy dan sell asingnya saja. Sehingga anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak untuk melihat gerak-gerik bandar secara luas. 

Pelajari juga cara membaca broker summary saham disini: Cara Membaca & Melihat Broker Summary.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.