Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mengetahui Bandar Sedang Akumulasi Saham

Bandarmologi merupakan analisis saham yang dilakukan dengan cara melihat gerak-gerak bandar yaitu melihat bandar yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham.  


Dalam analisis bandarmologi, istilah akumulasi mengacu pada pembelian saham oleh bandar. Sedangkan distribusi mengacu pada penjualan saham yang dilakukan bandar. Sesuai konsep dasar bandarmologi, pada saat bandar sedang akumulasi, maka harga saham ada potensi naik. 

Pada saat bandar distribusi, maka saham berpotensi turun. Hal ini sesuai dengan konsep permintaan dan penawaran, ketika banyak yang membeli saham, maka harga saham akan naik dan ketika banyak yang jual, saham akan turun. 

[Trader saham yang ingin mendalami analisa bandarmologi saham full praktik, analisa broker summary dengan kombinasi analisa teknikal untuk trading decision, anda bisa perdalam analisa-analisanya disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert].

Para trader kerap kali mencari saham-saham yang sedang diakumulasi bandar. Yap, karena saham yang lagi diakumulasi berarti permintaan beli lagi besar, sehingga harga saham berpotensi naik. 

Lalu bagaimana cara mengetahui bandar sedang akumulasi saham? Mengetahui bandar sedang akumulasi saham bisa anda lihat melalui menu BROKER SUMMARY yang disediakan melalui software online trading masing-masing. 

Jadi untuk melihat saham yang lagi diakumulasi, anda tidak membutuhkan software khusus atau software trading yang berbayar mahal. Anda bisa akses menu buat analisa gerak-gerak bandar secara free melalui software online trading masing-masing, yaitu melalui broker summary. 

Kalau anda belum paham tentang menu-menu broker summary, anda bisa pelajari disini: Cara Membaca & Melihat Broker Summary.  

CARA MENGETAHUI BANDAR YANG SEDANG AKUMULASI SAHAM 

Secara sederhana, bandar dikatakan sedang akumulasi apabila para top buyer memiliki nilai akumulasi yang LEBIH BESAR dibandingkan nilai distribusi. Kita akan coba gunakan studi kasus saham PNBS. Perhatikan broker summary PNBS berikut ini: 

Top Buyer PNBS

Top Seller PNBS

Pada broker summary biasanya ditampilkan sampai 20 sekuritas yang sedang akumulasi dan distribusi. Akan tetapi, anda tidak harus melihat semuanya. Anda bisa melihat lima sampai tujuh top broker pertama, karena itu adalah para bandar yang paling besar dalam akumulasi dan distribusi, sehingga bisa memberikan dampak paling signifikan sebagai market maker. 

Cara mengetahui bandar yang sedang akumulasi saham harus dilakukan dengan menjumlahkan nilai top buyer (Nilai akumulasi lot) dan membandingkannya dengan nilai top seller (Nilai distribusi lot). 

Apabila top buyer melakukan akumulasi sebanyak 500 ribu lot, tapi distribusi top seller-nya sebanyak 515 ribu lot, maka dapat dikatakan bandar sedang distribusi, bukan akumulasi. Jadi anda harus bandingkan dengan top seller terbesarnya juga. 

Oke, kita kembali lagi pada broker summary PNBS diatas. Total volume lima top buyer pertama adalah sebesar 406.004 lot. Sedangkan total volume lima top seller pertama adalah sebesar 354.281 lot. 

Dapat disimpulkan bahwa saham PNBS sedang diakumulasi oleh bandar, karena nilai akumulasi top buyer-nya jauh lebih mendominasi dibandingkan nilai distribusi top seller. 

Selain itu, top buyer dan top seller juga sama-sama diisi oleh bandar besar. Di top buyer adalah sekuritas YP, CC dan PD. Sedangkan top seller ada sekuritas YP, CC, AI dan KK, di mana mayoritas top seller adalah sekuritas asing seperti AI dan KK. 

Tetapi karena bandar top buyer juga berasal dari sekuritas besar, plus jumlah akumulasinya dominan, dapat dikatakan bandar saham PNBS saat analisa broker summary ini diisi oleh bandar-bandar besar. 

Yap, mengetahui bandar yang sedang akumulasi caranya sesimpel itu. Anda hanya perlu melihat perbandingan akumulasi lot dan distribusi lot beberapa top broker teratas. Jika akumulasi lebih besar, maka dapat disimpulkan bandar sedang akumulasi.   

Tapi untuk analisa saham PNBS diatas kita hanya menggunakan analisa satu hari, yaitu saat closing market. Dalam analisa bandarmologi, anda bisa melihat sampai rentang mingguan juga, untuk melihat apakah dalam seminggu terakhir bandar cenderung akumulasi atau distribusi. 

Caranya sama seperti diatas tadi. Anda tinggal menjumlahkan berapa akumulasi dan distribusi pada broker summary. Hanya saja, anda memperpanjang time framenya. 

Anda bisa manfaatkan aplikasi RTI juga untuk melihat apakah saham tertentu sedang banyak diakumulasi atau didistribusi bandar. Baca juga: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. Sebagai contoh, perhatikan pergerakan bandar pada saham BBRI berikut: 


Pada aplikasi RTI, anda bisa melihat summary dalam bentuk jumlah maupun dalam tabel jumlah bandar yang lagi akumulasi dan distribusi. Yap, pada saham BBRI bisa kita lihat brker asing lebih dominan melakukan akumulasi, namun untuk broker lebih banyak distribusi saham. 

Pada RTI anda juga bisa perpanjang time framenya, misalnya 1 minggu (1W), 1 bulan (1M) untuk anda lihat perbandingan nilai akumulasi dan distribusi bandar. Jadi kalau pada RTI, anda bisa melihat summary secara langsung. 

Sedangkan pada broker summary, anda perlu menghitung manual, namun pada broker summary anda bisa melihat lebih rinci per broker-broker sekuritas yang sedang akumulasi dan distribusi. 

Itulah cara mengetahui bandar sedang akumulasi saham. Caranya simpel, anda bisa melihatnya hanya dalam beberapa menit, dan tidak memerlukan software2 yang mahal. 

BANDAR AKUMULASI = SAHAM NAIK?    

Perlu anda ketahui, ketika bandar sedang dominan akumulasi BUKAN BERARTI harga sahamnya bakalan naik. Anda harus cek analisa chartnya, apakah chartnya sudah mendukung untuk trading atau belum? 

Jika chart sudah mendukung untuk trading dan didukung akumulasi besar, maka peluang saham untuk rebound akan lebih besar. Jangan pernah mengabaikan analisa teknikal jika anda sedang analisa bandarmologi. Pelajari juga: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.  

Analisa akumulasi distribusi bandar adalah sebagai analisa pelengkap dalam analisis teknikal. Analisa utama yang harus anda gunakan adalah analisis teknikal, karena analisa bandarmologi "hanya" melihat bandar yang sedang akumulasi dan distribusi. 

Sinyal trading bisa anda lihat melalui analisa chartnya. Jika anda ingin membeli saham berdasarkan bandarmologi, perlu anda sinkronisasi antara pergerakan bandar (Bandar banyak akumulasi), didukung dengan chart yang bagus. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.