Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Virtual Trading IDX Gratis

El Heze

Buat anda yang baru pertama kali belajar saham dan berniat untuk trading, anda mungkin masih belum percaya diri menggunakan modal beneran untuk trading. Atau anda masih ragu sehingga anda membutuhkan 'uji coba' trading terlebih dahulu, sebelum terjun ke pasar saham beneran.


Jika anda ingin 'uji coba' trading terlebih dahulu, anda bisa melakukan aktivitas virtual trading saham. Sesuai namanya, virtual trading berarti anda melakukan aktivitas trading (beli jual) saham tetapi menggunakan virtual money (bukan uang sungguhan). 

Layaknya anda melakukan aktivitas beli jual saham, menganalisa, trading, mengamati market secara real time. Hanya bedanya, dalam virtual trading anda tidak menggunakan uang sungguhan.

Tujuan virtual trading adalah supaya anda bisa melihat kinerja trading anda terlebih dahulu, sebelum terjun ke pasar saham. Dengan virtual trading, anda bisa melakukan screening saham, menemukan kombinasi2 analisa teknikal, sehingga ketika anda trading di market, anda sudah tidak bingung lagi. 

Jadi virtual trading adalah LATIHAN TRADING anda. Setelah virtual trading, diharapkan trader sudah paham apa yang harus dilakukan di market, saham2 (stock pick) apa yang mau ditradingkan, dan kombinasi analisa teknikal yang siap diterapkan. 

[Supaya anda bisa menerapkan virtual trading lebih baik, dan mendapatkan profit di market dengan modal sungguhan, ada baiknya anda pahami cara-cara, dan full strategi memilih saham yang bagus dengan analisa teknikal simpel disini: Ebook Full Praktik Trading Saham.] 

VIRTUAL TRADING IDX 

Buat yang ingin melakukan virtual trading, saat ini banyak fasilitas software atau aplikasi online trading yang menyediakan sarana virtual trading buat pemula. 

Di pos ini, kita akan bahas fasilitas virtual trading dari aplikasi RTI Business. Untuk bisa download RTI, anda bisa download di Playstore via smartphone masing-masing. Cara download RTI dan cara pakainya sudah pernah kita bahas step by step disini: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

RTI Business selain menyediakan data-data analisa teknikal dan fundamental, juga menyediakan aplikasi untuk virtual trading IDX. Jadi aplikasi virtual trading yang ada di RTI, sudah terhubung dengan perdagangan saham di IDX (Bursa Efek). 

Virtual trading di aplikasi RTI bisa anda gunakan secara GRATIS, dan data-data harga sahamnya bahkan real time sesuai dengan perdagangan market yang sedang berlangsun saat itu. Berikut langkah-langkah cara menggunakan virtual trading IDX gratis dari RTI business: 

1. Masuk ke aplikasi RTI --> Pilih Trade --> IDX Virtual Online Trading 2.0

IDX Virtual Online Trading 2.0 

2. Register IDX Virtual Online Trading 2.0 


Akan akan disuguhkan menu seperti diatas. Silahkan pilih: "Register Now" (Lihat tanda lingkaran warna hijau). Ingat, walaupun anda sudah register di aplikasi RTI, tetapi untuk masuk ke virtual trading, anda harus register lagi, karena beda menu. 

Kemudian anda juga bisa manfaatkan fasilitas PDF yang ada di bawah yaitu "IDX Trading Simulation User Guide" untuk melihat lebih banyak menu-menu virtual trading yang dijelaskan oleh RTI.  

3. Isikan data-data pribadi 

Setelah anda pilih Register, anda akan disuguhkan tampilan seperti berikut: 


Silahkan isi data username, password dan PIN dan lain-lain untuk keperluan register. Lalu pilih 'Submit'. Setelah anda submit, silahkan masuk ke alamat email yang anda daftarkan tadi untuk melakukan AKTIVTASI AKUN melalui link email yang dikirimkan oleh RTI. 

Setelah itu, anda sudah dinyatakan terdaftar pada virtual trading IDX. Dengan demikian, anda sudah bisa melakukan virtual trading, yaitu beli jual saham seperti aktivitas trading pada umumnya, memantau market real time, namun menggunakan virtual money. 

MENU-MENU VIRTUAL TRADING IDX

Pada aplikasi virtual trading RTI, terdiri dari menu-menu sebagai berikut:  

  • Order book: Untuk melihat bid offer / antrian harga saham. 
  • Buy: Menu untuk beli saham.
  • Sell: Menu untuk jual saham.
  • Order List: Daftar saham anda beli / jual di hari itu.
  • Trade List: Daftar historis saham yang anda perdagangkan yang matched.
  • Holdings: Porsi kepemilikan saham-saham anda (dalam persentase). 
  • Portofolio: Modal yang anda miliki beserta saham-saham anda. 
ORDER BOOK 

Diatas adalah tampilan order book pada virtual IDX di aplikasi RTI. Anda bisa ganti kode sahamnya sesuai yang mau anda lihat order booknya. Baca analisa order book, bisa anda pelajari disini: 


BUY

Untuk beli saham, anda bisa pilih menu Buy dan masukkan harga saham serta Quantity (lot). Kemudian pada bagian Amount (Rp), akan dikalkulasikan secara otomatis nilai saham yang anda beli.

SELL 

Untuk jual saham, anda bisa pilih menu sell. Sama seperti menu buy, anda tinggal masukkan harga jual dan lot dari saham yang sudah anda beli sebelumnya. Kemudian pilih menu Sell. 

ORDER LIST

Order list berisi saham-saham apa yang anda tradingkan di hari itu, baik saham-saham anda yang statusnya sudah matched, masih open (menunggu antrian) atau others (seperti rejected karena tidak sesuai mekanisme bursa). 

Diatas saya contohkan mencoba membeli saham BRPT. Karena saya membeli saham BRPT saat marketnya close, statusnya  di kanan sendiri Open. 

Pada Order List, ada juga menu Amend, yaitu untuk mengubah harga dan lot. Sedangkan menu Withdraw untuk membatalkan order beli ataupun sell. Amend dan Withdraw hanya bisa dilakukan jika order anda statusnya masih Open. Kalau sudah Matched, anda tidak akan bisa melakukan Amend dan Withdraw. 

PORTOFOLIO 


Portofolio digunakan untuk melihat berapa cash balance yang anda punya. Ketika anda membuka akun virtual trading, anda akan diberikan modal awal virtual money sebesar Rp100 juta untuk trading. 

Dan modal awal Rp100 jut ini bisa anda lihat pada menu Portofolio. 
Sehingga anda bisa memilih lebih banyak saham untuk ditradingkan dengan virtual account. 

Di menu portofolio, anda juga bisa melihat perkembangan modal anda (lihat tanda lingkaran hijau yang paling bawah). Dari situ, anda bisa melihat: Dengan modal Rp100 juta, selama jangka waktu tertentu modal anda sudah berkembang sampai berapa. 

Dari sini anda juga bisa mengevaluasi kinerja trading masing-masing, sehingga virtual trading anda bisa lebih bermanfaat dan anda lebih siap trading di market beneran ketika anda sudah paham cara memilih saham dan analisa teknikal. 

Jangka waktu virtual trading tidak dibatasi. Saran saya, virtual trading juga jangan terlalu lama. Cukup 1-2 bulan, atau sampai anda sudah bisa membatasi kerugian dan sudah mengerti cara memilih saham mandiri dan paham mekanisme market.. 

Selain itu, virtual trading bukanlah kewajiban untuk seorang pemula. Kalau anda merasa sudah mantap trading tanpa harus virtual trading, tidak masalah.

Virtual trading cocok buat anda yang belum yakin untuk langsung masuk ke market. Walaupun anda melakukan virtual trading, pastikan anda sudah memahami ilmunya. Karena virtual trading ibarat trading beneran, jadi virtual trading bisa menjadi evaluasi trading dan jalan pembuka anda untuk trading di pasar saham. 

2 komentar:

  1. Anonymous10:14

    Saya sudah ada akun IDX VT tapi gak bisa login ya di RTI Business ya perhari ini, apakah memang sedang error kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lancar kok hari ini. Coba cek email. mungkin belum verifikasi via email. Atau restart app

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.