Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Running Trade Saham

Dalam analisa harga dan fluktuatif saham, kita mengenal adanya  RUNNING TRADE. Kalau anda utak-atik menu software online trading anda, anda akan menemukan menu Market Running Trade. 



Sebagian besar dari anda mungkin sudah pernah melihat tampilan running trade, tetapi belum paham kegunaannya. Pada pos ini, kita akan membahas tentang running trade saham dan kegunaannya untuk trader jangka pendek. 

Sebelum itu, anda perlu mengetahui posisi running trade. Running trade pada sofware online trading bisa dilihat pada menu Market --> Running Trade / Market Running Trade. Seperti ini contohnya: 

APA ITU RUNNING TRADE? 

Running trade atau dalam Bahasa Indonesia kurang artinya adalah 'transaksi berjalan' merupakan daftar (list) transaksi seluruh saham di Bursa Efek yang sedang diperdagangkan secara real time. Running trade memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 
  • Banyak saham yang bergerak
  • Pergerakan transaksi saham selalu berubah setiap detik, setiap menit 
  • Banyak transaksi saham yang dilakukan oleh broker, maupun trader ritel 
  • Banyak aksi beli dan jual dalam tampilan running trade
  • Menampilkan seluruh saham yang sedang ditransaksikan selama real time market 
Itulah mengapa kalau anda melihat tampilan running trade selama jam perdagangan bursa, running trade bergerak sangat cepat. Sehingga tampilan running trade seringkali membuat bingung trader: "Gimana cara lihat running trade?" 

TAMPILAN RUNNING TRADE SAHAM 

Secara umum, tampilan running trade itu kurang seperti tampilan berikut: 

Running Trade Saham

Perhatikan poin-poin penting dalam running trade yang perlu anda pahami: 
  • Time: Waktu saham tersebut ditransaksikan 
  • Symbol: Kode saham yang sedang ditransksikan 
  • Price: Harga saham yang ditransaksikan 
  • Side: Jika Buy artinya beli, jika Sell artinya jual di harga (Price) tersebut 
  • Value: Nilai saham yang ditransaksikan 
  • Buyer code: Kode broker sekuritas yang membeli 
  • Buyer type: D = Domestik  / lokal, F = Foreign / asing yang membeli saham
  • Seller code: Kode broker sekuritas yang menjual saham tersebut 
  • Seller type: Lokal dan asing yang menjual saham tersebut
Itulah tampilan running trade saham dan cara membaca menu-menu dalam running trade. Kalau anda melihat running trade secara real time, running trade ini akan selalu "berjalan", karena setiap adanya transaksi beli dan jual broker sekuritas, akan langsung tercatat di running trade. 

Lalu, apa kegunaan running trade untuk trader saham? Apakah anda perlu melakukan analisa running trade untuk memilih saham? Dan apakah running trade dapat dimanfaatkan untuk meraih profit di market? 

Kegunaan running trade adalah untuk melihat saham-saham apa saja yang sedang AKTIF ditransaksikan. Jika dalam running trade, paling banyak muncul saham yang sama, maka saham tersebut adalah saham yang lagi ramai ditradingkan. 

Katakanlah di dalam running trade, sering muncul saham BBRI. Maka saham BBRI sedang banyak ditransaksikan saat itu. Apakah saham yang lagi banyak ditransaksikan berarti adalah saham yang harganya akan naik saat itu? 

Belum tentu. Running trade menunjukkan saham yang sedang aktif ditransaksikan, bukan menunjukkan bahwa saham tersebut akan naik. Tapi dengan running trade, anda memang bisa melihat apakah saham lagi banyak dibeli atau dijual pada saat perdagangan real time. 

Kembali ke contoh tadi. Misalnya di running sering muncul saham BBRI. Anda bisa melihat apakah pada menu "Side", apakah saham BBRI lagi banyak dibeli (B) atau banyak dijual (S), dan anda juga bisa melihat saham BBRI banyak dibeli dan dijual di harga berapa. 

Kalau saham BBRI lagi banyak dijual (S), bisa jadi harga sahamnya akan relatif turun atau stagnan dalam jangka pendek. Sebaliknya kalau saham BBRI lagi banyak dibeli (B), bisa jadi harga sahamnya ada potensi naik dalam jangka pendek. 

Nah running trade terdiri dari semua saham yang lagi ditransaksikan saat itu. Dari running trader tersebut, anda bisa "mengembangkan"nya menjadi Running Order. Running order itu hampir sama dengan running trade, cuma yang ditampilkan hanya salah satu saham yang anda pilih saja. 

Katakanlah pada running trade tadi anda melihat saham BBRI cukup menarik karena sering muncul di menu running trade. Anda bisa lihat lebih detail running order khusus saham BBRI. Caranya ketik kode sahamnya, lalu klik kanan --> running order. Lalu muncul tampilan seperti berikut: 

Running Order

Pada tampilan running order diatas, nyaris sama dengan running trade, hanya saja yang ditampilkan adalah transaksi satu saham, sehingga anda lebih fokus mengamati pergerakan transaksi di satu saham saja yang anda anggap menarik.

Pada running order, anda bisa menganalisa di haega berapa saham lagi aktif ditransaksikan, dan saham tersebut lagi banyak dibeli atau dijual. Dengan running trade ataupun running order, anda bisa melihat saham apa yang SEDANG RAMAI ditransaksikan saat itu. 

Sehingga kalau anda mencari saham yang lagi aktif untuk ditradingkan, anda bisa pertimbangkan buat melihat running trade-nya dulu. Setelah itu, amati running order-nya supaya bisa lebih fokus. 

Tapi perlu anda ketahui, running trade "hanya" sebagai pencatatan transaksi di dalam tabel real time. Kalau anda menemukan saham yang lagi ramai, dan mau mengambil keputusan trading,  tentu anda tidak disarankan hanya membeli saham berdasarkan running trade-nya saja. 

Anda mungkin bertanya: "Lalu Bung Heze sendiri apa juga sering menggunakan running trade buat analisa saham?"

Saya pribadi tidak terlalu sering melihat running trade. Running trade cukup digunakan sebagai dasar pengetahuan anda. Soalnya running trade adalah tampilan umum dalam online trading. Jadi at least anda harus ngerti juga apa itu running trade, kegunaan dan cara bacanya. 

Running trade ibaratnya hanya 'tahapan awal' untuk melihat saham2 yang lagi aktif di market. Kalau anda ingin mengambil keputusan trading, anda harus melihat lebih jauh analisa teknikal, bid offer (tape reading). 

Selain itu, anda juga membutuhkan analisa broker summary sebagai pelengkap analisa running trade. Karena broker summary dapat di-combine dengan running trade. Dengan analisa broker summary anda bisa melihat lebih banyak bandar yang sedang akumulasi, distribusi dan harga beli & jual rata-rata. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.