Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Broker Summary Saham

Dalam analisa saham, kita mengenal istilah analisis saham menggunakan BROKER SUMMARY. Broker summary merupakan menu untuk melihat akumulasi dan distribusi saham yang dilakukan oleh broker sekuritas. 

 

Untuk bisa melihat broker summary, caranya sangat mudah, karena setiap software online trading yang anda gunakan biasanya menyediakan menu untuk melihat broker summary. Jadi anda tidak perlu membeli software-software khusus buat menganalisa atau melihat broker summary saham. 

BROKER SUMMARY SAHAM 

Broker summary saham adalah ringkasan yang menampilkan broker-broker sekuritas yang sedang melakukan akumulasi (beli) dan distribusi (jual) di saham tertentu. 

Sehingga dengan broker summary, anda bisa melihat pergerakan big player yang sedang membeli dan menjual saham. Karena broker / perusahaan sekuritas memiliki modal besar, sehingga bisa menjadi market maker di saham-saham tertentu. 

Inilah mengapa broker summary seringkali dijadikan sebagai acuan untuk analisa BANDARMOLOGI, karena market marker dalam hal ini adalah perusahaan sekuritas bisa berperan sebagai bandar saham yang melakukan akumulasi dan distribusi saham tertentu dalam jumlah besar. 

Pada software online trading, untuk menampilkan menu broker summary, anda bisa cari menu Stock / Broker --> Stock atau Broker Summary. Contohnya (Saya menggunakan contoh software trading SPOT / Sucor Invest) seperti berikut: 


Setelah itu, anda bisa melihat tampilan broker summary pada saham tertentu. Berikut contoh tampilan broker summary di software saham: 

Broker Summary Saham

Mengenai cara membaca menu-menu yang ada di broker summary, sudah pernah kita ulas di pos berikut ini: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary. Anda bisa baca-baca kembali. 

Di pos ini, kita akan lebih membahas cara ringkas membaca broker summary saham, untuk melihat sekuritas-sekuritas mana saja yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham. 

Pada broker summary, anda bisa ganti kode saham yang anda inginkan untuk dianalisa pergerakan big playernya. Kemudian, anda juga bisa urutkan berdasarkan Top Buyer dan Top Sellernya. 

Caranya anda tinggal klik pada bagian Buy Vol untuk melihat top buyer terbanyak dan Sell Vol untuk melihat top seller terbesar. Dalam broker summary, anda bisa melihat pergerakan broker sekuritas di hari itu. 

Atau anda bisa melihat juga pergerakan historis sebelumnya. Misalnya anda ingin melihat broker summary kemarin, kemarin lusa atau satu minggu yang lalu juga bisa. Jadi melalui broker summary, anda bisa menganalisa data historis pergerakan bandar (broker sekuritas). Anda tinggal pilih saja tanggal yang mau anda analisa broker summary-nya. 

Sekarang kita akan masuk ke contoh cara membaca broker summary. Kita gunakan contoh saham MNCN. Berikut Top Buyer dan Top Seller saham MNCN: 

Broker Summary - Top Buyer

Broker Summary - Top Seller 

Ada sekitar 20 top buyer dan top seller. Kita coba analisa 5 top buyer dan top seller pertama karena top buyer dan seller teratas memiliki dampak yang paling signifikan ke harga saham. Berikut 5 top buyer pertama saham MNCN: 

1. MNC Sekuritas (EP). Buy avg: 815,84. Buy vol: 434.818 lot.
2. Mirae Asset Sekuritas (YP). Buy avg: 808,84. Buy vol: 117.482 lot. 
3. Mandiri Sekuritas (CC). Buy avg: 810,75. Buy vol: 57.794 lot.
4. Panin Sekuritas (GR). Buy avg: 810,61. Buy vol: 45.878 lot. 
5. Philip Sekuritas (KK). Buy avg: 805,80. Buy vol: 40.900 lot. 

Total volume buy: 696.872 lot. Kemudian perhatikan juga 5 top seller pertama saham MNCN: 

1. Maybank Kim Eng (ZP). Sell avg: 810,56. Sell vol: 263.899 lot. 
2. CGS-CIMB Sekuritas (YU). Sell avg: 811,26. Sell vol: 219.644 lot. 
3. UBS Sekuritas Indonesia (AK). Sell avg: 812,12. Sell vol: 84.447 lot.     
4. Mirae Asset Sekuritas (YP). Sell avg: 810,56. Sell vol: 71.546 lot. 
5. RHB Sekuritas Indonesia (DR). Sell avg: 812,91. Sell vol: 60.361 lot. 

Total volume sell: 699.897 lot. 

CARA ANALISA BROKER SUMMARY:

Total volume buy lebih kecil dari volume sell, tetapi jumlahnya tidak terlampuau jauh, yaitu 696.872 lot dibandingkan 699.897 lot. Dari total volume, menunjukkan bahwa antara buyer dan seller masih cenderung berimbang, atau terjadi tarik-menarik permintaan dan penawaran. 

Sehinga, mengacu analisa broker summary, potensi harga saham keesokan harinya mungkin akan relatif sideways, tidak naik atau turun terlalu tinggi, karena masih ada kekuatan bullish dan bearish yang kurang lebih sama kuatnya. 

Dari data top buyer dan top seller MNCN, kita bisa melihat bahwa sekuritas EP melakukan akumulasi sangat besar yaitu sebanyak 434.818 lot. Kemudian YP juga akumulasi cukup banyak sebesar 117.482 lot. 

Tapi untuk CC, GR dan KK akumulasinya nggak terlalu besar, yaitu masing-masing sebanyak 57.794 lot, 45.878 lot dan 40.900 lot. 

Jika kita bandingkan dengan top seller peringkat pertama yaitu ZP, ZP melakukan distribusi sebanyak 263.899 lot. Dari peringkat pertama, top buyer (EP) bisa mendominasi top sellernya, karena EP melakukan pembelian sebanyak 434.818 lot, sedangkan ZP melakukan penjualan sebanyak 263.899 lot, 

Namun top seller peringkat dua yaitu YU menjual saham dengan lot cukup banyak yaitu 219.644 lot. Sedangkan peringkat kedua top buyer yaitu YP hanya membeli saham sebanyak 117.482 lot. 

Dan peringkat top seller ketiga sampai kelima yaitu AK, YP dan DR masing-masing distribusi sebanyak 84.447 lot, 71.546 lot dan 60.361 lot. Jumlah distribusi pada top seller peringkat 3-5 lebih banyak daripada jumlah akumulasi pada top buyer peringkat 1-3. 

Sehingga walaupun top buyer peringkat pertama (EP) secara kasat mata sedang melakukan akumulasi dalam jumlah besar, tetapi secara keseluruhan nilai top seller di peringkat dua sampai peringkat lima lebih mendominasi daripada top buyer-nya. 

Sehingga kalau di total top sellernya masih sedikit lebih besar, atau boleh dikatakan masih relatif berimbang. 

Namun perlu anda ketahui bahwa peringkat pertama pada top buyer dan top seller biasanya bisa memberikan dampak yang lebih besar, apalagi kalau akumulasi dan distribusi broker peringkat pertama sangat mendominasi.

Pada broker summary MNCN, terlihat bahwa sekuritas EP melakukan akumulasi 434.818 lot dibandingkan top seller peringkat pertama (Sekuritas ZP) yang hanya distribusi  263.899 lot. Nilai akumulasi lebih banyak 2 kali lipat daripada distribusinya. 

Sehingga dengan top buyer peringkat pertama yang melakukan akumulasi sangat dominan, hal ini biasanya dapat membuat pergerakan harga saham setidaknya tertahan dari penurunan signifikan. Anda bisa perhatikan pergerakan saham MNCN keesokan hari:     


Perhatikan tanda panah merah di candle terakhir. Yap, candlestick terlihat hijau, yang artinya ada kenaikan harga saham, hal ini karena ada aksi akumulasi yang dilakukan oleh EP dalam jumlah besar. 

Namun kenaikan harga sahamnya memang masih belum signifikan, karena bagaimanapun juga, nilai distribusi saham secara keseluruhan masih berimbang dengan akumulasi totalnya. 

Itulah cara ringkas membaca broker summary saham. Anda bisa menerapkannya juga pada saham-saham yang lain. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.