Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bandar Saham YP

Analisa bandarmologi saham identik dengan perusahaan / broker sekuritas yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi pada suatu saham. Dalam bandarmologi, broker sekuritas sering disebut sebagai market maker atau bandar saham atau big player. 


Hal ini karena bandar saham dari broker sekuritas memiliki modal paling besar, sehingga memiliki kemampuan untuk menjadi market maker di saham-saham tertentu.  

Di Indonesia, ada puluhan perusahaan sekuritas, baik perusahaan sekuritas lokal maupun asing. Baca juga: Daftar Kode Broker Saham Asing. Perusahaan sekuritas lokal adalah broker / bandar sekuritas yang berasal dari Indonesia. 

[Trader saham yang ingin mendalami analisa bandarmologi saham full praktik, analisa broker summary dengan kombinasi analisa teknikal untuk trading decision, anda bisa perdalam analisa-analisanya disini: Ebook Bandarmologi Saham Pemula - Expert].

Sedangkan perusahaan sekuritas asing merupakan bandar sekuritas yang berasal dari luar negeri, yang mentradingkan saham-saham di Indonesia. Ada beberapa bandar saham yang terkenal. 

Salah satunya yang mungkin sering anda dengar adalah bandar saham YP. YP adalah kode perusahaan sekuritas untuk Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Mirae Sekuritas termasuk dalam perusahaan sekuritas asing. 

Perusahaan sekuritas asing, umumnya memiliki modal relatif lebih besar. Dan seperti kita ketahui, semakin besar modal yang dimiliki bandar, maka kemampuan bandar untuk menjadi market maker suatu saham juga semakin kuat. 

Itulah mengapa bandar saham YP seringkali disebut dalam analisa bandarmologi, dan bandar saham YP sering melakukan akumulasi dan distribusi pada banyak saham. 

Kalau anda sedang menganalisa broker summary, kode sekuritas YP seringkali muncul dan menjadi Top Buyer atau Top Seller. Contohnya pada tampilan broker summary berikut: 

Bandar Saham YP

Perhatikan contoh broker summary saham RAJA diatas, di mana Top Buyer maupun Top Seller-nya semua dikuasai oleh sekuritas YP (Mirae Asset Sekuritas) tersebut. 

Pada saat jam trading atau setelah closing market, anda bisa cek broker summary saham-saham di market seperti saham-saham second liner atau saham blue chip. YP sering menjadi top buyer ataupun top seller pada banyak saham di Bursa Efek. 

Hal ini menunjukkan bahwa YP merupakan salah satu bandar broker sekuritas yang memiliki modal besar dan bisa menjadi market maker di saham-saham yang sedang diakumulasi atau didistribusi dalam jumlah besar. 

BANDAR SAHAM YP 

Berikut sekilas tentang PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia awalnya bernama PT Etrading Securities, didirikan pada tanggal 25 Mei 1990. 

Mengutip dari website resmi Max.miraeasset.co.id, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan bagian dari Mirae Asset Daewoo Group (Hong Kong), di mana Mirae Asset Daewoo memiliki sekitar 99% kepemilikan saham Mirae Asset Sekuritas Indonesia.

Jadi walaupun Mirae Asset Sekuritas Indonesia bermarkas di Jakarta, tetapi Mirae termasuk dalam sekuritas / broker asing, karena Mirae Indonesia merupakan bagian dari Mirae Asset Daewo (Hong Kong) yang memiliki mayoritas saham Mirae Indonesia.  

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan investasi yang menawarkan layanan-layanan investasi seperti jasa Pialang Saham, Max Fund, Investasi Perbankan, Penjaminan IPO dan lain-lain.

KEKUATAN BANDAR YP DALAM ANALISA BANDARMOLOGI 

Bandar saham YP begitu terkenal karena YP termasuk dalam sekuritas asing, di mana sekuritas asing umumnya punya modal yang lebih besar. Selain itu, bandar saham YP sangat aktif bertransaksi di market. Hal ini bisa anda lihat dari broker summary-nya. Baca juga: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary. 

Bagi trader yang menerapkan bandarmologi, mengetahui bandar besar yang sedang melakukan akumulasi dan distribusi saham itu penting. Karena ketika bandar besar seperti YP sedang melakukan banyak akumulasi di saham tertentu, maka bisa jadi itu adalah indikasi harga saham akan dinaikkan (Kombinasi dengan analisa teknikal juga). 

Sebaliknya, ketika bandar saham besar melakukan distribusi dalam jumlah banyak, maka bisa jadi itu adalah indikasi harga saham akan turun. 

Jadi melihat gerak-gerik bandar besar di Bursa (terutama bandar asing dan bandar lokal yang ternama), sangat penting dalam analisa bandarmologi. Itula pentingnya anda mengetahui siapa saja bandar yang sedang akumulasi dan distribusi. 

Mengetahui bandar besar yang sedang akumulasi dan distribusi bisa lebih meyakinkan kita mengenai potensi pergerakan harga saham dalam jangka pendek. 

Namun ingat juga bahwa bandar saham di Indonesia bukan cuma YP saja. Selain YP, bandar saham asing yang cukup aktif contohnya seperti AK, YU, DB, KK, DR, FS. Broker-broker asing tersebut juga cukup aktif menjadi market market di saham2 second liner dan saham blue chip.

Sedangkan bandar saham lokal di Indonesia juga tidak kalah banyak. Beberapa bandar saham lokal yang punya modal besar seperti Indopremier Sekuritas (PD), Mandiri Sekuritas (CC), BNI Sekuritas (NI) dan lain-lain. Bandar saham lokal juga berperan penting sebagai market maker di Bursa.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.