Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Belajar Analisa Fundamental Saham

Analisis fundamental adalah analisa utama yang harus dipahami buat anda yang ingin investasi saham jangka panjang . Bahkan trader jangka pendek setidaknya perlu memahami analisa fundamental. Karena saham2 yang baik secara fundamental, pergerakan harganya juga lebih atraktif di market. 


Buat yang masih pemula, anda mungkin masih bingung harus memulai belajar analisa fundamental darimana, dan materi-materi apa saja yang perlu diperdalam. 

Analisa fundamental memang cukup luas. Seringkali anda disarankan untuk belajar analisis laporan keuangan. Beberapa investor lainnya menyarankan anda untuk mempelajari value investing (analisa valuasi). Sebagian menyarankan anda untuk menganalisa sektoral dan masih banyak saran lainnya. 

Pada pos ini, kita akan membahas analisa-analisa fundamental penting step by step yang harus anda pelajari mulai pemula. Sehingga anda tidak perlu bingung harus memulai belajar darimana, mengingat materi analisa fundamental cukup luas. 

Analisa fundamental dapat dijelaskan melalui analisis Top Down (Top Down Approach), yang dapat digambarkan sebagai berikut: 
Belajar Analisa Fundamental Saham

1. Makro ekonomi 

Makro ekonomi adalah analisa fundamental yang mempelajari garis besar perekonomian dan kondisi negara secara umum. Dalam analisa fundamental makro, poin-poin utama yang harus anda pelajari adalah: 
  • Pertumbuhan ekonomi Indonesia  
  • Kondisi politik negara (Kondusif tidaknya politik saat itu) 
  • Tingkat inflasi dan nilai tukar 
  • Kondisi ekonomi global (dunia) 
  • Berita-berita ekonomi dan politik terkini
Minat investor dan trader untuk membeli saham-saham Indonesia sangat dipengaruhi oleh kondisi makro. Kalau ekonomi lagi jelek, politik lagi kacau, pertumbuhan ekonomi jatuh, inflasi tinggi, hal ini akan membuat mayoritas saham harganya jatuh. 

Jangan heran kalau anda melihat ada saham2 yang sedang bagus saat itu, tapi harganya turun terus terseret arus bearish IHSG karena kondisi makro yang lagi jelek.  

Jadi kalau anda mau mendalami analisa fundamental, anda juga harus rajin membaca berita-berita terutama berita ekonomi dan pasar saham. Ekonomi makro bisa anda perdalam melalui analisa2 berita di media masa / online sehari-hari.

Dengan memahami kondisi makro saat itu, anda juga bisa memutuskan apakah anda akan investasi saham dalam jumlah besar, bertahap atau wait and see dulu.  

2. Sektoral saham 

Analisa sektoral adalah analisa fundamental yang mempelajari kesehatan sektor suatu perusahaan. Di Bursa Efek, kurang lebih terdiri dari 10 sektor usaha. Baca juga: 10 Sektor Saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Masalahnya, tidak semua sektor usaha menarik untuk investasi. Ada beberapa sektor yang bisnisnya sangat terpengaruh dengan siklus ekonomi. Misalnya perusahaan2 di sektor komoditas seperti perusahaan batu bara, CPO, minyak, di mana harga2 komoditas juga sangat dipengaruhi supply demand dan kondisi ekonomi saat itu. 

Selain, ada juga sektor-sektor yang kurang menjadi pusat perhatian investor seperti sub sektor asuransi, pariwisata. Sehingga, sebelum anda investasi, anda harus bisa melihat sektor-sektor perusahaan apa yang diminati, sektor2 yang sedang lesu dan sektor2 yang lagi menarik. 

Supaya anda tidak terjebak investasi pada perusahaan-perusahaan yang sektornya kurang menarik, atau investasi besar pada sektor2 yang lagi lesu saat itu. 

3. Mikro ekonomi  

Mikro ekonomi merupakan analisa fundamental yang mendalami lebih banyak analisa perusahaan secara spesifik. Katakanlah anda ingin investasi saham di perusahaan Kalbe Farma. 

Maka anda melakukan analisa lebih mendalam tentang produk2 Kalbe Farma, kinerja keuangannya, struktur utang, kesehatan profitabilitas dan sebagainya. Mikro ekonomi atau fundamental mikro dibagi menjadi dua: Analisis fundamental kualitatif dan kuantitatif. 

a. Analisis fundamental kualitatif 

Merupakan analisis fundamental yang menganalisa perusahaan menggunakan data-data non-angka (kualitatif). Dalam analisa kualitatif, anda harus mendalami hal-hal berikut: 
  • Produk-produk perusahaan
  • Ketersediaan produk di market
  • Bisnis utama perusahaan 
  • Minat pasar terhadap produk-produk perusahaan
  • Analisa brand image
  • Tata kelola (perusahaannya bermasalah atau tidak) 
  • Produk perusahaan dibandingkan pesaing 
Investor akan berinvestasi pada perusahaan yang produk2nya banyak dibutuhkan, mudah ditemukan dan tentunya pada perusahaan2 yang track recordnya baik (tidak bermasalah secara hukum, manajemen tidak terlibat dalam kasus korupsi dan sebagainya).

Jadi sebagai investor, anda harus mempelajari analisa-analisa ini. Jika anda tertarik dengan saham tertentu, cobalah untuk googling informasi-informasi / berita mengenai perusahaan yang sedang anda analisa. 

b. Analisis fundamental kuantitatif 

Merupakan analisa fundamental yang fokus menganalisa kinerja keuangan menggunakan data-data berupa angka (kuantitatif). Analisa fundamental kuantitatif adalah analisa yang harus anda gunakan paling dalam dan jeli. 

Karena analisa fundamental kuantitatif memberikan banyak sekali informasi pada investor mengenai prospek perusahaan melalui kinerja keuangan dan valuasi sahamnya. Hal-hal yang harus anda pelajari dalam analisis fundamental kuantitatif adalah: 
  • Analisis laporan keuangan
  • Analisa rasio keuangan 
  • Analisa valuasi saham 
  • Analisa harga wajar saham 
  • Analisa dividen
Analisa laporan keuangan adalah analisa utama yang harus dipahami oleh investor. Dengan analisa laporan keuangan, anda bisa melihat kemampuan perusahaan mencetak profit, kesehatan struktur modal, arus kas, potensi dividen yang diberikan dan lain-lain. 

Sebagian besar investor, menggunakan analisa laporan keuangan dalam analisis fundamental. Apalagi perilaku investor di Indonesia yang seringkali menggunakan ukurang profitabilitas sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan investasi saham. 

BELAJAR ANALISA FUNDAMENTAL SAHAM PDF  

Buat anda yang ingin mendalami lebih banyak analisa fundamental sampai ke praktik-praktik memilih saham bagus buat investasi jangka panjang, strategi2 value investing, growth investing, manajemen modal investasi, anda bisa pelajari melalui ebook analisa fundamental saham PDF. 

Anda bisa mendapatkan ebooknya disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. Berikut cover ebooknya: 

Belajar Analisa Fundamental Saham PDF

Ebook analisa fundamental ini sudah memuat semua materi yang dibutuhkan oleh investor saham, termasuk analisa-analisa bedah laporan keuangan secara detail, di mana materi2 laporan keuangan biasanya kebanyakan diberikan teori-teorinya saja. Disini, kita akan bedah secara lengkap laporan keuangan buat investasi saham. 

Itulah materi-materi penting untuk belajar analisa fundamental saham yang perlu dipahami mulai level awam sampai anda bisa praktik memilih saham mandiri. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.