Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bandarmologi Saham: Seberapa Berguna?

Ilmu bandarmologi cukup menarik bagi kalangan trader, karena bandarmologi mempelajari para bandar saham alias big players yang sedang melakukan akumulasi (beli) dan distribusi (jual) saham. 


Konsep bandarmologi mirip dengan konsep perdagangan ekonomi secara umum. Kalau banyak permintaan harga barang akan naik. Sebaliknya, kalau banyak penawaran jual, harga barang akan turun. 

Dalam konsep bandarmologi, kalau mayoritas broker sekuritas banyak yang membeli saham tersebut, maka harga saham berpotensi naik dalam jangka pendek. Sebaliknya ketika mayoritas broker melakukan distribusi, maka harga saham berpotensi turun. 

Banyak trader percaya bahwa dengan mengikuti big player tersebut, maka trader akan lebih mudah untuk meraih profit di market. Saya pribadi beberapa kali pernah ditanya trader mengenai perbandingan bandarmologi dan analisa teknikal. Inti pertanyaan beberapa trader yang pernah saya jumpai kurang lebih seperti ini:  

"Pak Heze apakah analisa teknikal itu nggak berguna, soalnya pergerakan harga saham kan ditentukan dari bandar? Berarti kita harus lebih fokus melihat big player di saham tersebut" 

Bandarmologi sangat berguna untuk trader jangka pendek. Namun trader tidak bisa 100% hanya mengandalkan bandarmologi dalam trading. Ingat bahwa bandarmologi bukanlah ilmu yang bisa berdiri sendiri

Jadi kalau anda ingin menganalisa saham dengan ilmu bandarmologi, anda harus mengkombinasikan dengan analisa lainnya, bisa analisis teknikal ataupun analisis fundamental. 

Ada beberapa kelemahan bandarmologi yang membuat bandarmologi tidak bisa berdiri sendiri:  

1. Bandarmologi tidak bisa memberikan sinyal buy dan sell 

Analisa bandarmologi bisa anda pelajari melalui broker summary masing-masing saham yang disediakan oleh perusahaan sekuritas. Kita sudah membahas cara membaca broker summary secara singkat pada pos berikut: Cara Membaca dan Melihat Broker Summary. Anda bisa pelajari kembali. 

Broker summary "hanya" memberikan informasi top buyer sekuritas yang paling banyak membeli saham, dan top seller sekuritas yang paling banyak menjual saham. Tetapi broker summary tidak bisa memberikan sinyal buy dan sell pada trader. Anda bisa perhatikan contoh broker summary saham RAJA berikut ini:  

Bandarmologi Saham

Perhatikan broker YP nomor 1 (bagian warna hijau). Anda bisa lihat YP sedang melakukan akumulasi saham dalam jumlah cukup besar, di mana buy volumenya sebesar 7.014.400 di harga beli rata-rata 228.

Oke, kalau anda sudah mengetahui informasi tersebut, what's next? Apa yang akan anda lakukan? Apakah anda akan langsung mengikuti sekruirtas Mirae Asset (YP) dengan ikut beli sahamnya di harga 228? 

Dalam praktikknya tidak semudah itu. Karena terkadang kita menemukan saham yang sedang diakumulasi di harga tertentu tapi sahamnya malah sideways atau turun. Harga akumulasi terbanyak saat itu juga belum tentu menjadi jaminan 100% bahwa besok sahamnya pasti naik. 

Masalahnya bisa jadi di hari besoknya banyak bandar yang melakukan distribusi, sehingga harganya tidak naik seperti yang diharapkan. Hanya mengikuti bandarmologi ibarat anda melakukan analisis 'kosongan'. 

Kalau anda cuma mengandalkan bandarmologi, anda akan sering terkecoh. Anda mungkin sering mendengar keluhan trader: "Saya sudah ngikutin big player, tapi kenapa saham yang saya beli malah turun."

Maka dari itu, untuk MEMANTAPKAN analisa bandarmologi, anda harus mengkombinasikannya dengan analisis teknikal. Jika banyak broker sekuritas melakukan akumulasi, serta didukung dengan analisis teknikal yang bagus, anda bisa pertimbangkan untuk membeli sahamnya. 

Tapi kalau banyak bandar akumulasi dan analisa teknikal sinyalnya jelek, chart-nya amburadul, disini anda bisa pertimbangkan lagi, apakah anda akan ikut bandar atau wait and see dulu. 

Analisis teknikal berfungsi untuk memberikan sinyal trading yang lebih komplit, di mana sebaiknya anda membeli saham. Di mana letak support resistennya. Bagaimana pattern saham yang sedang terbentuk. 

Jadi analisa bandarmologi dan analisa teknikal itu saling melengkapi. Tidak ada yang tidak berguna. 

Anda bisa pelajari full praktik analisis teknikal simpel untuk membaca saham-saham yang bagus buat trading, untuk level pemula - expert disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal. 

2. Analisis teknikal adalah cerminan bandarmologi dan psikologis pasar yang lebih luas 

Analisa broker summary perlu anda lihat satu per satu untuk setiap tanggal. Katakanlah anda  melihat broker summary hari ini. Tapi anda merasa bahwa anda membutuhkan lebih banyak data analisa broker summary. 

Maka anda harus tracing broker summary untuk tanggal-tanggal sebelumnya, dan terkadang ini bisa merepotkan anda. Masalahnya, buat anda yang tidak punya banyak waktu, tentu  anda tidak mungkin memilih tanggal satu per satu selama sampai beberapa hari kebelakang untuk melihat broker summary-nya. 

Tapi dengan analisa teknikal, anda bisa melihat pattern-pattern yang terbentuk dalam time frame lebih panjang, baik 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan seterusnya. Sehingga dengan analisis teknikal anda akan memiliki view yang lebih luas terhadap analisa suatu saham. 

Pergerakan bandar sebenarnya akan tercermin dari pattern-pattern di analisis grafiknya, karena grafik saham terbentuk dari adanya transaksi beli jual yang dilakukan oleh pelaku pasar (baik bandar maupun trader ritel). 

Jadi sekali lagi, analisa bandarmologi tidak bisa berdiri sendiri, namun harus dikombinasikan dengan analisis teknikal ataupun analisa lainnya seperti tape reading. Baca juga: Tape Reading Saham PDF. 

BANDARMOLOGI SAHAM SANGAT BERGUNA 

Kalau anda tanya saya: "Apakah Bung Heze sendiri pakai ilmu bandarmologi untuk analisa saham?" 

Yap, saya selalu gunakan analisa broker summary buat melihat apakah saham yang saya incar lagi banyak diakumulasi atau didistribusi. Namun sebelum melihat broker summary, saya pasti akan cross check dulu analisis teknikalnya. 

Bandarmologi berguna untuk meyakinkan kita siapa "pemain besar" yang ada di balik saham tersebut, dan apakah sahamnya lagi banyak dibeli atau dijual. Sehingga ketika analisa chart "matched" dengan bandarmologi, saya pribadi akan lebih yakin buat membeli sahamnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.