Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham Modal 5 Juta

El Heze

Buat anda yang ingin membeli saham, dengan modal minimal Rp100 ribu anda sebenarnya sudah bisa membeli saham, karena harga saham minimal di Bursa Efek adalah Rp50 rupiah, sehingga untuk beli 1 lot saham, anda hanya perlu mengeluarkan modal Rp5.000 (Rp50 x 1 lot x 100 lembar saham). 



Tapi tentu modal Rp100 ribu adalah modal yang terlalu kecil untuk trader. Apalagi saham-saham bagus untuk trading umumnya harganya diatas Rp500 per saham. Sebagai trader, saran saya anda menggunakan modal minimal trading Rp13 juta buat pemula. 

Baca juga: Modal Ideal Trading Saham. Nah, banyak trader pemula pembaca web Saham Gain yang sudah mulai bisa mengembangkan modal Rp1 juta, dan ingin meningkatkan modal trading jadi Rp5 juta. 

Beberapa kali saya dapat pertanyaan: Pak Heze modal trading saham sekarang sekitar Rp5 juta, apakah strategi tradingnya sama dengan saat modal saya masih 1 jutaan?

Well, Rp5 juta menurut saya adalah modal yang cukup ideal untuk trader. Dengan catatan anda sudah bisa meraih profit dan meminimalkan risiko dengan modal Rp1-3 juta, dan anda sudah ada idle money, anda bisa pertimbangkan menambah modal secara bertahap jadi Rp5 juta. 

Strategi Trading Saham Modal Rp5 Juta  

Menurut saya, tidak banyak perubahan strategi trading yang sebaiknya anda lakukan. Karena modal Rp5 juta belum bisa dikatakan terlalu besar juga. Sehingga jangan sampai anda merasa dengan uang Rp5 juta, anda bisa membeli lebih banyak saham, anda jadi gegabah dalam diversifikasi.  

Dengan modal Rp5 juta, anda bisa mempertimbangkan untuk menerapkan beberapa strategi trading berikut: 

1. Menambah diversifikasi saham

Kalau modal anda Rp1-2 juta mungkin, diversifikasi saham anda pasti sangat terbatas. Tapi dengan modal Rp5 juta, anda bisa lebih leluasa melakukan diversifikasi saham. 

Anda bisa pertimbangkan untuk menamabah 1-2 jumlah saham di portofolio anda. Dalam hal ini, anda tidak harus membeli saham blue chip. Anda bisa pertimbangkan juga untuk diversifikasi pada saham-saham second liner yang nominal harganya lebih murah dan pergerakannya lebih cepat. 

Katakanlah dengan modal Rp1-2 juta, anda diversifikasi 2-3 saham, dengan modal Rp5 juta anda bisa pertimbangkan diversifikasi 3-4 saham. 

2. Menambah porsi di satu saham 

Tapi buat anda yang merasa bahwa anda belum waktunya melakukan diversifikasi, karena anda merasa 2-3 saham di portofolio sudah cukup, maka anda bisa pertimbangkan untuk menambah jumlah jumlah lot.

Jadi dengan modal Rp5 juta, anda tidak menambah jumlah saham, namun anda cukup menambah jumlah lot saja. 

3. Mempelajari strategi trading baru 

Anda bisa sisihkan sedikit modal anda buat mempelajari strategi trading baru yang ingin anda kembangkan. Misalnya, anda ingin mengetahui pergerakan bandar di saham-saham gorengan, atau anda ingin scalping trading. 

4. Tetap membeli saham-saham yang kualitasnya bagus 

Seperti yang kita bahas tadi, bahwa duit Rp5 juta untuk trading saham, sebenarnya bukanlah modal besar. Modal Rp5 juta boleh saya katakan adalah LEVEL 2 untuk seorang trader saham. 

Maka, sebaiknya anda tetap membeli saham-saham yang pergerakannya baik. Kalau anda ingin mencoba diversifikasi pada saham gorengan, gunakanlah modal kecil. Saran saya gunakan 1-5% modal anda buat belajar.

Karena dengan modal Rp5 juta sebenarnya masih bisa anda kembangkan menjadi modal yang lebih besar lagi. Siapa tahu kalau dengan modal Rp5 juta anda tetap bisa untung konsisten, anda bisa menambah modal trading lagi jadi Rp10 juta dan seterusnya, sehingga tentu potensi profit yang anda dapatkan juga lebih tinggi. 

Kesalahan utama trader pemula biasanya ketika sudah menambah modal, trader langsung membeli banyak saham, sehingga diversifikasi sahamnya tidak terkontrol dan saham2 yang dibeli adalah saham2 yang kualitasnya jelek. 

Inilah yang menyebabkan banyak trader yang tidak bertahan lama di pasar saham, karena ketika ada modal, trader terlalu bersemangat untuk membeli saham tanpa memperhatikan kualitas sahamnya. 

Mengelola modal Rp5 juta untuk trading saham ibarat anda mengelola sebuah usaha dengan modal kecil. Dengan perencanaan dan pengetahuan yang baik, modal kecil yang anda kembangkan lama kelamaan akan menjadi modal besar, dan anda bisa menambah modal. 

Itulah beberapa strategi trading saham modal 5 juta yang bisa anda pertimbangkan. Buat anda yang berencana membuka rekening saham di kantor sekuritas, dan jika anda mencari sekuritas dengan deposit rendah, anda bisa pertimbangkan beberapa kantor sekuritas berikut: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.