Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Strategi Trading Saham Paling Populer

Beberapa waktu lalu, ada: "Bung Heze menurut bapak, strategi trading saham yang paling populer yang banyak digunakan trader? Kalau banyak trader menerapkan strategi yang sama, seperti akan lebih mudah mengikuti alur tradingnya"



Kalau anda bertanya strategi trading saham apa yang paling banyak diterapkan di market, pertama-tama kita perlu pahami dulu beberapa strategi trading saham yang umum: 

1. Scalping Trading 

Scalping merupakan strategi trading saham menitan. Anda beli jual saham dalam hitungan 5 menit, 10 menitan, 30 menit. Maka anda dapat dikatakan menerapkan strategi scalping trading. Anda bisa baca lebih banyak tentang penerapan scalping disini: Cara Trading Cepat 15 Menit - Scalping Trading. 

Scalping biasanya diterapkan pada saham-saham lapis tiga (saham gorengan) yang market capnya kecil, karena saham dengan market cap kecil peminatnya tidak terlalu banyak, sehingga bandar lebih mudah menaik-turunkan sahamnya dalam waktu singkat.  

2. Trading Harian (Intraday)

Trading harian adalah strategi yang dilakukan dengan beli jual saham di hari yang sama. Misalnya anda beli saham pagi jual siang atau sore harinya di hari yang sama. Atau beli saham sore jual pagi keesokan hari. 

Dalam trading harian, trader bisa mengincar saham-saham second liner ataupun saham-saham blue chip, di mana trader harian biasanya juga mengincar take profit yang tidak terlalu besar, yaitu antara 1-3% dalam waktu 1 hari trading. 

Baca juga tentang strategi-strategi trading harian saham disini: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat.

3. Trading dibawah 1 minggu 

Trader yang suka trading jangka pendek dengan jangka waktu lebih panjang, biasanya akan menyimpan saham untuk jangka waktu dibawah 1 minggu. Misalnya trader membeli saham hari ini jual dua atau tiga hari kemudian, atau lima hari kemudian. 

4. Swing trading / Trend following (1 minggu - 1 bulan)

Swing trading adalah strategi trading buy and hold, dengan membeli dan menyimpan saham minimal 1 minggu sampai satu bulan trading. Swing trader mengikuti arah tren saham yang sedang terjadi. 

Seorang swing trader akan membeli saham-saham yang tren-nya punya potensi naik (uptrend), sehingga trader tidak harus melakukan frekuensi trading terlalu banyak dan bisa menyimpan saham yang harganya bagus untuk jangka waktu lebih panjang. 

Baca juga analisis swing trading saham disini: Swing Trading Saham & Moving Average Praktis. 

5. Trading jangka menengah

Trading jangka menengah atau positioning trading adalah trading yang dilakukan dengan range waktu yang lebih panjang, yaitu buy and hold untuk jangka waktu 1 bulan sampai 4 bulan. 

6. Investasi jangka panjang 

Investasi berbeda dengan trading saham, di mana pada investasi anda membeli dan menyimpan saham dengan jangka waktu panjang yaitu diatas 1 tahun. Investasi tidak mengikuti alur trader pada umumnya. 

Hal ini karena investasi saham tidak mengandalkan fluktuatif harga saham seperti trader. Namun investor lebih banyak mengadalkan data-data fundamental dan kinerja keuangan perusahaan, untuk memilih saham-saham dengan kinerja baik. Pelajari juga: Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

STRATEGI TRADING SAHAM PALING POPULER 

Dari banyak strategi trading yang sering diterapkan trader, strategi trading yang paling banyak diterapkan oleh pelaku pasar adalah TRADING HARIAN (INTRADAY). 

Pasar saham tidak akan lepas dari fluktuatif harga. Kalau anda mengamati pergerakan market selama jam trading, maka harga saham akan selalu bergerak naik turun, di mana banyak saham yang berfluktuatif 1-2 fraksi harga, naik-turun 1-3% dalam waktu sehari. 

Hal ini membuktikan di pasar saham banyak sekali trader yang berusaha untuk memanfaatkan keuntungan jangka pendek di saham, dengan memanfaatkan fluktuatif harganya. Karena banyak orang yang mencari profit dari trading cepat. 

Tanpa adanya para trader harian, pasar saham tidak akan bisa bergerak dan fluktuatifnya tidak akan dinamis. Strategi-strategi trading lainnya seperti swing trading sebenarnya juga banyak diterapkan oleh trader, karena bagaimanapun juga, tidak semua trader cocok dengan strategi trading harian. 

Jadi kalau anda trader yang ingin mencari strategi trading yang paling populer, paling banyak diterapkan dan bisa menghasilkan profit di market adalah TRADING HARIAN

Namun di pos ini saya bukan bermaksud mengajak anda untuk harus menerapkan trading harian. Setelah anda membaca pos ini, anda bisa menjawab pertanyaan ini sesuai kondisi anda masing-masing: 

"Apakah trading harian sesuai dengan karakter trading anda?"

Kalau anda merasa bahwa trading harian tidak cocok dengan karakter trading anda, anda tidak perlu memaksakan untuk menerapkan strategi trading harian. Apalagi buat anda yang nggak punya banyak waktu memantau market, mungkin menerapkan trading harian kurang efektif untuk trader yang punya kesibukan lain. 

Sebaliknya, kalau anda memang punya keinginan untuk menerapkan trading cepat. Anda punya tujuan dapat profit cepat dari beli jual saham, anda bisa menerapkan strategi ini. 

Karena walaupun trading harian adalah strategi trading yang sering diterapkan pelaku pasar, anda tetap perlu memahami strategi dan cara-cara memilih saham yang benar, supaya anda tidak terjebak memilih saham yang salah. 

Di web Saham Gain, anda bisa mempelajari strategi2 untuk meraih profit trading cepat disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Trading harian juga memiliki frekuensi trading yang relatif lebih sering, sehingga trading harian juga lebih berpengaruh terhadap psikologis anda dibandingkan kalau anda investasi saham. 

Jadi buat anda yang ingin trading harian, pelajarilah dahulu ilmu-ilmunya dan terapkan strategi trading cepat dengan memilih saham yang risikonya kecil. 

STRATEGI TRADING TERBAIK: KOMBINASI 

Dalam praktiknya, anda bisa menerapkan strategi trading kombinasi. Dari pengalaman saya pribadi, strategi trading terbaik adalah strategi trading kombinasi. 

Kalaupun anda ingin menerapkan strategi trading harian (yang paling sering diterapkan oleh pelaku pasar), anda bisa pertimbangkan untuk membagi modal buat trading harian dan swing trading. 

Sehingga, anda memiliki lebih banyak kombinasi portofolio dan modal anda bisa 'diputar' lebih baik. Jadi anda memiliki saham yang bisa digunakan untuk meraih profit cepat, dan ada saham2 bagus yang anda simpan untuk jangka waktu agak lama, sehingga portofolio anda bisa bertumbuh lebih cepat. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.