Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham yang Bagus Hari Ini

El Heze

Trader saham yang ingin mengincar profit dengan jangka waktu (time frame) dibawah satu bulan atau bahkan dibawah seminggu, anda harus lebih sering menganalisa pergerakan chart untuk menemukan saham yang bagus buat jangka pendek. 



Sebagian besar trader memiliki kesibukan selain trading saham, sehingga banyak trader yang tidak memiliki banyak untuk memilih saham yang bagus hari ini. 

Tapi bagaimanapun juga, kalau anda seorang trader saham, anda hendaknya meluangkan waktu untuk menganalisa saham, karena sebagai trader anda harus memiliki sistem trading mandiri. 

Keberhasilan trading yang anda jalankan ditentukan oleh analisa pribadi anda. Supaya anda bisa mencari saham yang bagus hari ini, anda bisa melakukan beberapa analisa stock pick untuk memudahkan anda mencari saham-saham bagus. 

ANALISA SAHAM MANDIRI 

1. Saham yang lagi murah 

Strategi trading yang paling mudah dipelajari oleh trader adalah mencari saham murah. Karena trading saham itu hampir sama dengan konsep berdagang. 

Saham yang sedang turun akan lebih banyak dibeli daripada saham-saham yang mahal, sehingga saham yang harganya sudah turun dan murah punya peluang naik lebih cepat. 

Jadi untuk mencari saham-saham buat trading jangka pendek, pilihlah saham-saham murah. Anda bisa mencari saham-saham murah dari indeks LQ45 yang pergerakannya relatif mengikut IHSG.

Anda bisa pelajari juga strategi-strategi membaca saham yang sudah diskon & murah secara teknikal dan punya potensi naik jangka pendek disini: Cara Menemukan Saham Diskon dan Murah. 

2. Screening saham pilihan 

Setiap trader hendaknya memiliki daftar saham (STOCK PICK). Stock pick maksudnya adalah daftar saham-saham yang bagus dan cocok untuk anda tradingkan. 

Jadi untuk mencari saham yang bagus hari ini, anda bisa fokuskan pada analisa saham-saham yang ada di stock pick anda. Stock pick yang disarankan jumlahnya tidak terlalu banyak, setidaknya sekitar 7-20 saham saja. 

Karena dari sekian banyak saham yang ada di Bursa Efek, anda tidak mungkin memantau dan mentradingkan semuanya. Apalagi buat trader yang punya keterbatasan waktu, memantau saham dengan jumlah akan sangat memakan waktu dan tidak efektif. 

Dengan adanya stock pick, anda bisa fokus pada beberapa saham yang bagus untuk ditradingkan. Cara-cara melakukan screening saham pilihan dan menyeleksi saham-saham layak trading, bisa anda pelajari juga disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus.

Saran saya, kalau anda sudah pernah profit di saham tertentu dari hasil analisa sendiri katakanlah anda pernah untung dari saham TLKM dan BMRI, masukkan saham-saham tersebut kedalam stock pick untuk screening anda. 

Karena jika anda bisa profit dari saham tertentu (dari hasil analisa sendiri), hal ini menunjukkan bahwa anda bisa menganalisa dan membaca pola2 saham tersebut, sehingga anda lebih hafal titik-titik harga dan support resistennya buat trading. 

Stock pick hanya berisi saham-saham pergerakannya yang bagus dan berpotensi naik. Jadi anda tidak perlu melihat semua saham di Bursa Efek. Stock pick sangat berguna untuk trader yang tidak memiliki banyak waktu trading dan memantau market.    

3. Trading tidak harus setiap hari 

Anda tidak harus membeli dan menjual saham setiap saat. Kalau anda beranggapan market sedang kurang untuk trading. Atau anda lagi sibuk sehingga belum ada waktu untuk memantau dan menganalisa saham, maka tidak masalah anda libur trading terlebih dahulu. 

Saya sering menemukan yang ingin saham bagus untuk ditradingkan setiap hari. Faktanya memang tidak setiap saat kondisi market bagus buat trading, sehingga kalau anda memaksakan untuk trading setiap saat, justru risikonya besar. 

Kalau anda ingin memilih saham yang bagus hari ini, anda juga harus menyesuaikan analisa dengan kondisi market, teknikal dan psikologis masing2. 

4. Analisa saham mandiri 

Buat anda yang ingin bisa melakukan analisis saham mandiri untuk memilih saham-saham bagus dengan cara-cara simpel & praktikal, rekan-rekan bisa pelajari praktik2 trading saham melalui 3 ebook trading berikut: 3 Ebook Full Praktik Trading Saham. 

Pada ebook-ebook saham tersebut, anda akan mendalami strategi2 trading spesifik yaitu one day trading, swing trading, trading menitan dan full analisis teknikal untuk memilih saham yang berpotensi naik, sehingga anda bisa memilih saham yang potensial secara mandiri.  

STOCK PICK UNTUK TRADER SAHAM  

Para trader yang ingin menambah referensi buat analisis stock pick trading, di web Saham Gain ini anda juga bisa mendapatkan fasilitas stock pick free yang dapat anda akses melalui Sahamgain.com maupun Channel Youtube Saham Gain. 

1. Watchlist Saham Gain 

Anda bisa melihat saham-saham watchlist di web ini pada halaman: Rekomendasi Saham. Saham-saham yang ada pada watchlist tersebut bisa menjadi tambahan referensi anda buat memilih saham (stock pick). 

Dan anda bisa akses secara free tanpa adanya grup premium. Sehingga dengan adanya watchlist ini, juga diharapkan dapat menambah daftar pilihan saham dan wawasan rekan-rekan buat trading. 

2. Channel Youtube Saham Gain

Untuk anda yang suka menonton video langsung analisis saham buat menambah daftar stock pick saham yang bagus hari ini, anda juga bisa menonton langsung ulasan dan analisa melalui channel Saham Gain. Anda bisa lihat ulasan-ulasannya disini: Channel Youtube Belajar Saham - Saham Gain.  

Analisa-analisa yang kita ulas di channel Saham Gain merupakan saham-saham potensial untuk trading jangka pendek. Setiap ulasan yang ada di channel, hendaknya selalu rekan-rekan pertimbangkan sesuai dengan analisa mandiri dan analisis saham otodidak. Jangan menelan mentah-mentah semua watchlist saham yang ada. 

Itulah pentingnya trader juga harus bisa melakukan analisis saham mandiri. Karena bagaimanapun juga, anda harus bisa mengatur manajemen modal, menyusun trading plan & portofolio dan psikologis sesuai kondisi anda masing-masing. 

Beberapa referensi cara mencari saham yang bagus hari ini semoga bisa menambah daftar saham untuk trading, dan dapat anda gunakan untuk menganalisa dan memilih saham secara otodidak. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.