Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Pengertian Capital Gain Menurut Para Ahli

El Heze

Kalau anda trading saham, anda pasti sering mendengar istilah CAPITAL GAIN. Capital adalah istilah dasar yang harus dipahami oleh pemula, terutama buat anda yang ingin trading saham jangka pendek. 


Di pos ini kita akan bahas pengertian capital gain menurut para ahli, dan penerapan cara menghitung capital gain. Supaya anda lebih memahami lebih jelas tentang capital gain, berikut pengertian capital gain menurut para ahli: 

Menurut Wikipedia, capital gain atau keuntungan modal adalah suatu keuntungan atau laba yang diperoleh dari investasi dalam surat berharga atau efek, seperti saham, obligasi atau dalam bidang properti, di mana nilainya melebihi nilai pembelian. Selisih antara harga jual yang lebih tinggi dan harga pembelian yang lebih rendah, menghasilkan keuntungan finansial bagi investor. 

Menurut Brigham & Houston (2006), capital gain atau return atau tingkat pengembalian adalah selisih jumlah yang diterima dengan jumlah yang diinvestasikan, dibagi jumlah yang diinvestasikan.  

Menurut Samsul (2006), capital gain atau return adalah pendapatan yang dinyatakan dalam persentase dari modal awal investasi. Pendapatan investasi dalam saham merupakan keuntungan yang diperoleh dari jual beli saham, di mana jika untung disebut capital gain, dan jika rugi adalah capital loss.  

Menurut Jogiyanto (2013), capital gain atau return adalah hasil yang diperoleh dari investasi. 

Dari beberapa pengertian capital gain menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa capital gain adalah keuntungan yang didapatkan oleh trader saham dari selisih antara harga jual saham yang lebih tinggi daripada harga beli. 

Sebagai contoh, jika anda membeli saham di harga Rp1.000, lalu anda menjualnya di harga Rp1.100, maka anda memperoleh capital gain (keuntungan) sebesar Rp100 (Rp1.100 - Rp1.000). 

Kebalikan dari capital gain adalah capital loss. Ketika anda menjual saham dibawah harga beli, maka anda akan memperoleh capital loss. Sebagai contoh, anda membeli saham di harga Rp1.100. Kemudian anda menjual saham di harga Rp1.050. Maka anda mendapatkan kerugian / capital loss sebesar Rp50 (Rp1.100 - Rp1.050). 

CARA MENGHITUNG CAPITAL GAIN DALAM BELI JUAL SAHAM 

Dalam praktikknya di pasar saham, menghitung capital gain harus dilakukan dengan cara yang benar, karena anda juga harus memahami mekanisme perdagangan saham, seperti satuan lot dan fee beli jual saham. 

Satuan dalam perdagangan saham adalah LOT, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Jadi katakanlah anda ingin membeli saham ABCD di harga Rp900 sebanyak 15 lot. Maka uang yang harus anda keluarkan untuk membeli saham ABCD adalah sebesar Rp1.350.000 (Rp900 x 15 lot x 100 lembar saham). 

Tapi jangan lupa juga untuk menghitung fee beli. Karena setiap sekuritas menerapkan fee beli dari transaksi saham. Biasanya fee beli sekuritas adalah sekitar 0,15-0,18%. 

Katakanlah sekuritas anda menerapkan fee beli sebesar 0,17%. Maka transaksi beli anda sebesar Rp1.350.000 x 0,17% menjadi Rp1.352.295. Itulah modal total yang harus anda keluarkan untuk beli saham. 

Jika anda ingin menjual saham, katakanlah di harga Rp950 sebanyak 15 lot, maka perhitungan harga jual anda sebagai berikut: Rp950 x 15 lot x 100 lembar saham = Rp1.425.000. Kemudian harga jual ini harus dikurangi dengan fee jual sekuritas. 

Katakanlah fee jual sekuritas anda sebesar 0,27%, maka nilai jual anda harus dikurangi dengan fee sekuritas 0,27%. Perhitungannya: Rp1.425.000 - (Rp1.425.000 x 0,27%) = Rp1.421.153. 

Anda bisa pelajari cara menghitung fee jual beli disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. Sehingga, nilai harga jual - harga beli adalah sama dengan keuntungan / capital gain yang anda dapatkan. 

Capital gain yang anda dapatkan adalah selisih dari Rp1.421.153 - Rp1.352.295 - Rp68.858. Untuk lebih jelasnya, anda bisa perhatikan tabel perhitungan capital gain berikut: 

Capital Gain Saham

Untuk menghitung capital gain, anda sebenarnya bisa melakukan dengan rumus langsung, bisa anda hitung dengan excel, sehingga anda tidak perlu memasukkan rumus manual. Baca juga: Kalkulator Saham Gratis untuk Hitung Harga Average. 

Sebaliknya, jika anda menghitung capital loss, maka rumusnya sama saja. Capital loss adalah kebalikan capital gain, di mana trader menjual saham dibawah harga beli, sehingga mengalami kerugian (cut loss).  

CARA MENDAPATKAN CAPITAL GAIN DI SAHAM  

Supaya anda bisa mendapatkan capital gain alias keuntungan, maka anda harus memilih saham yang benar. Karena tidak semua saham bagus untuk dibeli dan tidak semua saham harganya naik di momen yang sama. 

Belilah saham ketika harganya sudah turun / diskon dan ada tanda-tanda naik lagi. Untuk meraih capital gain, manfaatkan kombinasi analisa teknikal dan momentum market untuk memilih saham bagus. 

Sebagai referensi tambahan, anda bisa pelajari juga analisa-analisa teknikal untuk memaksimalkan capital gain di market pada ebook saham berikut: Buku Saham Analisis Teknikal.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.