Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Data Fundamental Saham

Analisis fundamental merupakan analisa saham yang harus dipahami oleh investor jangka pendek. Di satu sisi, trader jangka pendek sebenarnya juga membutuhkan data-data analisa  fundamental.



Trader saham butuh data analisa fundamental untuk memilih saham yang bagus. Sedangkan analisa teknikal untuk momentum buy-sell. Data fundamental saham itu cukup banyak. 

Ada data-data kinerja keuangan seperti laba bersih, Earning per Share (EPS), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan lain-lain. Selain itu ada juga analisa untuk valuasi saham seperti Price Earning Ratio (PER) dan Price Book Value (PBV). 

Sebagian dari anda mungkin masih bingung mencari data fundamental saham yang lengkap, yang dapat dijadikan acuan untuk menganalisa saham. Atau mungkin anda menemukan data-data fundamental saham, namun tidak lengkap atau tidak update. 

Oleh karena itu, di pos ini, kita akan bahas data-data fundamental saham yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk para investor dan trader yang membutuhkan analisa fundamental lebih lengkap, cepat dan praktis. 

Berikut sumber-sumber data fundamental saham yang bisa anda dapatkan:  

1. Data fundamental RTI 

RTI business merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh investor dan trader untuk melihat informasi kinerja perusahaan maupun valuasi saham. Berikut contoh tampilan data di RTI: 

Pada aplikasi RTI, anda bisa melihat data-data fundamental lengkap seperti PER, lalu anda juga bisa melihat pertumbuhan fundamental perusahaan selama 4-5 tahun terakhir yaitu data-data pertumbuhan pendapatan, pertumbuhan laba bersih, pertumbuhan EPS dan lain-lain, sehingga anda bisa melihat tren kinerja perusahaan. 


Anda bisa mencari analisa fundamental berupa rasio keuangan, seperti PBV, DER, Cash Ration, Dividend Payout Ratio, ROE, ROA, NPM dan lain-lain pada menu Key Statistics. 

Data-data fundamental yang ada di RTI ini adalah data fundamental yang sering dijadikan acuan investor untuk menganalisa perusahaan, sehingga data-data yang muncul tersebut bukan hanya sekedar rasio keuangan. 

Untuk melihat berita-berita emiten tertentu, anda bisa melihatnya melalui menu News. Katakanlah anda ingin melihat berita tentang perusahaan Bank BNI, anda bisa ketikkan kode saham BBNI pada aplikasi RTI dan dan pilih menu News.  

Jika anda ingin menggunakan aplikasi RTI secara free, anda bisa pelajari langkah-langkahnya pada pos yang kita bahas disini: Cara Daftar RTI Business & Data RTI. 

Data-data fundamental di RTI cukup lengkap dan up-to-date. Kalau anda ingin melihat valuasi saham-saham perusahaan tetapi anda tidak ada waktu untuk menghitung satu per satu secara manual, anda bisa mencari data-datanya melalui RTI. 

Data PER dan PBV merupakan analisa valuasi saham yang sering dijadikan acuan untuk melihat saham murah secara fundamental. Anda bisa akses data-data tersebut dengan mudah di RTI. 

2. Situs IDX 

Situs www.Idx.co.id juga dapat anda gunakan untuk mencari data fundamental perusahaan. Yap, anda bisa download laporan keuangan dan tahunan perusahaan-perusahaan go public secara lengkap, mulai dari dari laporan kuartal 1, kuartal 2, kuartal 3 dan laporan audit.

Anda bisa masuk situs Idx.co.id, lalu pilih menu Perusahaan Tercatat --> Laporan Keuangan & Tahunan. Setelah itu pilih kode saham dan periode laporan keuangan yang ingin anda cari. Lalu download laporan keuangannya. Baca juga: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. 

3. Ringkasan kinerja perusahaan

Masih di situs IDX, pada situs IDX anda juga bisa melihat ringkasan performa kinerja perusahaan.  Anda bisa buka situs Idx, kemudian pilih menu Data Pasar --> Laporan Statistik --> Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat. Seperti ini tampilannya: 

Ringkasan Performa Perusahaan Tercatat

Anda bisa cari kode saham yang ingin anda download kinerja fundamentalnya. Lalu klik 'unduh'. Kemudian anda bisa buka filenya dalam bentuk file PDF. 

Ringkasan performa kinerja perusahaan menampilkan ringkasan fundamental perusahaan selama beberapa tahun kebelakang tren kinerja laporan posisi keuangan, ekuitas, laporan laba rugi dan beberapa rasio keuangan yang penting untuk investor. 

Beberapa website dan aplikasi ini bisa anda manfaatkan buat teman-teman yang sedang mencari data fundamental saham. Saya sendiri juga sering memanfaatkan aplikasi RTI maupun web Idx untuk melakukan analisa fundamental saham2 tertentu. 

Buat teman-teman yang nggak punya banyak waktu melakukan analisa fundamental lebih komprehensif, anda bisa manfaatkan ringkasan data-data fundamental tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.