Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Aplikasi Saham untuk Pemula

Buat pemula yang ingin mulai belajar saham, anda membutuhkan aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat harga saham, memantau analisis grafik (belajar analisa teknikal), maupun melihat data-data fundamental perusahaan.

 


Sebagian dari anda yang ingin terjun ke dunia saham, mungkin masih belum ada modal untuk deposit atau masih dalam tahap menabung untuk mengumpulkan modal. Namun anda punya keinginan yang kuat untuk bisa belajar dan memahami market. 

Jika anda ingin bisa trading, melihat analisa chart, data2 fundamental, memang ada baiknya anda langsung daftar di kantor sekuritas terdekat atau daftar secara online (melalui web resmi masing-masing sekuritas). 

Hal ini karena aplikasi saham dari sekuritas memuat data-data untuk belajar analisis teknikal dan data analisa market yang cukup lengkap. Sehingga anda bisa belajar lebih intens. 

Namun memang sebagian besar kantor sekuritas menerapkan minimal deposit sebagai modal awal untuk trading / investasi. Baca juga: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta.

Nah, buat anda yang belum punya modal untuk deposit, dan anda yang masih dalam tahap menabung untuk bisa trading saham, anda tetap bisa menggunakan aplikasi saham gratis, yaitu aplikasi saham untuk pemula yang dapat anda gunakan tanpa membayar atau berlangganan. 

Berikut ada beberapa aplikasi saham untuk pemula yang dapat anda pertimbangkan: 

1. RTI Business

Anda yang mulai belajar saham dan mencari referensi aplikasi saham, anda pasti sering mendengar tentang aplikasi RTI. Banyak trader dan investor yang juga menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi RTI saya sarankan untuk anda gunakan, karena RTI memiliki banyak data tentang fundamental, teknikal dan harga saham. 

Anda bisa akses aplikasi RTI Business ini secara free. Pada RTI business, memuat data-data penting untuk belajar saham sebagai berikut: 
  • Melihat data harga saham 
  • Profil perusahaan
  • Membuat watchlist (daftar) saham pilihan 
  • Melihat data-data fundamental perusahaan 
  • Melihat grafik saham 
  • Bid offer harga saham 
  • Top stock dan pergerakan bursa saham luar negeri
  • Melihat rentang support resisten dan range harga saham 
  • Berita-berita tentang saham perusahaan
  • Dan masih banyak lainnya 
Aplikasi RTI adalah aplikasi yang memuat data-data fundamental paling lengkap dibandingkan mayoritas aplikasi saham lainnya. Data-data fundamental seperti PER dan PBV yang paling update sudah ada di aplikasi RTI ini. 

Selain itu, anda juga bisa melihat data-data laporan keuangan seperti laba bersih, pendapatan, rasio-rasio keuangan seperti ROE DER dan lain-lain. 

Jadi buat pemula yang ingin belajar analisis fundamental saham, melihat data-data harga saham, melihat berita-berita perusahaan, anda bisa mempelajarinya melalui aplikasi RTI. Berikut contoh tampilan aplikasi RTI: 
RTI Business 

Ada banyak menu pada RTI business. Anda bisa download aplikasinya di playstore, dan pelajari cara menggunakan menu RTI business untuk kepentingan analisis saham disini: Cara Daftar RTI Business dan Data RTI. 

2. Investing Chart 

Anda bisa buka website Investing.com. Lalu pilih menu Chart --> Stock Charts. Yap, pada web tersebut anda bisa melakukan lebih banyak analisis teknikal dan menampilkan indikator-indikator saham yang cukup lengkap seperti Moving Average, RSI, Bollinger Bands dan lain-lain. Berikut contoh tampilan grafik di Investing Chart: 

Investing

Di pos ini: Cara Menampilkan Indikator di Investing Chart, anda bisa pelajari cara-cara setting grafik saham di situs Investing, untuk memudahkan anda belajar analisis teknikal dan mendalami ilmu grafik saham lebih banyak. 

Investing merupakan aplikasi / situs yang bagus digunakan untuk belajar analisis teknikal. Karena di Investing anda bisa menampilkan banyak indikator, termasuk menggambar garis tren, analisa support resisten, melihat pola2 candlestick, di mana materi-materi tersebut memang dibutuhkan untuk trader saham sebagai panduan trading. 

3. Id Trading View 

Anda bisa buka website Id.Tradingview.com. Kemudian pilih menu chart. Id Tradingview ini sebenarnya mirip dengan Investing, yaitu sama-sama menampilkan chart dan indikator2 untuk belajar analisis teknikal. 

Jadi anda bisa pilih salah satu, Investing atau Id Tradingview yang menurut anda lebih nyaman untuk dipakai. Berikut contoh tampilan chart di Id Tradingview: 

Id Tradingview

Anda juga bisa memasukkan watchlist saham-saham yang ingin anda pantau melalui daftar pantau (lihat pada chart diatas di bagian kanan yang saya beri tanda lingkaran hijau).  

Anda bisa baca disini: Analisis Grafik dengan Id Tradingview untuk melihat cara-cara menganalisa dan menampilkan grafik serta indikator-indikator saham pada Id Tradingview. 

4. Virtual Trading IDX 

Anda bisa menggunakan fasilitas virtual trading yang disediakan oleh situs Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan demikian, anda bisa melakukan simulasi trading dan melihat langsung pergerakan saham di Burs Efek. Anda bisa register langsung pada situs IDX disini: IDX Virtual Trading. 

Itulah beberapa aplikasi saham untuk pemula yang bisa anda gunakan untuk belajar saham, terutama buat anda yang belum sempat buka rekening saham di sekuritas. Anda bisa manfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut buat belajar saham. 

Dengan aplikasi saham untuk pemula ini, anda tetap bisa belajar saham, mendalami analisis teknikal (analisa grafik) dan analisis fundamental, sehingga ketika anda membuka akun dan trading beneran, anda sudah memiliki ilmu-ilmunya dan tidak kaget melihat market. 

MEMILIH APLIKASI SAHAM PEMULA DARI SEKURITAS   

Mau tidak mau, kalau anda sudah memutuskan untuk beli saham, anda harus buka akun di kantor sekuritas dan melakukan deposit untuk modal trading anda. 

Di Indonesia, ada banyak perusahaan sekuritas yang terdaftar. Anda harus memilih satu sekuritas yang bagus. Saran saya, pilihlah sekuritas saham yang ternama dan banyak digunakan. 

Anda bisa pelajari juga panduan membeli saham untuk pemula dan rekomendasi sekuritas bagus pada free ebook saham (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. 

Jika anda ingin mencari sekuritas yang fee beli jualnya rendah, anda bisa pelajari contoh-contohnya disini: Sekuritas untuk Day Trading. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.