Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Grafik dengan Id Tradingview

Kalau anda ingin melakukan analisis grafik saham, ada beberapa software atau aplikasi untuk melihat dan menganalisa grafik secara gratis (free). 


Aplikasi-aplikasi gratis ini sangat diperlukan terutama buat anda yang ingin belajar saham, namun rekening efek anda masih belum jadi, atau anda masih mengumpulkan modal untuk trading dan belum membuat rekening efek. 

Maka dari itu, anda sebenarnya tetap bisa belajar saham dan melakukan analisa teknikal, chart, indikator menggunakan aplikasi free. Salah satu aplikasi free untuk analisa teknikal bisa anda akses melalui situs Id Tradingview. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Buka situs Id.tradingview.com

2. Pilih menu Chart


3. Setelah itu, muncullah tampilan grafik Id Tradingview seperti berikut: 

Id Tradingview
Tampilan chart Id Tradingview cukup lengkap. Anda bisa menampilkan indikator-indikator candlestick, menggambar garis tren manual. Tanda persegi hijau diatas adalah tempat kode saham. 

Jika anda ingin merubah kode saham untuk melihat analisa chartnya, anda bisa ubah kode saham yang anda inginkan disitu. Kemudian perhatikan juga tampilan-tampilan indikator berikut: 

Grafik Id Tradingview
Di situs Id Tradingview, anda bisa memilih berbagai macam indikator (tanda lingkaran), seperti pada tanda lingkaran diatas. Indikator-indikator di Id Tradingview cukup lengkap. 

Mulai dari indikator Stochastic, RSI, Moving Average, MACD, Bollinger Bands, Alligator, Williams %R dan lain-lain. Indikator2 umum yang sering digunakan trader saham, semua bisa ditampilkan pada Id Tradingview. 

Anda juga bisa menampilkan time frame trading dan grafik yang anda inginkan mulai dari Daily, Weekly, Minute, Monthly (Menu tanda persegi biru). Yap, seperti software2 trading saham sekuritas pada umumnya, tampilan grafik di Id Tradingview tidak jauh berbeda.  

Sehingga, buat anda yang belum memiliki software saham untuk analisa, anda tetap bisa melakukan analisis teknikal melalui aplikasi gratis tersebut. 

Jika anda sekarang ingin mempelajari analisa teknikal, mendalami lebih banyak grafik saham, tetapi rekening efek anda masih belum jadi, masih dalam proses, atau anda belum membuka rekening efek sama sekali karena masih menabung modal untuk beli saham... 

Hal tersebut bukanlah penghalang anda untuk memeplajari dan mendalami analisa teknikal. Id Tradingview bisa menjadi salah satu analisa chart free yang bisa anda gunakan. Chart free lainnya seperti Chartnexus, Investing, RTI juga bisa anda pertimbangkan. 

Intinya, semua software saham biasanya menampilkan menu-menu chart utama seperti candlestick, indikator, garis support resisten, volume. Jadi anda tidak perlu khawatir kalau chart gratis ini akan berbeda jauh dengan tampilan chart di software saham sekuritas. 

Untuk anda yang ingin mendalami dan belajar analisa teknikal saham, serta praktik2 menggunakan analisa teknikal untuk memilih saham bagus, anda bisa pelajari full praktiknya disini: Ebook Saham Full Praktik Trading

Semoga pos ini bisa menjawab pertanyaan rekan-rekan yang ingin mencari aplikasi gratis untuk analisa chart. SALAM PROFIT. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.