Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Keuntungan Investasi Saham BCA

Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) merupakan salah satu saham yang menjadi favorit para investor untuk investasi jangka panjang. Walaupun harga saham BBCA per lot cukup mahal (diatas Rp30.000 per saham), namun saham BBCA tetap menjadi pilihan banyak investor. 

 


Saham BBCA sendiri termasuk di dalam sektor perbankan, di mana BBCA termasuk dalam big four blue chip saham perbankan di Bursa Efek Indonesia selain PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). 

Jadi kalau anda mau memilih saham-saham perbankan yang kinerjanya mapan buat investasi, saham BBCA bisa menjadi salah satu alternatif saham bagus. Ada beberapa keuntungan investasi saham BCA:

1. Fundamental kuat 

BBCA merupakan saham blue chip bank selain BBRI BMRI BBNI, di mana saham2 blue chip bank tersebut memiliki kinerja fundamental yang sangat bagus (baik dari segi company size, dividen, brand image dan kemampuan profitabilitas) dibandingkan perusahaan2 bank lain di sektor sejenis. 

Kinerja perusahaan yang mapan ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk investasi, khususnya jika anda mencari perusahaan yang fundamentalnya kuat dalam jangka panjang.   

2. Brand image ternama 

Di perusahaan perbankan, BBCA termasuk salah satu bank yang memiliki brand image sangat dikenal masyarakat. Pada umumnya, produk yang dikenal luas, banyak digunakan masyarakat dan mudah ditemukan, emitennya juga memiliki ketahanan fundamental yang baik. 

Sebagai investor jangka panjang, secara psikologis tentu lebih aman menyimpan saham yang kita kenal dengan baik, yang produknya banyak digunakan dan dikenal masyarakat, daripada membeli saham-saham yang tidak kita ketahui. 

2. Tren harga saham yang baik 

Untuk memilih saham buat investasi jangka panjang, salah satunya bisa anda lakukan dengan cara melihat tren historis harga sahamnya. Saham yang trennya naik, polanya beraturan dalam jangka panjang dan mampu bullish setelah sahamnya jatuh merupakan salah satu ciri saham yang aman disimpan untuk jangka panjang. 

Keuntungan investasi saham BCA

Saham BBCA merupakan salah satu saham yang punya historis tren saham sangat baik, di mana BBCA memiliki tren naik, dan setelah harga saham jatuh (tanda2 persegi hijau), saham BBCA selalu naik lagi. 

Buat anda yang ingin investasi di saham BBCA, kalau BBCA sedang turun banyak, anda bisa pertimbangkan untuk mulai menambah porsi saham BBCA. 

Yap, anda bisa menerapkan sistem nabung saham di saham BBCA ketika harganya sedang turun  /murah. Baca juga: 5 Cara Nabung Saham untuk Pemula dan Strategi Nabung Saham yang Efektif. 

3. Dividen besar 

Buat anda yang ingin investasi dengan mengincar dividen besar, dan fundamentalnya bagus, BBCA merupakan salah satu perusahaan yang rajin membagikan dividen besar. 

Karena selain dividen besar, BBCA juga membagikan dividen rutin setiap tahun, serta membagi dividen interim. Baca juga: Saham yang Bagi Dividen 2 Kali SetahunSehingga, anda bisa mendapatkan passive income lebih besar dari saham BBCA. 

Itulah beberapa keuntungan investasi saham BCA. Selain low risk, BBCA juga rajin bagi dividen, sehingga saham ini lebih aman untuk disimpan jangka panjang. 

Nah, untuk investasi saham BBCA (demikian juga dengan saham2 lainnya) ada baiknya anda juga perlu memperhatikan momentum untuk beli saham, supaya anda bisa mendapatkan saham di harga yang bagus. 

Kombinasi analisa teknikal (terutama tren dan support resisten), serta analisa valuasi saham juga perlu anda gunakan untuk investasi, terutama kalau anda investasi dengan metode NABUNG SAHAM. 

Anda bisa pelajari juga lebih banyak strategi dan tips investasi, cara-cara investasi saham di harga bagus pada Ebook Investasi Saham disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert (352 halaman). 

Investasi saham BBCA, bukan berarti nggak ada kekurangannya. Ada beberapa kekurangan investasi saham BBCA: 

1. Harga saham relatif mahal 

BBCA merupakan salah satu saham blue chip yang harganya relatif mahal secara nominal, di mana harga sahamnya mencapai diatas Rp34.000 per saham. Artinya, untuk membeli 1 lot BBCA, anda butuh duit sekitar Rp3,4 juta. 

2. Kurang cocok untuk multi bagger stock 

Pergerakan saham BBCA umumnya smooth. Kita jarang melihat adanya fluktuatif atau kenaikan harga saham yang sangat tinggi, kecuali kalau terjadi crash market dan saham BBCA jatuh, biasanya saat market pulih, saham BBCA juga naik tinggi. 

Jadi untuk anda yang ingin investasi dengan tujuan mengincar profit multi bagger, saham BBCA kurang cocok (kecuali kalau saham BBCA jatuh setelah pasar saham strong bearish). Saham BBCA lebih cocok untuk investor konservatif yang tidak menyukai risiko besar. 

Catatan: Pos ini bukan bermaksud merekomendasikan beli atau menghindari saham tertentu, namun pos ini bertujuan untuk menambah wawasan kita semua tentang seluk beluk investasi saham. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.