Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham yang Bagi Dividen 2 Kali Setahun

Kalau anda adalah tipikal investor dividend seeker, tentu anda harus mencari perusahaan yang paling rajin membagikan dividen per saham yang tinggi.  Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagi Dividen. 


Dividen biasanya dibagikan sekali dalam setahun yaitu mendekati atau setelah laporan keuangan tahunan audit perusahaan terbit. Hal ini karena dividen diberikan dari laba bersih (profit) yang diperoleh perusahaan dalam satu tahun. 

Namun dalam praktikknya, ada juga perusahaan yang membagikan dividen 2 kali dalam setahun. Selain membagikan dividen tahunan, perusahaan juga bisa membagikan dividen sebelum tutup buku laporan tahunan. 

Inilah yang dinamakan dengan dividen interim. Kita sudah pernah membahasnya disini: Pengertian dan Contoh Dividen Interim. 

Jadi katakanlah perusahaan membagikan dividen tahunan bulan Februari. Kemudian pada bulan Oktober di tahun yang sama, perusahaan membagikan lagi dividen pada pemegang saham. Jadi di tahun yang sama, perusahaan membagikan dividen 2 kali. 

Tetapi tentu saja, tidak banyak perusahaan yang membagikan dividen 2 kali setahun, karena untuk membagikan dividen dalam frekuensi yang lebih banyak tentu dibutuhkan kinerja fundamental yang kuat. 

Dividen dibagikan dari laba bersih yang diraih perusahaan. Logikanya, kalau perusahaan tidak bisa mencetak laba bersih yang besar, perusahaan tentu tidak punya kemampuan untuk memberikan dividen pada pemegang saham. 

Lalu, apa saja perusahaan2 yang pernah membagikan dividen interim? Berikut adalah daftar saham yang bagi dividen 2 kali setahun: 

1. PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JASS) 
2. PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) 
3. PT Kino Indonesia Tbk (KINO) 
4. PT Surya Pertiwi Tbk (SPTO) 
5. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) 
6. PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) 
7. PT Indonesia Fibreboard Industry Tbk (IFII)
8. PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) 
9. PT Prima Globalindo Logistik Tbk (PPGL) 
10. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) 
11. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) 
12. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)  
13. PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) 
14. PT Berkah Prima Perkasa Tbk (BLUE) 
15. PT Astra International Tbk (ASII) 
16. PT United Tractors Tbk (UNTR) 
17. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) 
18. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) 
19. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) 
20. PT Indotambangraya Megah Tbk (ITMG) 
21. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) 
22. PT Darya Varia-Laboratoria Tbk (DVLA) 
23. PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) 
24. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI)
25. PT Tunas Ridean Tbk (TURI) 
26. PT Indo Kordsa Tbk (BRAM) 
27. PT Sepatu Bata Tbk (BATA) 
28. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) 
29. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META)
30. PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA) 
31. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) 
32. PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN)
33. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) 
34. PT Indofood CBP Tbk (ICBP) 
35. PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR)

Itulah perusahaan-perusahaan yang pernah membagikan dividen 2 kali setahun. Namun dari daftar perusahaan diatas, TIDAK SEMUA perusahaan selalu rutin membagikan dividen 2 kali setahun. 

Kalau anda ingin mengetahui perusahaan2 yang selalu rutin bagi dividen 2 kali setahun, kita akan pilah-pilah lagi berdasarkan fundamental perusahaan dan market cap-nya. 

Perhatikan yang saya beri tanda bold (garis tebal) yaitu saham-saham UNVR, BBCA, ASII dan UNTR. Yap, keempat saham tersebut adalah SAHAM BLUE CHIP yang paling rutin membagikan dividen 2 kali setahun. 

Sedangkan perhatikan juga yang saya beri tanda garis miring (italic) yaitu saham2 TPIA dan INTP. Kedua perusahaan tersebut merupakan perusahaan market cap menengah-besar yang juga rutin membagikan dividen dua kali dalam setahun. 

Perhatikan juga tanda garis bawah yaitu saham-saham JASS, SMSM, SIDO dan TOWR. Kedua saham ini selalu membagikan dividen interim (dua kali setahun). Namun keempat saham tersebut memiliki market cap yang jauh lebih kecil dibandingkan saham2 UNVR, BBCA, ASII, UNTR. 

Walaupun secara fundamental cukup bagus, namun saham SIDO dan TOWR bukan merupakan market leader di sektor industrinya, dan tidak termasuk dalam saham2 big caps, sehingga dari segi likuiditas (teknikal), sahamnya tidak se-likuid saham2 big caps. 

Sisanya adalah saham2 yang pernah membagikan dividen 2 kali setahun, namun tidak rutin. Memang ada saham2 yang fundamentalnya bagus seperti ITMG AALI INDF ICBP yang pernah membagikan dividen interim. 

Namun frekuensi dividen interim saham2 tersebut masih lebih sedikit daripada yang kita bahas diatas tadi. Dan banyak juga saham yang walaupun pernah membagikan dividen interim, tetapi harga sahamnya sangat tidak likuid misalnya BLUE, TGKA, IMPC. Sehingga, saham2 tersebut juga kurang menarik secara fundamental dan teknikal. 

Jadi buat anda yang ingin mencari dividen besar, anda bisa pertimbangkan membeli saham yang bagi dividen 2 kali setahun. Pertimbangkan untuk memilih saham2 yang selalu rutin membagi dividen interim, sahamnya likuid, banyak ditransaksikan plus merupakan perusahaan market leader. 

Untuk gampangnya, kalau anda mau screening lagi saham2 yang paling menarik, anda bisa investasi di saham2 blue chip itu tadi yaitu antara BBCA UNVR ASII UNTR. Apalagi nilai dividen per saham dari keempat saham tersebut juga cukup besar.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.