Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bisakah Belajar Saham Sendiri?

Trading dan investasi saham merupakan salah satu alternatif untuk meraih profit dengan cara yang fleksibel. Anda bisa melakukan trading saham secara fleksibel. Anda bisa trading di rumah, atau di tempat manapun senyaman anda, selama anda koneksi internet. 

  


Untuk meraih profit di saham, anda tentu harus memiliki ilmunya. Ilmu-ilmu utama dalam belajar saham adalah ANALISIS TEKNIKAL dan ANALISIS FUNDAMENTAL. 

Saat ini banyak trader dan investor saham pemula yang mencari sumber-sumber untuk belajar saham dan rela membayar mahal untuk join di grup-grup saham premium maupun mengikuti banyak seminar saham. 

Tetapi tidak semua trader pemula memiliki modal untuk itu. Dan tidak semua trader memiliki banyak waktu untuk memantau grup saham, maupun mengikuti seminar-seminar saham. Terlebih jika anda memiliki kesibukan lain selain trading saham. 

Belajar saham sebenarnya tidak harus bergantung pada seminar2 ataupun mengikuti grup saham. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memahami market dan meraih profit. 

Anda sebenarnya bisa belajar saham sendiri (otodidak). Pelajari juga: Langkah-langkah Belajar Saham Otodidak. Sehingga modal yang anda gunakan untuk join di seminar ataupun grup saham premium sebenarnya bisa anda alokasikan buat modal trading. 

Kesimpulannya, anda BISA BELAJAR SAHAM SENDIRI. Anda bisa mendalami analisa chart, laporan keuangan dan memilih saham secara mandiri tanpa harus tergantung orang lain, sehingga anda bisa memahami sendiri cara-cara trading yang cocok buat anda. 

Ada beberapa cara dan media belajar saham yang bisa anda terapkan dalam belajar saham otodidak:  

1. Materi-materi untuk belajar saham mandiri 

Untuk belajar saham mandiri, anda bisa miliki beberapa materi belajar saham yang membahas full praktik & strategi trading serta investasi saham mulai level pemula - expert melalui ebook-ebook saham berikut:  



Ebook Trading & Belajar Saham banyak membahas belajar saham mulai pemula, full analisa teknikal, psikologis trading, manajemen modal. Ebook Trading & Belajar Saham ini membahas semua materi trading yang dibutuhkan semua level trader. 

Ebook Panduan Screening Saham Bagus adalah lanjutan ebook pertama, yaitu strategi2 mencari saham bagus buat trading plus full strategi swing trading dan Moving Average Praktis untuk screening. 

Ebook Intraday & One Day Trading Saham khusus membahas strategi2 trading harian (intraday trading) dan trading dibawah satu minggu.

Rekan-rekan yang ingin belajar analisis fundamental secara otodidak, anda juga bisa pelajari ebook fundamental saham buat level pemula sampai expert disini: 


Ebook Analisis Fundamental Saham membahas full praktik belajar analisis fundamental, analisis laporan keuangan, sampai ke analisa-analisa memilih saham untuk investasi jangka panjang. 

Ebook-ebook saham tersebut bisa anda gunakan sebagai sarana buat belajar saham, sampai ke tahap memilih saham mandiri dengan cara-cara dan analisa simpel tanpa harus tergantung orang lain. 

2. Materi belajar saham free yang lengkap 

Jika anda ingin belajar saham free, anda juga bisa pelajari analisa-analisa yang ada di web Sahamgain.com ini, di mana ulasan-ulasan di web Saham Gain banyak membahas analisa market, saham, psikologis trading yang sesuai dengan kondisi market, sehingga bisa menambah wawasan dan pengambilan keputusan trading yang tepat. 

3. Fokus analisa chart atau laporan keuangan 

Untuk rekan--rekan yang ingin bisa belajar saham sendiri, anda harus fokus untuk menganalisa chart jika ingin trading saham. Dan perdalam analisa fundamental jika anda punya tujuan investasi saham. 

Karena jika anda ingin menjadi mahir di pasar saham, anda harus FOKUS dan menambah jam terbang pada analisa-analisa saham. Dari pengalaman saya pribadi, saya sendiri justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk menganalisa saham sendiri, yaitu untuk menganalisa chart, pola-pola saham. 

Sehingga, semakin sering kita melakukan analisis saham, kita juga akan lebih paham sendiri saham-saham yang momentumnya bagus untuk trading, maupun saham-saham yang berisiko (sebaiknya dihindari). 

4. Luangkan lebih banyak waktu untuk analisa saham 

Belajar saham sendiri berarti anda perlu meluangkan waktu untuk fokus menganalisa saham. Nah, kalau selama jam trading anda lebih banyak memantau grup saham saham.  

Atau selama waktu luang anda lebih banyak mengikuti seminar-seminar dan gathering saham, hal ini akan menyita waktu yang seharusnya bisa anda gunakan buat fokus analisis saham mandiri.

Jadi, gunakan waktu luang anda untuk 'menyendiri' dan menganalisa saham. Anda bisa menganalisa saham saat weekend, atau saat setelah Bursa saham tutup. Dengan cara ini, anda akan menjadi trader yang lebih mahir dan bisa memilih saham otodidak. 

Itulah cara-cara yang bisa rekan-rekan terapkan untuk belajar saham mandiri. Dalam praktik trading, kalau anda ingin mendapatkan profit konsisten, justru sebagian besar waktu trading yang anda punya, harus diluangkan untuk menganalisis dan belajar saham otodidak. 

Karena ketika anda memasuki pasar saham, anda sendiri yang mengambil keputusan trading. Anda menggunakan modal pribadi. Anda menggunakan akun saham sendiri. Sehingga semua keputusan trading 100% tanggung jawab anda. 

Oleh karena itu, belajar saham sendiri justru harus dilakukan oleh semua trader. Untuk trader saham pemula yang baru mulai trading, selalu biasakan untuk belajar dan meluangkan waktu buat menganalisa saham secara otodidak.    

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.