Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memilih Broker / Sekuritas Saham

El Heze

Langkah awal belajar saham dilakukan dengan membuka akun saham di kantor sekuritas. Anda bisa membuka rekening saham secara online (melalui web sekuritas) atau datang langsung ke kantor sekuritas terdekat di kota anda. 


Untuk cara membuka akun di sekuritas atau online, sudah pernah kita bahas pada free ebook (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Anda bisa pelajari kembali. 

Memilih sekuritas tentu tidak bisa dilakukan asal-asalan. Anda harus memilih sekuritas yang kualitasnya bagus, dalam arti: Fiturnya lengkap untuk trader dan investor saham, serta memiliki fee broker yang wajar.

Tips-tips memilih perusahaan sekuritas tidak akan kita bahas di pos ini, karena kita sudah pernah mengulasnya pada pos berikut: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik. Pada pos tersebut, anda bisa melihat aspek-aspek yang harus dianalisa jika ingin memilih perusahaan sekuritas untuk trading / investasi saham. 

Di pos ini, kita akan menggali lebih banyak cara memilih broker saham (sekuritas saham), supaya anda tidak salah. Pada umumnya, setiap sekuritas pasti memiliki menu-menu tampilan umum yang sama, yaitu bisa melihat bid offer, grafik saham, running trade, top stocks, account summary. 

Namun dari sekian banyak sekuritas yang ada, anda mungkin bingung memilih sekuritas apa yang sebaiknya anda gunakan. Supaya anda bisa memilih sekuritas yang tepat, anda bisa coba beberapa tips berikut:  

1. Memilih sekuritas yang banyak dipakai 

Pilihlah sekuritas yang sering digunakan trader/ investor saham. Pilihlah sekuritas yang terkenal seperti Indopremier, BNI Sekuritas, Danareksa, Mirae, Mandiri Sekuritas. Anda juga bisa memilih sekuritas yang deposit minimalnya rendah. Pelajari juga: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

2. Informasi sekuritas melalui web resmi perusahaan sekuritas 

Dalam memilih sekuritas, anda harus punya informasi tentang kelebihan sekuritas tersebut. Cara mengetahuinya, anda sebaiknya sering cek melalui website resmi sekuritas. 

Kalau anda sering bertanya-tanya tentang berapa besar fee sekuritas tertentu, apakah indikator chart-nya lengkap, apakah chartnya delay atau tidak, maka anda bisa langsung menuju web resmi sekuritas untuk melihat informasi2 tentang online trading yang diberikan sekuritas. 

Sebagai contoh, disini kita akan coba masuk ke website Danareksa Sekuritas (Dmia.Danareksaonline.com) untuk melihat informasi2 fee sekuritas dan lain2. 

Untuk melihat fasilitas-fasilitas yang diberikan sekuritas, anda bisa masuk ke manu FAQ sebagai berikut: 


Di menu FAQ, anda bisa melihat informasi2 mengenai fasilitas yang diberikan sekuritas pada calon nasabah. Salah satunya adalah fee beli dan jual sekuritas seperti berikut: 


Jika anda ingin melihat besarnya fee sekuritas, anda bisa melihat pada menu FAQ. Pada contoh situs Danareksa diatas, fee sekuritas untuk trading online adalah 0,17% (fee beli) dan 0,27% (fee jual). 

Besarnya fee tiap sekuritas berbeda-beda. Anda bisa lihat informasi fee sekuritas melalui web resmi sekuritas, dan biasanya ditampilkan pada menu FAQ sekuritas. 

Kemdian kalau anda ingin membuka rekening saham secara online, di situs sekuritas juga menyediakan langkah2 dan instruksi membuka rekening saham online, serta formulir pembukaan rekening online yang bisa langsung anda download. Di web Danareksa, anda bisa lihat melalui menu Download Formulir. Contohnya seperti berikut:


Setiap perusahaan sekuritas biasanya juga memberikan dummy / demo trading. Jadi anda bisa download dan menggunakan software trading yang disediakan oleh kantor sekuritas. 

Disitulah anda bisa melihat menu-menu, fitur, tampilan, kelengkapan software sekuritas online trading. Dengan cara tersebut, anda bisa melihat secara langsung apakah menu2 trading online yang disediakan sekuritas fitur2nya lengkap, real time dan membuat anda nyaman atau sebaliknya. 

Pada situs Danareksa, anda bisa download software online trading untuk demo trading melalui menu dummy account berikut: 


Jika anda ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan software sekuritas, salah satu caranya bisa anda lakukan dengan menggunakan akun demo trading yang disediakan di situs sekuritas. 

Cara ini juga sama jika anda ingin melihat menu-menu dan informasi di sekuritas yang bersangkutan. Sehingga, anda bisa memilih sekuritas yang terbaik berdasarkan fee brokernya, dan fasilitas2 di software online trading yang diberikan. 

3. Tujuan trading harian: Pilih sekuritas yang fee-nya kecil

Jika anda berencana trading saham jangka pendek dan trading harian, saran saya carilah sekuritas yang fee beli jual-nya rendah. At least pilihlah sekuritas yang menerapkan fee beli dan jual tidak lebih dari 0,18%. 

Contohnya seperti Mirae Sekuritas yang fee beli jualnya hanya 0,15% dan 0,25% atau BNI Sekuritas yang fee beli jualnya 0,17% dan 0,27%. 

Karena trading harian dilakukan dengan frekuensi lebih banyak. Artinya, jika fee beli jual sekuritas besar, anda harus menanggung fee lebih banyak dari transaksi trading anda. Anda juga harus menjual saham dengan harga lebih tinggi untuk menutup fee supaya bisa profit. 

Jadi untuk yang ingin trading harian, pilihlah sekuritas yang fee beli jualnya relatif rendah. 

4. Tujuan investasi saham: Pilih sekuritas yang menu-nya lengkap

Jika tujuan anda investasi saham, pilihlah sekuritas yang tampilan dan menu-menunya lengkap. Pilih sekuritas yang menampilkan data-data fundamental yang cukup lengkap. 

Salah satunya adalah Indopremier Sekuritas (IPOT). Kalau tujuan anda investasi saham, anda tidak perlu terlalu memperhatikan fee sekuritas. 

Itulah pentingnya anda mencoba demo trading yang disediakan masing-masing sekuritas. Tujuannya supaya anda bisa melihat semua fitur online trading dan kelebihan2 yang dimiliki sekuritas.

Buat anda yang bingung bagaimana cara memilih broker saham, anda bisa menerapkan cara-cara memilih sekuritas terbaik di pos ini. SALAM PROFIT. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.