Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Cara Membeli Saham Maybank

El Heze
Di Indonesia ada banyak perusahaan perbankan yang cukup ternama. Yap, salah satunya adalah Bank Maybank. Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu bank swasta yang terkenal di Indonesia. 



Maybank merupakan perusahaan yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Artinya Maybank adalah perusahaan go public. Anda sebagai masyarakat umum punya kesempatan untuk memiliki saham Maybank tersebut. 

Perusahaan Maybank bernama PT Bank Maybank Indonesia Tbk. Berikut adalah panduan cara membeli saham Maybank: 

1. Login ke software trading, pilih menu Trade --> Buy



Setiap pembelian saham dilakukan secara online melalui software online trading. Jadi untuk membeli saham, anda bisa langsung login ke software trading dan pilih menu Buy saham. 

Di pos ini, saya menggunakan contoh software trading dari Danareksa Online. Kalau anda menggunakan sekuritas yang berbeda, sebenarnya semua menu saham sama saja, hanya berbeda tampilan. Anda bisa menyesuaikan dengan tampilan software anda masing2.  

Sedangkan kalau anda belum memiliki akun software trading, anda harus membuka akun saham terlebih dahulu di kantor sekuritas terdekat atau secara online. 

Panduan membuka akun saham di kantor sekuritas ataupun secara online, bisa anda pelajari pada free ebook (33 halaman) berikut ini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Anda bisa download langsung melalui 4shared.  

2. Setelah klik menu Buy, muncullah menu order buy seperti berikut: 

Cara beli saham Maybank
Perhatikan nomor 1. Untuk membeli saham Maybank, anda harus ketikkan kode sahamnya. Kode saham  PT Bank Maybank Indonesia Tbk adalah BNII. Setelah ketikkan kode sahamnya, muncullah antrian harga saham BNII seperti pada tanda persegi ungu diatas. 

Antrian harga saham tampak dalam bid (permintaan beli) dan offer (penawaran jual). Untuk melihat harga saham terakhir, anda bisa lihat pada harga offer yang paling atas, yaitu Rp208. 

Kalau anda belum paham cara membaca antrian harga saham, anda bisa pelajari disini: Permintaan dan Penawaran (Bid-Offer) di Pasar Saham. 

Perhatikan nomor 2. Anda harus masukkan harga beli (Price) dan jumlah lot (Lots) yang anda inginkan. Katakanlah anda ingin membeli saham Maybank di harga Rp208 sebanyak 30 lot, maka modal yang harus anda keluarkan adalah: Rp208 x 30 lot x 100 lembar saham = Rp624.000.

Jangan lupa untuk menambahkan dengan fee transaksi beli dari sekuritas. Anda bisa pelajari tentang fee sekuritas disini: Fee Jual Beli Saham dan Cara Menghitungnya. 

Perlu anda ketahui, lot merupakan satuan perdagangan saham, di mana 1 lot = 100 lembar saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot dan kelipatannya (2 lot, 3 lot, 4 lot dan seterusnya). 

Perhatikan nomor 3. Setelah anda memasukkan harga beli dan jumlah lot yang diinginkan, klik tombol BUY. Dengan demikian, anda sudah dinyatakan memiliki saham Maybank. Langkah2nya sangat mudah. Semuanya bisa dilakukan secara online.  

4. Analisis grafik saham Maybank

Tujuan kita membeli saham adalah untuk mendapatkan profit / keuntungan. Oleh karena itu, anda harus melakukan analisa teknikal sebelum membeli saham, yaitu dengan analisa grafik saham Maybank. 

Saham Maybank
Dengan analisa teknikal, anda bisa menganalisa apakah harga saham Maybank sudah bagus dibeli atau belum. Anda bisa melihat titik support resisten saham tersebut. Anda bisa melihat apakah harga saham sudah murah atau masih terlalu mahal. Pelajari juga panduan belajar analisa teknikal saham disini: Analisis Teknikal untuk Profit Maksimal.

Itulah panduan cara membeli saham Maybank. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.