Blog edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Perbedaan Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional

El Heze
Ada bermacam-macam struktur kepemilikan saham di sebuah perusahaan. Saham perusahaan yang go public bisa dimiliki oleh semua kalangan, termasuk masyarakat umum. Nah, pada pos ini saya akan menjelaskan sedikit perbedaan antara kepemilikan manajerial dengan kepemilikan institusional. Dua jenis kepemilikan ini seringkali menjadi bahan pertanyaan. 

 Kepemilikan manajerial

Sesuai namanya, kepemilikan manajerial berarti adalah perbandingan kepemilikan saham manajerial dibandingkan dengan jumlah saham yang beredar di pasar saham. Dengan kata lain, kepemilikan manajerial merupakan besaran proporsi saham biasa yang dimiliki oleh manajemen (direksi dan komisaris).

Kepemilikan manajerial akan berpengaruh terhadap kinerja manajemen. Semakin besar kepemilikan manajerial, maka manajemen akan semakin berusaha memaksimalkan kinerjanya, karena manajemen semakin memiliki tanggung jawab untuk memenuhi keinginan manajemen, yang dalam hal ini termasuk dirinya sendiri. 

Kepemilikan manajerial memiliki kaitan erat dengan masalah keagenan (agency problem). Semakin besar kepemilikan saham direksi / komisaris, mereka akan lebih peduli untuk 'mempercantik' kinerja perusahaan. Mereka akan berusaha mengurangi risiko keuangan dengan cara menjaga tingkat utang dan meningkatkan laba bersih. 


Kepemilikan institusional

Kepemilikan institusional merupakan kepemilikan saham di perusahaan yang dimiliki oleh lembaga keuangan non bank yang mengelola dana atas nama orang lain. Ingat kata kuncinya adalah: Dimiliki oleh lembaga keuangan non bank. 

Contoh lembaga keuangan non bank: Perusahaan asuransi, perusahaan investasi, perusahaan reksadana, dealer pasar uang, perusahaan leasing, perusahaan dana pensiun, perusahaan pembiayaan konsumen dan lembaga non bank lainnya.

43 komentar:

  1. maaf mau tanya, ini referensi dari buku siapa ya kalo boleh tau? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brigham & Houston (manajemen keuangan).

      Namun, saya menggunakan bahasa sendiri untuk menjelaskan, supaya lebih mudah dimengerti pembaca

      Semoga membantu

      Delete
    2. maaf kalau boleh tau materi ini didalam buku brigham dan houston ada di bab yang membahas tentang apa ya? terimakasih

      Delete
    3. ada di Brigham dan Houston 2009 halaman 27-30

      Delete
  2. mau tanya. apakah kepemilikan institusional hanya yang diatas 5% atau yang dibawah 5% juga termasuk? ini kalau dalam hal melihat pengambilan angka untuk skripsi. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepemilikan institusional termasuk dibawah 5% atau diatas 5%. Yang penting lembaga keuangan non bank memiliki sahamnya

      Delete
  3. maaf mau tanya. bagaimana dengan saham yang dimiliki oleh investor publik individual. apakah masuk ke kepemilikan institusional? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbeda.. Kepemilikan institusional adalah lembaga.. Sedangkan kepemilikan individual adalah kepemilikan publik perorangan atau biasa disebut sebagai investor ritel

      Delete
  4. maaf mau tanya. kalau kepemilikan institusional itu adalah lembaga keuangan non bank. apakah juga termasuk lembaga keuangan non bank yg diluar negeri (asing) ? terimakash :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non-bank asing termasuk dalam kepemilikan institusional.. Kepemilikan institusional dalam perusahaan go public tidak melihat kepemilikan lokal maupun asing

      Delete
  5. informasi yg sngat bermanfaat sekali :)
    maaf mau tanya. kalau kepemilikan institusional itu adlah lmbaga keuangan nonbank apakah juga termasuk yg luar negeri (asing)? terimaksh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non-bank asing termasuk dalam kepemilikan institusional. Kepemilikan institusional dalam perusahaan go public tidak melihat kepemilikan lokal maupun asing..

      Delete
  6. Maaf mau tanya, ada referensi dari buku lain ga ya? Tentang kepemilikan institusional?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini saya pakai Brigham & Houston. Untuk referensi lain silahkan googling saya rasa pasti ada

      Delete
  7. bagaimana dengan saham yang di milik oleh perusahaan yang bersangkutan apakah itu dapat dalam kategori institusional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saham yang dimiliki oleh manajemen perusahaan sendiri masuk dalam kepemilikan manajerial..

      Delete
  8. Maaf kk mau nanya, saya sedang ngerjakan skripsi, kebetulan saya data sekunder, di laporan keuangan terdapat modal saham bank, apa bank juga merupakan kepemilikan institusional gk? Dan perusahaan reksadana mksdnya gmn kk, misalnya reksadana PT x gtu y kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bank tidak termasuk dalam kepemilikan institusional. Perusahaan reksadana ada banyak silahkan anda googling. Kepemilikan insitusional bisa juga termasuk dalam perusahaan sekuritas

      Delete
  9. Saya ingin bertanya apakah saham yg dimiliki pemerintah terhadap sebuah bank termasuk kepemilikan intitusional? terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepemilikan institusional adalah kepemilikan lembaga keuangan non-bank, jadi saham yang dimiliki pemerintah terhadap perbankan bukan termasuk kepemilikan institusional.

      Delete
  10. maaf kak mau tanya cara mencari jumlah saham yang di miliki oleh dewan komisaris dilaporan keuangan gimana ya.?? mohon bantuannya kak terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepemilikan saham oleh Dewan Komisaris dan Direksi umumnya akan ditampilkan dalam laporan tahunan, bukan laporan keuangan kuartalan.

      Laporan tahunan bisa anda download di IDX. Tapi perlu anda ketahui, tidak semua perusahaan mencantumkan jumlah kepemilikan ini.

      Karena pengungkapan kepemilikan saham Direksi dan Komisaris adalah bagian dari tata kelola serta bukan merupakan keharusan untuk mengungkapkan, maka tidak semua perusahaan go public mengungkapaknnya dalam laporan tahunan.

      Biasanya, perusahaan2 besar pasti akan mengungkapakan jumlah, komposisi dan persentase kepemilikan saham Komisaris dan Direksi. Sedangkan, banyak perusahaan2 skala kecil, laporan tahunannya kurang mengungkapkan informasi2 tersebut.

      Delete
  11. selamat siang mau tanya apakah kepemilikan terkonsentrasi sama dengan kepemilikan individual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepemilikan terkonsentrasi bisa jadi individu atau institusi.. Kepemilikan dengan jumlah saham di suatu perusahaan yang porsinya sangat besar tidak harus dimiliki oleh individu, namun bisa juga dimiliki institusi.

      Biasanya kepemilikan terkonsentrasi untuk kepemilikan individual banyak kita temui di perusahaan keluarga, karena hampir seluruh kepemilikannya dimiliki oleh Direksi dan Komisarisnya alias merekalah yang sebenarnya juga pemiliki perusahaan tersebut..

      Di Bursa Efek, banyak emiten2 skala kecil (yang sebenarnya itu adalah perusahaan keluarga) yang kepemilikannya sangat terkonsentrasi pada kepemilikian individu..

      Delete
  12. maaf mau tanya, apakah perseroan terbatas (PT) semuanya termasuk dalam kepemilikan institusional?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak.. Hanya PT yang termasuk dalam LKNB saja yang masuk dalam kepemilikan institusional

      Delete
  13. Di dalam jurnal Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 11, November 2016 oleh liliy menyebutkan "Kepemilikan institusional, yaitu kepemilikan
    saham oleh pemerintah, institusi berbadan hukum, institusi keuangan, institusi luar negeri,
    dana perwalian dan institusi lainnya".

    apakah kepemilikan saham perintah termasuk dalam kategori kepemilikan institusional ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembaga keuangan non bank ada yang dimiliki swasta dan pemerintah. Jika LKBB masuk dalam perusahaan pemerintah, maka termasuk di kepemilikan institusional

      Delete
  14. Selamat malam....
    saya seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi..
    saya ingin bertanya karena saya masih sangat bingung.
    Contoh perusahaan astra internasional yang saham nya sebagian 50% dimiliki JC&C sebuah perusahaan dan sebagian 49,..% lagi dimiliki publik/masyarakat, dan sebagian kecil dimiliki oleh 2 orang direktur dan komisaris perusahaan.
    apakah JC&C termasuk kepemilikan intitusional ???
    apakah publik termasuk kepemilikan institusioal???
    apakah 2 orang direktur dan komisaris tadi termasuk kepemilikan manajerial???

    terimakaih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang..

      1. Anda harus cari tahu apakah JC&C termasuk dalam kriteria perusahaan2 seperti yang saya tuliskan diatas. Kalau ya, berarti JC&C masuk dalam kepemilikan institusional.

      2. Publik tidak termasuk dalam kepemilikan institusional. Publik yang dimaksud di LK adalah masyarakat.

      3. Sesuai definisi, maka direktur dan komisaris yang punya saham perusahaan sendiri, masuk dalam kepemilikan manajerial.

      Delete
  15. Maaf mau tanya, cara lihat kepemilkan institusional dan kepemilikan manajerial pada laporan keuangan perbankan. Mohon bantuannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di laporan keuangan biasanya tidak dijelaskan secara spesifik yang mana kepemilikan manajerial dan institusional.

      Namun kalau di LK, pada struktur pemegang saham (biasanya ada di CALK), anda menemukan direksi dan komisaris perusahaan yang punya saham perusahaan sendiri, maka itu adalah kepemilikan manajerial.

      Sedangkan jika ada perusahaan2 lain yang punya saham perusahaan tersebut, dan masuk dalam kriteria yang saya tuliskan diatas tentang kepemilikan insitusional, maka perusahaan2 tsb masuk dalam kepemilikan institusional. Untuk mencari perusahaan2 mana yang masuk dalam institusional, anda harus cari tahu (dengan googling).

      Semoga membantu

      Delete
  16. bagaimana melihat jumlah saham yang beredar tiap tahun dlm lap.keuangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah saham beredar di LK bisa anda lihat di catatan atas laporan keuangan, atau di laporan tahunan perusahaan. Bisa anda download LK maupun LT-nya di IDX..

      Atau jika perusahaan tidak mencantumkan jumlah saham beredar di LK maupun LT, anda bisa cari langsung di situs IDX, short per tanggal 28 atau 29 Desember, tergantung hari terakhir Bursa saham di tahun tersebut. Bisa lihat disini:

      http://www.sahamgain.com/2016/12/cara-mendapatkan-data-jumlah-saham.html

      Delete
  17. Apakah perusahaan induk/anak termasuk kepemilikan institusional?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika perusahaan anak adalah perusahaan2 keuangan non bank, maka perusahaan tersebut masuk dalam kepemilikan institusional

      Delete
  18. apakah perusahaan sektor financial juga termasuk ke dalam kepemilikan institusional?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sektor financial adl perbankan. Perbankan tidak termasuk dalam kepemilikan insititusional..

      Delete
  19. Maaf saya mau tanya, kalau lihat di CALK dibagian modal saham itu terdapat 2 opsi (misalnya (1) Pemerintah Republik Indonesia (2) Masyarakat masing-masing dibawah 5%) pertanyaannya itu masuk kepemilikan institusional gak ya ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua2nya tidak masuk kepemilikikan institusional. Sesuai definisi, kepemilikan institusional berarti perusahaan / lembaga tersebut mengelola dana atas nama orang lain (non bank)

      Pemerintah tidak mengelola dana atas nama orang lain, yang mengelola dana atas nama orang lain contohnya adalah yayasan swasta, perusahaan asuransi, perusahaan investasi dan lain2.

      Sedangkan masyarakat yang dimaksud di CALK adalah individu yang punya saham perusahaan. Tentu saja masyarakat tidak masuk di kategori ini

      Delete
  20. maaf ingin bertanya, jika dalam laporan keuangan di "modal saham" disebutkan kepemilikan lembaga asuransi, tapi 67%. apakah termasuk kepemilikan institusiona ? dan adakah minimal presentasi kepemilikan untuk dapat dikatakan kategori institusinal tersebut ? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapapun persentasenya, kalau memenuhi persyaratan perusahaan lembaga keuangan non bank (institusional), maka termasuk dalam kepemilikan institusional.

      Berarti perusahaan asuransi tersebut termasuk dalam kepemilikan institusional.

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.