Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Memantau (Watchlist) Saham

El Heze
Beberapa waktu lalu saya mendapatkan pertanyaan cukup bagus dari rekan trader. Berikut pertanyaannya: 

"Bung Heze, bagaimana caranya memantau saham yang baik?" Soalnya seringkali saham kalau nggak kita pantau, seringkali saya ketinggalan harga yang bagus. Dan bagaimana juga cara kita bisa memantau saham-saham buat trading dari sekian banyak saham di Bursa Efek?"

Kalau anda seorang trader saham, anda memang harus menyempatkan diri untuk memantau saham. Yap, karena sebagai trader, anda kan memanfaatkan fluktuatif harga saham untuk meraih profit (beli dan jual saham di harga lebih tinggi). Baca juga: Konsep Trading Saham: Beli Saat Mau Naik, Jual Saat Mau Turun.

Bahkan seorang investor pun harus memantau sahamnya juga, walaupun nggak sesering trader. 

Terus, bagaimana caranya memantau saham yang efektif supaya kita bisa beli saham yang bagus, plus nggak ketinggalan momentum? 

Terkait cara memantau saham, ada dua poin yang perlu kita bahas: Pertama, kapan waktu yang efektif buat memantau saham? Kedua, saham-saham apa saja yang sebaiknya dipantau (dari sekian banyak saham yang ada). 

KAPAN WAKTU EFEKTIF UNTUK MEMANTAU SAHAM? 

Memantau saham bisa dilakukan kapan saja selama jam trading. Kalau anda cenderung punya lebih banyak waktu untuk memonitor saham, tidak masalah anda pantau saham lebih sering. 

Namun buat anda yang tidak punya banyak waktu memantau saham, anda tidak perlu pantau saham tiap saat. Anda bisa pantau saham saat jam istirahat kerja (jam 12). Atau anda lakukan analisis grafik (chart) saat malam hari (setelah pulang kerja) dan saat pagi hari (sebelum anda berangkat kerja). 

Anda bisa membeli saham dengan cara memasang order buy sell sebelum jam trading (jam 7-8 pagi sebelum market buka), atau pasang order saat jam istirahat (jam 12). 

Anda tidak perlu menunggu jam pasar saham buka untuk memasang order beli dan jual. Namun kalau anda sedang luang di saat jam trading, anda bisa sesekali memantau market (chart, bid offer, pergerakan IHSG) supaya anda bisa lebih paham juga dengan kondisi market. 

Anda bisa pelajari beberapa tulisan saya disini: Fitur Software Online Trading yang Bagus dan Trading Saham, Haruskah Pantau Layar Tiap Menit? 

SAHAM-SAHAM APA SAJA YANG SEBAIKNYA DIPANTAU? 

Ini yang seringkali menjadi kendala para trader. Dari sekian banyak saham di Bursa Efek, sama mana saja yang sebaiknya dimasukkan ke dalam watchlist? 

Saran saya, kalau anda bingung harus memantau saham-saham apa saja, pantaulah dahulu saham2 yang ada di indeks LQ45, karena saham2 LQ45 berisi 45 saham yang paling likuid pergerakannya di Bursa Efek. 

Saham2 LQ45 pergerakan harganya juga lebih mudah dianalisa menggunakan analisis teknikal. Saham2 tersebut bisa anda pantau dan anda manfaatkan / prioritaskan untuk trading. 

Anda bisa pelajari juga cara-cara memilih saham yang bagus untuk trading, supaya anda bisa mendapatkan stock pick berkuaitas disini: Panduan Simpel & Efektif Screening Saham Bagus. 

Jadi di dalam trading saham, anda tidak membuang banyak waktu untuk memilih saham satu per satu untuk dilihat. Anda bisa memprioritaskan saham2 tertentu untuk watchlist. 

Catatan: Sering tidaknya memantau saham selain menyesuaikan dengan waktu dan kesibukan anda, anda juga harus sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Kalau anda tipikal trader yang sudah terbiasa memantau saham, ya anda harus sesuaikan dengan kebutuhan trading anda. 

Sedangkan kalau anda adalah tipikal trader yang tidak suka memantau saham terlalu banyak, anda bisa pertimbangkan strategi SWING TRADING atau POSITIONING TRADING. Saran saya, jangan mudah percaya dengan saran-saran trader misalnya: 

"Jangan mantau saham terlalu sering, nanti malah pusing sendiri"

Anda sendiri yang harus menyesuaikan kebutuhan trading anda. Kalau anda merasa memantau saham membuat anda tidak ketinggalan momen2 untuk trading, teruskan cara anda. Tapi kalau dengan memantau saham terus-menerus anda malah jadi bingung sendiri, kurangi frekuensi memantau saham.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.