Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Dividend Trap Saham: Contoh dan Pola

Dividen merupakan salah satu keuntungan yang bisa anda peroleh di saham selain capital gain (kenaikan harga saham). Sebagai trader saham, saya pribadi juga selalu mengincar dividen, terutama di saham-saham blue chip.

Karena mayoritas saham blue chip dan saham LQ45 harga sahamnya biasanya akan naik sebelum / menjelang pembagian dividen. Jika kita koleksi sahamnya jauh2 hari, kalaupun nggak dapat dividen dan jual di tanggal cum date, maka capital gainnya udah lebih gede dari dividen yang didapatkan. 

Hal ini karena banyak saham yang harganya akan langsung anjlok setelah cum date alias pada hari ex datenya. Inilah yang disebut dengan dividend trap. 

Kalau anda belum tahu tentang istilah2 dividen (cum date, ex date dan lain2), anda bisa baca lagi pos saya disini: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen. 

Kembali lagi ke pembahasan dividen trap. Dividen trap bisa terlihat dari grafik saham antara tanggal cum date dan ex date, di mana pada tanggal ex date harga saham akan langsung dibuka anjlok (sebesar kurang lebih nilai dividennya), sehingga membentuk gap down candle yang cukup renggang. 

Di pos ini, saya akan memberikan contoh-contoh pola dividend trap yang terjadi pada saham-saham, terutama yang sering bagi dividen. Oke langsung saja, perhatikan grafik-grafik saham dibawah ini: 


Dividend trap saham TLKM. Perhatikan TLKM sebelumnya naik tinggi. Setelah itu, di tanggal ex date (tanda panah) TLKM langsung jatuh dan membentuk gap down (tanda lingkaran).  


Dividend trap BJTM. Saham BJTM naik tinggi sebelumnya. Tapi setelah ada pengumuman dividen dan pada saat tanggal ex date, BJTM langsung jatuh dan membentuk gap down yang cukup lebar (tanda lingkaran).  Fyi, di BJTM ini seringkali terjadi dividend trap.  


Dividend trap saham BMRI. Demikian juga dengan BMRI yang beberapa hari sebelum bagi dividen sahamnya langsung naik drastis. Namun setelah tanggal cum date, sahamnya langsung anjlok (tanda panah dan tanda lingkaran).  


Dividend trap JSMR. Di pola ini memang dividend trapnya nggak seberapa kelihatan. Karena JSMR nggak diawali dengan kenaikan seperti kebanyakan saham yang mau bagi dividen. 

Justru JSMR harganya bisa anda lihat, koreksi terus menjelang pembagian dividen. Namun, saat tanggal ex date dividen, JSMR turun lebih drastis dan penurunan ini terjadi sampai tiga hari berturut-turut, sebelum akhirnya rebound. 

Jadi jika anda beli saham di tanggal cum date (dan nggak anda jual sampai besok) atau bahkan beli saat ex datenya, lalu saham anda langsung anjlok, maka inilah yang dinamakan dengajn TRAP. Anda kena jebakan dividen. 

Karena pelaku pasar biasanya bakalan jual saham secara masif setelah dapat dividen, tepatnya di tanggal ex date. 

Dividend trap tidak selalu terjadi. Terkadang ada saham yang tidak turun drastis pada saat tanggal ex date dividen. Hal ini seringkali terjadi pada saham2 yang harganya sideways menjelang pembagian dividen.   

Lalu bagaimana cara mengatasi dividend trap? Well, di pos ini saya sudah pernah menjelaskan dengan komplit tentang dividend trap dan bagaimana anda mengatasi dividend trap yang kerap kali terjadi di pasar saham. Baca pos saya disini: Dividend Trap Saham dan Cara Mengatasinya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.