Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Modal Sendiri di Laporan Keuangan

Dalam analisa laporan keuangan, istilah 'Modal' atau 'Modal Sendiri' merupakan istilah yang tidak asing bagi kita. Dalam praktiknya, masih banyak yang bingung bagaimana cara mencari modal sendiri di laporan keuangan

Perlu anda pahami dahulu konsepnya, bahwa laporan keuangan perusahaan memiliki rumus / persamaan sebagai berikut: Aset = Utang (Kewajiban) + Modal (Ekuitas). 

Itu artinya, aset yang dimiliki oleh perusahaan didapatkan dari dua pendanaan, yaitu pendanaan melalui utang dan pendanaan melalui modal alias ekuitas. Pendanaan melalui utang disebut juga pendanaan yang didapatkan melalui orang lain / pihak ketiga. 

Sedangkan pendanaan melalui modal atau ekuitas inilah yang disebut sebagai MODAL SENDIRI, karena pendanaan melalui modal adalah pendanaan yang didapatkan tanpa melalui pihak ketiga alias menggunakan modal pemilik. 

Nah, bagaimana cara mencarinya di laporan keuangan? Cukup mudah. Cara mencari modal sendiri di laporan keuangan berarti anda harus mencari TOTAL EKUITAS. Total ekuitas bisa dilihat pada laporan posisi keuangan (neraca) dan laporan ekuitas / perubahan modal. Berikut cara mencari modal sendiri di laporan keuangan:

1. Melihat total ekuitas di laporan posisi keuangan / neraca

Pertama-tama, anda harus download laporan keuangan dulu. Caranya bisa anda lihat disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan.

Disini saya menggunakan contoh laporan keuangan PT Ace Hardware Tbk (ACES). Perhatikan laporan posisi keuangan ACES terutama pada bagian ekuitas. 


Cara mencari modal sendiri di laporan keuangan - Laporan neraca 
Laporan neraca terdiri dari laporan aset, liabilitas dan ekuitas. Untuk mencari modal sendiri, anda perlu lihat LAPORAN EKUITAS, yaitu pada total ekuitas. Pada contoh diatas, total ekuitas periode berjalan adalah Rp4.235.471.045.929 (tanda persegi hijau). Itulah yang dinamakan dengan modal sendiri. 

2. Melihat total ekuitas di laporan perubahan modal / ekuitas 

Cara lainnya, anda bisa melihat modal sendiri di laporan perubahan modal / ekuitas. Perhatikan laporan perubahan modal ACES dibawah ini: 
Cara mencari modal sendiri di laporan keuangan
Untuk mencari modal sendiri di laporan ekuitas periode berjalan, anda bisa lihat total ekuitas yang kanan bagian paling bawah (perhatikan tanda persegi hijau). Nilai total ekuitas di laporan perubahan modal pasti akan sama dengan nilai total ekuitas di laporan perubahan modal. 

Modal sendiri alias ekuitas di laporan keuangan secara umum rumusnya adalah: Modal saham + tambahan modal disetor + saldo laba - dividen yang dibayarkan. 

Itulah cara mencari modal sendiri di laporan keuangan

2 komentar:

  1. kalau mencari modal pinjaman di laporan keuangan caranya gmna ya ? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modal pinjaman sama dengan kewajiban / utang / liabilitas. Bisa cari di laporan posisi keuangan (neraca) pada bagian liabilitas (kewajiban) jangka pendek dan jangka panjang

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.