Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Saham Harian, Kenapa Tidak?

El Heze
Beberapa trader saham biasanya suka melakukan strategi swing trading (menyimpan saham diatas satu minggu). Beberapa trader lainnya biasanya lebih suka menyimpan saham beberapa bulan. 

Tetapi tentu saja tidak semua trader memiliki target-target time frame yang sama. Banyak juga trader yang saya temui lebih suka membeli dan menjual saham dalam rentang waktu yang lebih singkat, yaitu dalam jangka waktu harian alias intraday trading. Saya pernah menulis sedikit tentang intraday trading disini: Saham yang Bagus untuk Trading Harian. 

Para trader yang tidak suka menyimpan saham dalam waktu yang lama. Para trader yang ingin bisa mendapatkan profit dalam jangka waktu yang lebih singkat, pada umumnya akan lebih cenderung melakukan strategi trading saham harian. 

Saya pribadi juga menerapkan strategi trading harian selain swing trading, karena dalam beberapa analisa, banyak juga saham2 yang sebenarnya sangat bagus untuk trading harian. Praktik trading harian bisa anda dapatkan materinya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Namun memang saya masih sering menemukan banyak persepsi yang salah tentang trading saham harian ini. Banyak trader yang menganggap bahwa trading harian identik dengan gambling. Trading harian dilakukan tanpa analisa. Trading harian harus mengincar saham-saham gorengan. Trading harian harus untung puluhan persen dalam sehari. 

Anggapan-anggapan seperti ini tidak benar. Dan pola pikir seperti inilah yang justru membawa trader ke jalur trading harian yang salah, yang bisa menyebabkan anda hanya menjadi spekulan. Trading harian tetap harus dilakukan analisa yang benar, dengan cara memilih saham-saham yang tepat. Baca juga: Analisa untuk Trading Harian. 

Ada banyak keuntungan trading harian: 

- Bisa mendapatkan profit yang relatif lebih cepat dan sering 

Dengan trading harian, anda bisa mendapatkan profit saham yang lebih sering ketimbang anda membeli saham untuk anda simpan dalam waktu yang agak panjang. 

Trading harian bisa menjadi solusi untuk anda yang tidak ingin hold saham terlalu lama, dan bisa mendapatkan profit yang relatif singkat, dengan frekuensi yang lebih sering. 

- Mengasah ketajaman analisa teknikal 

Trading harian berarti anda harus lebih sering memantau market, memantau pergerakan saham, mengamati saham2 mana yang likuid dan tidak, memantau analisa teknikal. Dengan lebih sering memantau pergerakan saham secara real time, anda akan menjadi trader saham yang lebih mahir, dan kemampuan anda untuk melakukan analisa teknikal akan lebih teruji. Hal ini sudah saya alami sendiri.  

- Anda bisa 'memutar' modal trading anda lebih efektif 

Anda yang memiliki modal menganggur (idle money), dan ingin mendayagunakan modal anda, anda bisa melakukan strategi trading harian. Dengan demikian, modal menganggur anda akan lebih efektif, karena anda bisa menggunakannya untuk trading, ketimbang anda menyimpan / hold saham terlalu lama. 

Dan masih banyak keuntungan2 lain dari trading saham harian. Salah satu keuntungan lainnya anda bisa menghindari risiko saham anda setelah naik (karena anda sudah menjual lebih awal). 

Jadi anda yang ingin melakukan trading harian, menganalisa saham2 yang bagus untuk trading cepat, why not? Semua tergantung dari preferensi anda sebagai trader. Tidak ada salahnya anda melakukan trading harian. 

Namun sekali lagi, anda harus melakukannya dengan cara dan analisa yang benar. Bukan asal membeli saham gorengan. Bukan gambling. Dan jangan trading harian hanya karena anda ingin cepat kaya. 

Pos ini sekaligus menjawab keraguan para trader yang pernah bertanya pada saya tentang trading harian. Banyak trader yang bertanya pada saya apakah trading harian ini berbahaya? Apakah trading harian gambling? Apakah investasi lebih baik daripada trading harian? Dan lain2 . Di pos ini saya sudah memaparkan gambaran tentang trading harian. 

Catatan: Pos ini bukan bermaksud menganjurkan anda untuk menjadi intraday trader. Anda harus mengetahui sendiri style trading yang cocok untuk anda. Pos ini saya tulis untuk memberikan gambaran dan pandangan tentang seluk beluk trading harian, terutama untuk anda yang punya keinginan menjadi intraday trader, namun anda masih mencari referensi tentang trading harian. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.