Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Bahayanya Jika Membeli Saham Saat Ex Date Dividen

Pengumuman pembagian dividen oleh perusahaan go public biasanya merupakan pengumuman yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pemegang saham. Terutama jika dividen dibagikan dalam jumlah besar. Sehingga pengumuman dividen pada umumnya akan turut mengerek harga saham perusahaan.

Biasanya harga saham akan mulai naik kencang mendekati tanggal cum date dividen. Jika anda belum tahu apa itu cum date dan ex date, baca pos: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen. Hal ini dikarenakan jika memiliki saham sebelum tanggal cum date, maka pemegang saham akan mendapatkan dividen.

Kalau anda ingin ikut membeli, saya tidak menyarankan anda koleksi sahamnya tepat pada saat tanggal ex date. Mengapa demikian? Biasanya harga saham rentan jatuh satu hari setelah tanggal cum date dividen atau lebih tepatnya saat tanggal ex date. 

Hal ini biasanya sering sekali terjadi, terutama pada saham-saham yang pengumuman dividennya direspon positif oleh pasar (ditunjukkan dengan naiknya harga saham menjelang cum date dividen). 

Tidak percaya? Saya berikan contoh saham LSIP yang cum datenya tanggal 8 Juni 2017 dan saham INDF yang cum date tanggal 9 Juni 2017. Pada tanggal 8 Juni saat cum date LSIP ditutup turun ke harga 1.450. Pada keesokan harinya (ex date), LSIP langsung dibuka anjlok ke 1.420 dan harga penutupannya 1.405. 

INDF juga mengalami hal yang sama. Pada tanggal cum date 9 Juni INDF ditutup turun di harga 8.450. Keesokan harinya saat tanggal ex date, INDF langsung dibuka turun di harga 8.400 dan setelah itu turun lagi hingga ke 8.325. Disini anda bisa lihat bahwa pelaku pasar akan menjual sahamnya saat tanggal ex date karena pelaku pasar merasa bahwa mereka sudah mendapat dividen dan sudah harga saham sudah naik tinggi, sehingga sudah waktunya take profit. 

Kalau anda membeli saham beberapa hari sebelum cum date, anda sudah mendapatkan kenaikan harga saham yang tinggi sebelumnya, sehingga ketika anda menjual saat ex date, anda masih bisa dapat gain. 

So, kalau anda terlambat menemukan perusahaan yang akan membagikan dividen sudah dekat sekali dengan tanggal cum date, lebih baik tidak perlu dikejar karena anda potensi loss yang lumayan besar saat memasuki tanggal ex date. 

9 komentar:

  1. Bung Heze , teknikal MIKA menjanjikan sekali ,MACD , Stochastic bagus. Kapan ya kira2 bisa masuk ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. MIKA sebenarnya sudah ada kekuatan untuk naik.. Bisa coba beli setengah target pertama di 2.000. Kalau kuat naik, maka ada resisten kuat di 2.100.

      MIKA kelihatannya sudah jenuh di angka 1.850-1.870.Hanya waspadai saja karena polanya masih turun... Jangan beli terlalu banyak sebelum breakout dari 2.000

      Delete
    2. Masih ragu sama MIKA , ikut yg pasti2 aja deh sesuai rekomendasi . Bravo PWON !

      Delete
  2. pak, mau tanya. kalau kita beli saham secara online. bukti fisik kepemilikan saham kita berupa apa ?. apakah sahamnya akan dikirimkan via pos atau bagaimana, apakah disimpan di perusahaan dimana kita membeli saham ?. lalu dividennya tiap tahunnya apakah di transfer ke rekening bank kita ?, atau bagaimana. menurut bapak, perusahaan online apa yg bagus (menjaga keamanan customernya) untuk kami membeli saham ?. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Beli saham secara online tidak ada bukti fisik karena sistemnya adalah scriptless bukan scriptfull lagi.. Biasanya setiap bulan anda akan menerima laporan dari sekuritas via email.

      Bukti kepemilikan anda tetap bisa anda lihat di situs KSEI (login pakai akun anda).

      2. Dividen akan anda terima otomatis di rekening saham anda ketika sudah masuk payment date.

      3. Anda bisa googling perusahaan2 sekuritas yang bagus, atau anda bisa menggunakan sekuritas yang sering digunakan banyak nasabah seperti Mandiri, Indopremier, Danareksa, BCA Sekuritas, Mirae dan lain2.

      Carilah sekuritas yang track recordnya bagus (tidak pernah terkena kasus)

      Delete
  3. Mau tanya kalo beli saham saat ex date memangnya risikonya apa min? Bukannya saat ex date justru saham murah dan bisa dapat lebih banyak lembar saham utk dijual lagi ketika naik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat di ex date, biasanya harga saham akan jatuh. Risikonya, kalau anda belinya pas di ex date, saham anda kemungkinan akan turun lagi.

      Memang anda bisa dapat saham lebih murah tapi buat aman-nya coba tunggu besoknya setelah ex date saat tekanan jual mulai reda.

      Tapi perlu diingat juga bahwa tidak 100% saham yang bagi dividen pasti sahamnya selalu turun saat ex date, ini adalah kasus mayoritas terutama di saham2 blue chip

      Delete
  4. Biasanya harga turun berapa lama setelah ex date?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada patokan pasti. Ada yang 1 hari turun terus bisa naik lagi nutup gap-nya. Ada yang sampai seminggu-dua minggu contoh seperti saham BMRI.

      Cepat lamanya saham turun setelah ex date biasanya juga dipengaruhi kondisi market. Kalau IHSG lagi bearish, hal ini juga mempengaruhi saham untuk naik lagi setelah jatuh

      Delete

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.