Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Harian: Beli Saham Pagi Atau Sore?

El Heze

Intraday trading (trading harian) dilakukan dengan cara membeli dan menjual saham di hari yang sama. Selama pasar saham buka, anda bisa membeli saham sesuai dengan waktu yang anda punya. 

 


Pasar saham Indonesia buka mulai pagi hari, siang hingga sore (Pasar saham reguler buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00). Jadi selama jam-jam tersebut, anda punya kesempatan untuk trading saham.

Anda bisa beli saham di pagi hari, siang ataupun sore hari menjelang jam 15.00. Para trader yang ingin menerapkan trading harian seringkali bertanya: 

"Mana yang paling bagus, beli saham pagi atau sore hari?" 
"Kalau beli saham sore terus jual besok pagi profitnya apa bisa maksimal?" 

Beli saham pagi ataupun sore hari untuk intraday trading, sebenarnya sama-sama bisa menghasilkan profit. Yang paling penting, anda memahami momentum dan cara-cara memilih saham yang bagus dan punya potensi naik. 

Di web Saham Gain ini, kita sudah bahas full praktik dan strategi memilih saham untuk intraday trading yang punya peluang naik cepat dalam waktu harian. Anda bisa dapatkan full praktikknya disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (358 halaman). 

Trading pagi maupun sore hari memang ada sisi positifnya sendiri-sendiri. Karena saya pribadi juga mempraktikkan strategi trading harian di market, di pos ini saya ingin sharing mengenai kelebihan dan kekurangan membeli saham di pagi dan sore hari. 

BELI SAHAM PAGI JUAL SIANG / SORE 

Baca juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. Beli saham pagi hari memiliki beberapa kelebihan: 

1. Market masih "fresh"

Pada saat jam awal market buka (pukul 09.00), mayoritas saham biasanya punya peluang naik yang tinggi di pagi hari, apalagi jika harga saham di pagi hari mulai banyak yang rebound setelah hari-hari sebelumnya koreksi banyak. 

Maka di pagi hari, peluang saham untuk naik cepat sangat tinggi dibandingkan sore hari. Ketika pelaku pasar melihat banyak saham yang sudah murah akibat beberapa hari terakhir turun, maka ketika IHSG sudah murah, saham-saham biasanya banyak yang 'terbang' pagi harinya. 

Hal ini sering saya amati sendiri, di mana pagi hari seringkali saham naik cepat. Saat pagi hari, masih banyak saham murah. Tapi kalau saham-saham sudah pada naik di pagi hari, biasanya sore harinya sudah agak berat untuk naik tinggi. 

Oleh karena itu, banyak intraday trader yang menerapkan strategi beli saham pagi jual sore harinya (di hari yang sam). 

Hal ini karena pagi hari banyak saham yang harganya masih murah dan fluktuatif saham di pagi hari cenderung cepat, dan sore hari saham2 banyak yang sudah stagnan sehingga digunakan untuk momen take profit. 

2. Fluktuatif saham relatif cepat di pagi hari  

Dalam kondisi market normal (Market sedang tidak sepi transaksi), biasanya fluktuatif mayoritas saham akan lebih cepat dibandingkan ketika menjelang sore hari. Di satu sisi, pagi hari banyak trader yang memanfaatkan momen untuk beli saham. 

Sehingga, fluktuatif yang cepat ini umumnya disukai oleh trader harian, karena trader harian memang meraih profit dengan memanfaatkan fluktuatif saham. Semakin cepat fluktuatif saham, semakin banyak pilihan saham untu intraday.      

Tapi beli saham di pagi hari, khususnya buat trading harian juga memiliki beberapa kelemahan: 

1. Market bisa turun saat pagi hari

Terkadang kita juga menghadapi kondisi sebaliknya, di mana pada saat pagi hari justru IHSG anjlok. Tapi karena IHSG sudah turun banyak di pagi dan siang hari, sore harinya saham-saham mulai balik arah / rebound. 

2. Kesibukan pekerjaan di pagi hari 

Buat trader part time yang memiliki pekerjaan utama selain trading, biasanya di pagi hari banyak orang yang masih sibuk dengan aktivitas pekerjaannya, sehingga belum sempat melihat / memantau market. Baca juga: Trading Harian untuk Part Time Trader. 

BELI SAHAM SIANG/SORE JUAL PAGI

Dalam intraday trading, anda juga bisa memanfaatkan beli saham di sore hari dan jual besok pagi harinya. Kelebihan beli saham di sore hari adaah: 

1. Banyak juga saham murah di sore hari 

Seperti yang kita bahas diatas tadi, bahwa terkadang saham2 bisa koreksi saat pagi hari, tapi menjelang sore mulai banyak saham yang murah dan rebound. 

Jadi jika pagi hari IHSG masih lesu (turun), justru sore hari merupakan momen yang bagus untuk koleksi saham-saham yang sudah murah. 

Terkadang sore hari market juga memberikan 'kejutan', di mana saham-saham yang awalnya relatif turun atau stagnan di sesi 1 (pagi), harganya mulai naik menjelang closing market. 

2. Anda mungkin punya waktu lebih luang / santai saat sore 

Sore hari diatas jam 15.00, sebagian dari anda mungkin sudah memiliki waktu luang lebih banyak dibandingkan saat pagi hari, sehingga anda bisa lebih fokus untuk menganalisa. 

Namun beli saham di sore hari juga ada kelemahannya. Kelemahan beli saham di sore hari adalah: 

1. Ada saat-saat di mana saham sudah cenderung stagnan saat sore

Jika IHSG sudah naik banyak pagi hari dan fluktuatifnya tinggi, biasanya sore harinya banyak saham yang sudah mulai stagnan. Saham2 juga sudah cenderung mahal di sore hari jika pagi hari saham2 sudah rebound cukup banyak. 

BELI SAHAM PAGI ATAU SORE? 

Baik pagi maupun sore hari, sama-sama bagus untuk trading harian. Dalam praktiknya, tidak ada rumus pasti apakah pagi hari adalah waktu yang lebih bagus ketimbang sore dan juga sebaliknya. 

Saran saya, agar anda mengetahui waktu beli saham terbaik, anda perlu pertimbangkan beberapa hal berikut: 

Pertama, sesuaikan waktu yang anda punya. Kalau anda punya waktu memantau market pagi hari, anda bisa manfaatkan trading di pagi hari. Demikian juga kalau anda punya lebih banyak waktu di sore hari, sebaiknya manfaatkan sore hari untuk trading. 

Kedua, sesuaikan dengan MOMENTUM SAHAM. Karena terkadang banyak saham yang bagus di pagi hari dan terkadang sore hari saham2 baru rebound, maka cara terbaik untuk trading harian adalah fokus pada ANALISA dan MOMENTUM TRADING. 

Jika anda paham analisa-analisa untuk trading harian dan entry buy yang tepat, maka anda mau beli saham di pagi ataupun sore hari tidak masalah, selama momentum dan saham2 yang anda pilih bagus. 

Dalam trading harian, saya sendiri lebih sering menerapkan strategi beli saham pagi hari, karena  saya biasanya melakukan screening saham malam hari, sehingga kalau saya udah menemukan saham2 yang bagus buat trading pagi harinya, saya akan langsung ambil posisi. 

Apalagi jika didukung dengan kondisi market dan saham2 yang rebound. Semoga pos ini bisa menjadi tambahan referensi dan edukasi buat anda yang ingin menerapkan trading harian saham di market. SALAM PROFIT.  

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.