Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Harian untuk Part Time Trader

El Heze

Trading harian saham merupakan strategi trading jangka pendek yang dapat anda terapkan buat mendapatkan profit cepat di market. 



Dalam trading harian, anda memang perlu memantau market lebih sering, karena anda harus memanfaatkan fluktuatif harga saham harian, dan mengambil take profit di hari yang sama, sampai batas maksimal tiga harian trading. 

Pelajari juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. Pada trading harian saham, anda perlu mencari saham2 yang punya pergerakan lincah dan cepat dalam waktu harian. 

Anda bisa menerapkan full strategi dan praktik memilih saham-saham bagus untuk trading harian di Ebook Trading Harian Saham disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (358 halaman). 

Trading harian

Nah biasanya kendala trader menerapkan strategi trading ini adalah WAKTU. Karena trading harian membutuhkan lebih banyak waktu untuk memantau market, sedangkan banyak juga trader part time yang memiliki kesibukan pekerjaan, sehingga tentu waktu yang dimiliki untuk memantau market lebih sedikit. 

Di pos ini, kita akan bahas strategi trading harian buat seorang part time trader, supaya walaupun anda punya kesibukan2 pekerjaan, anda tetap bisa meraih profit dari trading harian untuk penghasilan tambahan anda. 

Khususnya untuk trader part time yang ingin menerapkan trading harian, anda bisa gunakan strategi2 berikut supaya anda bisa mendapatkan profit melalui trading cepat:  

1. Luangkan waktu untuk memantau market 

Sesibuk-sibuknya pekerjaan anda, anda perlu meluangkan waktu untuk memantau market. Entah itu pagi hari saat jam awal market buka, siang hari atau sore hari sebelum closing market. 

Karena strategi apapun yang anda jalankan, anda harus punya kesempatan untuk menganalisa dan melihat market. Dengan begitu, anda bisa paham sendiri bagaimana pergerakan market dan saham-saham yang baik buat trading. 

Disitulah anda juga manfaatkan untuk mengambil posisi dan membeli saham-saham yang momentumnya sedang bagus selama jam market. 

Waktu luang untuk memantau market bisa disesuaikan dengan waktu luang terbaik anda, sesuaikan dengan kesibukan anda masing-masing. Jika anda bisa memantau market pagi hari, anda bisa luangkan waktu untuk trading dan analisa di pagi hari. 

Jika anda punya banyak waktu memantau market sore hari, anda bisa lakukan analisa dan trading saham di sore hari. Anda bisa terapkan strategi trading beli sore jual pagi keesokan harinya. 

2. Pilih beberapa saham saja untuk intraday & watchlist 

Selama jam trading, ada ratusan saham yang bergerak. Dengan kesibukan pekerjaan, anda tentu tidak mungkin melihat semua saham buat dianalisa dan dipantau. 

Strategi agar anda bisa tetap menerapkan trading harian, anda bisa memilih beberapa saham saja untuk watchlist dan trading harian. Jadi selama jam trading, anda bisa fokus pada sedikit saham yang analisanya bagus untuk ditradingkan. 

Sehingga, anda tidak membuang banyak waktu hanya untuk memilih saham selama jam trading, karena anda sudah punya pilihan saham2 yang kualitasnya bagus untuk ditradingkan. Dan waktu trading anda menjadi jauh lebih efektif. 

Anda bisa pelajari cara-cara screening saham buat trading harian dan analisa saham-saham yang bagus untuk one day trading saham disini: Ebook Intraday & One Day Trading Full Praktik. 

3. Screening saham malam hari 

Supaya di jam trading anda sudah punya pilihan saham untuk trading, saran saya anda bisa melakukan analisa dan screening saham pada saat malam hari setelah Bursa saham tutup (market tutup pukul 16.15) dan setelah anda pulang kerja. 

Di malam hari, anda bisa melihat saham-saham yang potensial dan pola2nya bagus untuk trading, sehingga di jam trading besoknya, anda nggak baru pontang-panting memilih saham di tengah kesibukan kerja. 

Anda juga bisa analisa chart (analisis teknikal) saham pada saat jam istirahat kerja atau jam isitrahat Bursa pukul 12.00 sampai 13.30. Hal ini bisa anda lakukan kalau anda ingin intraday trading saham di sesi 2 market. 

4. Sesuaikan trading harian dengan kondisi psikologis 

Karena anda punya kesibukan pekerjaan, anda juga harus menyesuaikan trading dengan psikologis anda. Jangan membeli saham dengan modal besar, apabila anda belum siap. 

Sesuaikan modal trading dengan kemampuan masing-masing. Jangan sampai aktivitas trading justru mengganggu pekerjaan utama anda. Karena kalau anda sudah sampai ke tingkat psikologis dan emosi trading, hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas keputusan trading. 

5. Tidak perlu beli terlalu banyak saham atau trading tiap hari

Kalau anda punya kesibukan pekerjaan, anda tidak perlu membeli terlalu banyak saham buat trading harian. Anda bisa membatasi transaksi trading harian anda, misalnya anda cukup tradingkan 1 saham untuk day trading, menyesuaikan dengan kesibukan anda. 

Di satu sisi, anda juga nggak perlu memaksakan trading setiap hari. Kalau anda sedang sibuk dan tidak ada waktu memantau market, tidak ada salahnya anda libur trading terlebih dahulu.

Apalagi trading setiap hari juga tidak baik untuk psikologis anda. Hal ini bisa menyebabkan overtrading. Kita sudah pernah bahas tentang overtrading disini: Cara Mengatasi Overtrading dan Membatasi Frekuensi Trading Saham. 

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk part time trader yang ingin menerapkan TRADING HARIAN di market. Dengan cara-cara ini, anda bisa menyiasati kesibukan pekerjaan anda sambil meraup keuntungan dari trading cepat di market. 

Tapi kalau memang anda benar-benar tidak punya waktu untuk intraday trading, ada baiknya anda menggunakan strategi trading dengan time frame yang lebih panjang, misalnya SWING TRADING (mingguan). 

Strategi2 trading mingguan (swing) bisa anda terapkan juga disini: Panduan Memilih Saham Bagus + Swing Trading. 

Anda juga bisa menerapkan strategi investasi jangka panjang, atau dividend for investing jika anda tidak punya waktu untuk trading jangka pendek. Pelajari juga analisa fundamental buat investasi saham disini: Buku Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.