Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham Gorengan untuk Trading Harian

El Heze

Day trading saham (trading harian) merupakan salah satu strategi trading yang banyak diterapkan oleh trader. Trading harian biasanya identik dengan memilih saham yang mudah naik cepat di hari yang sama.  

  

Sehingga, banyak trader saham beranggapan bahwa saham gorengan dan saham2 IPO adalah saham-saham yang cocok digunakan buat trading harian. Kenapa saham gorengan? 

Karena saham-saham gorengan adalah tipe saham yang punya fluktuatif paling cepat di market. Saham-saham gorengan bisa naik 15-25% dalam sehari, sehingga saham gorengan seringkali menjadi incaran trader yang ingin trading harian. 

Pelajari juga: Kenali Ciri-ciri Saham Gorengan di Indonesia. Meskipun saham gorengan bisa naik puluhan persen dalam sehari, tidak selamanya saham gorengan menarik dan bagus untuk diterapkan trading cepat.  Anda bisa perhatikan salah satu pergerakan saham gorengan berikut, yaitu saham POLY: 

Saham gorengan

Saham POLY yang biasanya tidak ditradingkan, harganya naik drastis air 50 ke 67 (kenaikannya dalam sehari sekitar 34%, lihat tanda panah). Anda yang 'beruntung' beli saham POLY pasti akan merasakan profit berlipat. 

Namun sayangnya kenaikan saham POLY ini hanya bertahan sebentar. Perhatikan beberapa hari setelah naik, saham POLY langsung jatuh dan saat ini harganya belum diangkat lagi. 

Hal ini menunjukkan bahwa saham gorengan risikonya cukup tinggi untuk trading. Anda harus mengambil keputusan trading yang cepat. 


Dan saham-saham gorengan belum tentu bagus ditradingkan lagi setelah harganya jatuh, karena banyak saham gorengan yang setelah harganya naik tinggi, bandar melakukan aksi distribusi besar-besaran, dan sahamnya tidak diangkat lagi. 

Kalau ada saham yang hanya bisa digunakan untuk 'hit and run' sekali dua kali, setelah itu sahamnya tidak likuid lagi dan pergerakan harganya tidak lagi se-atraktif sebelumnya, maka saham tersebut bukanlah saham yang bagus untuk trading harian. 

Saham gorengan bisa memberikan anda profit jangka pendek, namun jika anda hanya memilih saham gorengan untuk trading harian, maka risikonya terlalu besar. 

Walaupun anda menerapkan trading harian, anda juga butuh menyusun portofolio saham yang sehat, sehingga anda bisa meraih profit konsisten dalam jangka panjang.   

Oleh karena itu, saran saya kalau anda ingin menerapkan trading harian saham, anda hendaknya tetap memprioritaskan saham-saham yang lebih likuid alias saham-saham non-gorengan. 

Anda bisa pelajari juga full praktik cara-cara memilih saham yang bagus untuk trading harian, dan memilih saham2 yang fluktuatifnya bagus untuk one day trading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Pada Ebook Intraday Trading Saham, anda juga mempelajari analisa tape reading (bid offer) yang dapat digunakan untuk memilih saham-saham bagus buat one day trading.

Dalam trading saham, anda juga harus mengincar kenyamanan psikologis dan kestabilan return (profit). Kalau anda hari ini bisa profit 20%, tapi karena anda bertaruh di saham-saham gorengan atau saham pom-pom, dan rugi besar setelahnya, maka sama saja anda gambling. 

Lebih baik anda mencari saham-saham yang pergerakannya stabil, yang mudah naik 1-4% dalam sehari-dua hari tetapi anda bisa tradingkan sahamnya secara konsisten. 

Ketimbang anda gambling di saham-saham gorengan, mengincar profit puluhan persen, namun tidak konsisten.

Berdasarkan pengalaman trading yang saya jalankan, memilih saham-saham likuid dapat memberikan profit trading harian lebih konsisten, dan memberikan kenyamanan psikologis, dibandingkan mencari saham2 gorengan setiap kali trading.   

Berikut anda bisa lihat perbandingan saham gorengan dan saham-saham likuid (seperti saham lapis dua dan saham2 LQ45) untuk trading harian (berdasarkan pengalaman trading yang saya jalankan): 

Trading harian

"Apakah berarti nggak disarankan beli saham gorengan untuk trading harian Bung Heze?" Tanya anda. 

Boleh saja anda membeli saham gorengan. Kalau anda menganggap ada saham gorengan yang bagus untuk trading cepat, tidak ada salahnya. 

Namun biar bagaimanapun juga, saham-saham likuid jauh lebih mudah dianalisa, pergerakannya lebih baik, fluktuatifnya juga lebih stabil, dan bisa anda tradingkan secara konsisten, dibandingkan saham-saham gorengan.

Banyak trader yang nyangkut, dan akhirnya berhenti trading akibat nekad membeli saham-saham gorengan dengan tujuan meraih profit harian.       

Jadi, buat anda yang ingin trading harian pada saham gorengan, ada baiknya anda juga harus melakukan manajemen modal dan manajemen portofolio. Sebisa mungkin, anda juga harus memiliki saham-saham likuid di portofolio anda, dan gunakan alokasi modal yang lebih kecil untuk saham-saham gorengan.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.