Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Laporan Keuangan di IDX

El Heze
Untuk rekan-rekan yang ingin memulai belajar saham, namun sama sekali tidak ada basic dari dunia ekonomi ataupun akuntansi, anda mungkin belum pernah bersinggungan dengan laporan keuangan sama sekali.



Sehingga anda mungkin masih bingung bagaimana cara mencari laporan keuangan perusahaan. Di pos ini, kita akan bahas cara download laporan keuangan di IDX. Yap, jadi kalau anda ingin bisa mendapatkan laporan keuangan perusahaan, anda sebenarnya bisa download dengan dengan mudah di situs Idx.co.id. Berikut adalah cara mencari laporan keuangan di IDX: 

1. Buka situs Idx.co.id 

2. Masuk menu Perusahaan Tercatat --> Laporan Keuangan dan Tahunan 

Cara download laporan keuangan di IDX
3. Kemudian muncul tampilan sebagai berikut: 

Cara mencari laporan keuangan di IDX
Untuk download laporan keuangan, anda bisa pilih yang Laporan Keuangan. Lalu jenis efek pilih: Saham. Untuk kode / nama perusahaan, anda bisa ketikkan kode saham atau perusahaan yang ingin anda cari laporan keuangannya. 

Nah untuk memiliki kode saham, anda harus hafal kode-kode saham di Bursa Efek. Anda bisa Googling daftar kode saham di Bursa Efek. Anda juga bisa ketikkan nama perusahaannya langsung. 

Di situs IDX, anda bisa ketikkan langsung lebih dari satu kode saham, sehingga nanti muncul dua laporan keuangan. Misalnya pada contoh diatas, saya ketikkan kode saham AALI dan LSIP. 

Untuk tahun, anda bisa pilih periode tahun yang ingin anda cari laporan keuangannya. Setelah itu, untuk periode, anda bisa pilih beberapa opsi: 


Di situs IDX, anda bisa pilih periode Triwulan 1 (laporan keuangan periode Januari-Maret), Triwulan 2 (periode April-Juni), Triwulan 3 (Periode Juli-Oktober) dan Tahunan yaitu laporan keuangan satu tahun buku penuh Januari sampai Desember. Setelah memilih periode, klik Cari.   

4. Muncullah menu laporan keuangan file PDF sebagai berikut: 

Laporan keuangan IDX
Laporan keuangan di IDX disajikan dalam bentuk file PDF. Anda tinggal klik saja laporan PDF-nya dan setelah itu akan otomatis download. Biasanya laporan keuangannya dituliskasn AALI_LK_PDF atau yang ada kata Bilingual per 31 Desember. Itu adalah isi laporan keuangan lengkap perusahaan. 

Laporan keuangan perusahaan dibagi menjadi lima komponen utama mulai dari laporan posisi keuangan, laba rugi, perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Anda bisa pelajari disini: 5 Komponen Utama Laporan Keuangan. 

Anda yang ingin mendalami analisa laporan keuangan, cara-cara membaca dan menginterpretasikan laporan keuangan untuk memilih saham-saham bagus jangka panjang (INVESTASI), anda bisa pelajari disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert dan Analisis Laporan Keuangan untuk Investasi Saham. 

Itulah cara mencari laporan keuangan di IDX. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.