Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Analisis Laporan Keuangan untuk Investasi Saham

Membaca dan memahami laporan keuangan adalah analisa kuantitatif utama yang harus anda pahami jika anda ingin investasi saham jangka panjang. Dengan mengetahui kondisi keuangan perusahaan, anda akan mengetahui perusahaan2 mana yang layak diinvestasikan dan tidak. 



Mayoritas investor saham akan menilai bagus tidaknya perusahaan dari kinerja keuangannya. Hal ini bisa kita ketahui melalui laporan keuangan perusahaan. 

[Pelajari analisis laporan keuangan full praktik untuk menemukan kriteria saham-saham yang layak investasi jangka panjang disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert - 352 halaman].

Mencari laporan keuangan perusahaan sangat mudah. Anda bisa mendapatkannya di situs www.idx.co.id. Anda bisa pelajari langkah2 mencari laporan keuangan disini: Cara Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan. Laporan keuangan perusahaan terdiri dari 5 komponen berikut: 

- Laporan posisi keuangan / neraca 
- Laporan laba rugi 
- Laporan perubahan modal (ekuitas)
- Laporan arus kas 
- Catatan atas laporan keuangan 

Laporan posisi keuangan menggambarkan seberapa besar aset yang dimiliki, utang / kewajiban perusahaan pada pihak ketiga (kreditur), serta berapa besar ekuitas perusahaan. Laporan laba rugi mencerminkan berapa besar pendapatan dan laba yang diperoleh dalam periode tertentu, dan berapa beban serta biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan. 

Laporan perubahan modal mencerminkan berapa nilai ekuitas (modal sendiri selain utang) yang dimiliki perusahaan dan berasal dari mana saja kenaikan dan penurunan ekuitas tersebut. 

Laporan arus kas mencerminkan berapa besar kas yang masuk / diterima perusahaan dan kas yang dikeluarkan perusahaan dalam periode tertentu. Sedangkan catatan atas laporan keuangan adalah catatan / keterangan dari mana angka-angka yang ada pada keempat laporan keuangan sebelumnya diperoleh. 

Nah, di dalam laporan keuangan tersebut, banyak sekali informasi penting yang dapat menggambarkan: 

- Apakah perusahaan memiliki kinerja yang sehat?
- Apakah perusahaan memiliki ketahanan laba dalam jangka panjang?
- Apakah perusahaan bisa memberikan passive income pada investor?
- Apakah perusahaan memiliki prospek yang baik?
- Apakah perusahaan memiliki struktur utang yang sehat? 
- Apakah perusahaan memiliki kinerja yang bagus dibandigkan perusahaan lain? 

Dari analisis-analisis tersebut, anda bisa menyimpulkan apakah anda layak membeli saham perusahaan tersebut untuk disimpan jangka panjang atau tidak. 

Ada banyak materi tentang analisis laporan keuangan. Namun, kebanyakan pembahasan mengenai laporan keuangan, hanya difokuskan untuk membaca laporan keuangan dasar dan berfokus pada teori. 

Padahal untuk kepentingan analisa saham dan mencari saham2 yang layak investasi jangka panjang, anda harus mengetahui komponen2 laporan keuangan mana saja yang perlu anda analisa, cermati, bandingkan dengan sektor sejenis. 

Selain itu anda harus paham analisis-analisis laporan keuangan kombinasi guna mencari saham2 mana saja yang layak untuk disimpan, karena laporan keuangan yang sehat dan unggul, harga sahamnya dalam jangka panjang juga berpotensi naik dan bisa memberikan passive income. 

Oleh karena itu, anda yang ingin bisa melakukan analisis laporan keuangan khusus untuk INVESTASI SAHAM (screening saham untuk investasi dari analisa laporan keuangan), di web Saham Gain ini, anda bisa mendapatkan full praktik lengkap analisis laporan keuangan untuk investasi saham & analisis fundamental pada ebook praktik analisis fundamental saham. 

Anda bisa mendapatkan praktik-praktik langsung menganalisis laporan keuangan untuk investasi saham disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert (352 halaman). Berikut cover ebooknya:

Analisis laporan keuangan saham
Ebook analisis fundamental ini saya susun untuk semua level investor, mulai dari pemula sampai expert. Targetnya, dengan praktik langsung melalui ebook ini, anda bisa mencari saham2 yang layak investasi. 

Terutama, anda bisa menginterpretasikan laporan keuangan dengan baik untuk investasi saham. Bukan hanya sekedar membaca laporan keuangan, namun memahami komponen2 penting yang diperlukan dalam analisa fundamental serta membaca laporan keuangan perusahaan yang berpotensi menjebak investor. 

Selain analisis laporan keuangan, anda juga mempraktikkan langsung analisa2 yang dibutuhkan untuk investasi saham, yaitu:

- Cara menganalisa perusahaan dan analis sektoral untuk investasi
- Kriteria-kriteria saham yang bagus untuk investasi
- Mencari saham growth, saham tahan banting, saham diskon, value stock
- Menghitung harga wajar dan valuasi saham
- Kriteria perusahaan yang tidak layak investasi
- Memahami laporan keuangan yang menjebak investor
- Strategi memaksimalkan profit dari investasi
- Strategi investasi saham saat crash market
- Manajemen modal untuk investasi saham
- Dan masih banyak lainnya

Jadi, kalau anda ingin jago melakukan analisa laporan keuangan untuk praktik memilih saham, ebook analisis fundamental saham ini menjawab kebutuhan anda.  

Pelajarilah laporan keuangan sebagai analisa fundamental kuantitatif anda, supaya anda bisa mengembangkan modal dari investasi yang anda lakukan, dan tidak terjerumus membeli saham-saham yang fundamentalnya jelek. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.