Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Panduan Belajar Saham Pemula

Semakin banyaknya minat rekan-rekan yang ingin mulai belajar saham, saya sering sekali menerima pertanyaan-pertanyaan basic untuk memulai saham. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang cukup sering ditanyakan rekan-rekan: 


"Pak bagaimana cara memulai belajar saham?"
"Bung Heze gimana langkah-langkah belajar saham? Harus mulai dari mana?"
"Kalau mau belajar saham, mulai dari mana dulu?"
"Saya ingin beli saham, tapi bingung langkah-langkahnya"
"Sekuritas saham apa yang bagus pak untuk pemula?"
"Cara daftar saham di kantor sekuritas bagaimana caranya?"
"Kalau mau mulai profit, harus mulai dari mana Bung Heze?"

Dan masih banyak pertanyaan yang sering saya terima dari rekan-rekan trader. Maka dari itu, di pos ini saya ingin memberikan panduan belajar saham pemula. Pos ini saya buat khusus untuk anda yang ingin memulai belajar saham tapi sama sekali belum paham caranya. Berikut adalah panduan belajar saham pemula step by step:  

1. Memilih perusahaan sekuritas 
2. Membuka akun saham di kantor sekuritas 
3. Melakukan deposit modal ke RDN
4. Pelajari ilmu saham dasar / basic & mekanisme perdagangan saham
5. Pelajari analisis teknikal dan analisa fundamental 
6. Pelajari berita, analisis market 
7. Praktik trading (beli jual saham) 

[Untuk anda yang ingin memulai belajar saham dan trading, anda bisa pelajari materi2 belajar saham pemula, sampai ke strategi2 trading untuk mendapatkan profit, menyusun trading plan, manajemen modal, anda bisa mendapatkannya disini: Buku Saham Pemula - Expert]

Memilih perusahaan sekuritas 

Langkah paling awal untuk bisa belajar saham adalah, mulailah untuk membuka akun saham di kantor sekuritas. Namun sebelum itu, anda harus memilih perusahaan sekuritas yang bagus dan kredibel. 

Dalam memilih perusahaan sekuritas, saran saya pilihlah perusahaan2 sekuritas yang terkenal, banyak digunakan oleh trader saham. Karena semakin banyak sekuritas digunakan, maka menunjukkan sekuritas2 tersebut lebih kredibel. Baca juga: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik. 

Sekuritas2 yang sering digunakan trader dan memiliki fitur yang cukup lengkap antara lain adalah Indopremier, Mandiri Sekuritas, BCA Sekuritas, Danareksa, Mirae Aset Sekuritas, BNI Sekuritas, MNC Sekuritas dan lain-lain. 

Anda juga bisa memilih perusahaan2 sekuritas yang deposit minimalnya rendah (dibawah Rp5 juta). Anda bisa baca referensinya disini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta. 

Membuka akun saham di kantor sekuritas 

Setiap aktivitas trading saham dilakukan melalui software online trading. Semua aktivitas beli jual saham sekarang sudah menggunakan sistem online. Software tersebut bisa anda dapatkan melalui kantor sekuritas itu tadi. Jadi anda harus membuka akun terlebih dahulu di kantor sekuritas, jika anda ingin bisa beli jual saham. 

Anda bisa membuka akun di kantor sekuritas secara offline (datang langsung ke kantor sekuritas) atau buka akun secara online. Apabila di tempat anda tidak ada kantor sekuritas terdekat, anda bisa buka akun saham secara online.  

Di web Saham Gain, saya sebenarnya sudah memberikan tutorial cara belajar saham untuk pemula, termasuk cara mencari kantor sekuritas terdekat, dan panduan membuka kantor sekuritas secara online. 

Anda bisa download free ebook saham (33 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula, untuk mempraktikkan bagaimana cara  membuka akun saham di kantor sekuritas secara online dan tahapan2 belajar saham. 

Melakukan deposit modal ke RDN

Sekuritas akan mengaktifkan akun saham anda. Prosesnya bisa bervariasi antara beberapa hari sampai dua minggu. Sebelum itu, anda anda melakukan deposit minimal terlebih dahulu ke Rekening Dana Nasabah (RDN) anda. RDN adalah rekening di software saham anda yang digunakan untuk deposit modal buat trading. 

Deposit modal bisa dilakukan melalui ATM ke RDN. Dan minimal deposit tiap sekuritas berbeda-beda. Anda bisa cari info deposit minimal di web resmi masing2 sekuritas. Jika anda ingin yang deposit minimal awalnya rendah, anda bisa join pada salah satu sekuritas berikut: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta.   

Setelah akun anda aktif, anda juga akan diberikan username dan password dari kantor sekuritas untuk login ke akun saham anda. 

Pelajari ilmu saham dasar / basic & mekanisme perdagangan saham

Sebelum anda membeli saham, anda harus pahami ilmu-ilmu basic terlebih dahulu. Anda harus paham kode-kode saham, basic-basic belajar saham seperti mengenal pasar modal, memahami return dan risiko di saham, apa itu saham, apa itu investasi serta trading saham. 

Anda juga harus pahami mekanisme perdagangan saham seperti jam trading di Bursa Efek, antrian bid-offer saham, cara membeli saham pada software trading, dan pahami menu-menu trading di software saham yang anda miliki.  

Di web Saham Gain, anda bisa mendapatkan referensi belajar saham lengkap untuk pemula sampai bisa disini: Belajar Saham Pemula - Expert. 

Jangan pernah nekad trading saham apabila anda belum memahami ilmu basic trading saham. Minimal anda harus pahami basic trading dan anda harus familiar dengan software saham anda.

Pelajari analisis teknikal dan analisa fundamental 

Tujuan anda trading saham adalah untuk mendapatkan profit. Profit bisa anda dapatkan apabila anda memiliki bekal "senjata". Senjata utama dalam trading saham adalah ANALISIS TEKNIKAL. Jika anda ingin investasi, maka pahamilah ANALISIS FUNDAMENTAL. 

Namun anda harus mempelajari keduanya. Terutama kalau anda ingin menjadi trader saham, analisa fundamental juga merupakan bagian dari analisa tambahan untuk memilih saham. 

Dengan analisa teknikal dan fundamental, anda bisa memilih saham2 mana saja yang layak untuk dibeli dan menghasilkan profit maksimal. Analisa teknikal adalah analisa grafik (chart) untuk memilih saham2 yang berpotensi naik jangka pendek. 

Analisa fundamental adalah analisa yang mempelajari laporan keuangan dan kondisi kesehatan kinerja perusahaan. Kedua analisa ini harus anda pelajari sebelum anda memutuskan untuk membeli saham. 

Anda yang ingin belajar analisis teknikal, di web Saham Gain anda bisa mendapatkan full praktik analisa teknikal disini: Tiga Ebook Saham Pilihan Trader Terbaik - Diskon 15%.

Sedangkan untuk anda yang ingin belajar analisis fundamental, anda bisa mendapatkan praktik2 analisa fundamental, cara lengkap membaca laporan keuangan disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

Pelajari berita, analisis market 

Harga saham juga dipengaruhi oleh sentimen, berita-berita yang terjadi saat itu. Supaya anda bisa menjadi trader saham yang mahir, ada baiknya anda banyak belajar dan membaca berita-berita yang berkaitan dengan pasar saham. 

Misalnya berita2 emiten, berita inflasi, pertumbuhan ekonomi, harga minyak mentah, batu bara dan lain2. Zaman sekarang tidak sulit meng-akses berita-berita ekonomi dan berita2 tentang pasar saham. 


Praktik trading (beli jual saham) 

Jika anda sudah melalui langkah-langkah diatas, kini anda sudah bisa mulai praktik beli jual saham atau trading. Untuk mendapatkan profit di saham, maka anda harus banyak melakukan praktik beli jual saham secara mandiri.

Praktik trading adalah langkah terakhir di dalam belajar saham. Praktik trading bukan hanya soal beli jual saham, namun anda harus terus mengasah dan mengembangkan analisa2 anda secara otodidak. 

Itulah 7  panduan belajar saham pemula sampai anda bisa praktik trading mandiri. Semoga pos ini menjawab banyaknya pertanyaan rekan-rekan yang ingin belajar saham, namun masih belum paham langkah2nya. Pos ini sudah menjawab kebutuhan rekan-rekan tentang belajar saham pemula.  


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.