Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Cara Mencari Pengumuman Dividen

Pengumuman dividen saham biasanya selalu ditunggu-tunggu oleh para trader maupun investor saham. Apalagi kalau perusahaan rajin membagikan dividen, atau dividen yang dibagikan nominalnya besar. Baca juga: Daftar Perusahaan yang Rutin Membagikan Dividen. 



Tetapi, banyak trader dan investor saham yang masih belum tahu bagaimana cara mencari atau mengetahui pengumuman dividen. Karena saya sering sekali dapat pertanyaan-pertanyaan seperti berikut: 

Pak Heze, saham PGAS kapan bagi dividen? 

Bung Heze kalau mau lihat info dividen, bisa lihat dimana ya?

Maka di pos ini, saya ingin sharing pada anda bagaimana cara mengetahui dan mencari pengumuman dividen dengan mudah dan datanya akurat. Untuk mencari pengumuman dividen, anda bisa langsung melihatnya melalui situs resmi Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).   

Berikut langkah-langkah cara mencari pengumuman dividen: 

1. Buka situs www.ksei.co.id

2. Masuk ke menu publikasi --> Pengumuman Corporate Action. 


3. Pilih menu Dividen Tunai. Tampilannya sebagai berikut


Pada menu di KSEI, anda juga bisa mencari aksi-aksi korporasi lainnya seperti dividen. Misalnya aksi korporasi dividen tunai, saham bonus, pengumuman RUPS perusahaan dan lain-lain. Khusus untuk informasi pengumuman dividen, pilih DIVIDEN KAS, bukan dividen saham. 

4. Pilih saham, periode dividen dan download pengumuman dividen yang anda cari

Setelah anda klik menu dividen tunai, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini:  

Cara mencari pengumuman dividen
Nomor 1. Anda bisa mencari informasi dividen dari periode bulan terbaru. Anda juga bisa mencari data historis dividen di bulan-bulan dan tahun-tahun sebelumnya. Semua datanya tersedia di situs KSEI.

Nomor 2. Kalau anda ingin mencari dividen saham secara spesifik, anda bisa ketikkan langsung kode saham yang ingin anda cari dividennya. Misalnya anda ketikkan kode saham KLBF. Maka akan muncul informasi pengumuman dividen khusus KLBF saja. Jadi anda tidak perlu susah-susah mencari satu per satu. Seperti berikut tampilannya:  


Tapi kalau kode saham yang ingin anda ketikkan, tidak ada informasi dividen, kemungkinan besar perusahaan belum membagikan dividen. Jadi sering-sering saja cek informasi dividen melalui situs KSEI. 

Biasanya musim dividen itu bulan Maret-Mei terutama saham2 blue chip. Beberapa emiten juga bagi dividen bulan Juni. Sedangkan pengumuman dividen interim, antara Oktober-Desember. Tapi tidak banyak perusahaan yang bagi dividen interim. Baca juga: Pengertian dan Contoh Dividen Interim.

Nomor 3. Menu informasi dividen. Jadi, anda bisa download dokumen pengumuman dividen pada menu tersebut. Dokumennya dalam bentuk PDF, memuat informasi dividen lengkap mulai dari: Tanggal cum date, ex date, payment date dan dividen per saham yang dibagikan.

Jika anda belum paham cara membaca tata cara pembagian dividen, anda bisa pelajari tulisan saya disini: Arti dan Ilustrasi Pembagian Dividen.  

Itulah cara mencari pengumuman dividen, Nah, kalau anda googling untuk mencari informasi pengumuman dividen, anda mungkin menemukan banyak situs yang memberikan informasi dividen perusahaan. 

Tetapi situs yang benar-benar menyajikan informasi pengumuman dividen yang paling update hanya ada di situs KSEI ini, karena KSEI juga situs resmi yang memiliki kerja sama dengan Bursa Efek Indonesia. Di situs KSEI, anda bisa melihat langsung pengumuman dividen langsung melalui emiten yang bersangkutan. 

Jadi untuk yang mencari informasi dividen, kunjungilah situs KSEI ini. Semoga pos ini menjawab banyaknya pertanyaan rekan-rekan yang sedang mencari informasi pembagian dividen. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.