Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Profit Trading Harian (Intraday Trading) Saham

El Heze
Pada ulasan-ulasan di web Saham Gain, kita sudah sering membahas strategi-strategi trading saham yang bisa amda terapkan sesuai dengan karakter trading pribadi. Ada strategi swing trading, intraday trading, scalping trading, positioning trading dan lain-lain.  



Yap, dan salah satu strategi yang kita bahas di pos ini adalah strategi INTRADAY TRADING SAHAM. Saya juga membahas full praktik dan strategi-strategi memilih saham untuk intraday trading plus analisa lengkap tape reading disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham (281 halaman). 

Intraday trading sama dengan strategi trading harian, di mana anda membeli dan menjual saham di hari yang sama sampai dengan tiga harian trading. Baca juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Intraday trading adalah strategi trading cepat dengan jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan scalping trading (trading menitan), dan pemilihan (screening) saham pada intraday, dilakukan dengan cara memilih saham-saham yang: 

- Likuid dan punya pergerakan bagus 
- Mudah naik dalam jangka waktu harian sampai tiga hari trading
- Mudah dianalisa dengan teknikal dan analisa tape reading 
- Fluktuatifnya wajar (tidak terlalu volatil)
- Persentase naik turunnya cenderung lebih aman 

Dengan memilih saham-saham kriteria tersebut, anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan profit harian (beli pagi jual siang, atau beli pagi jual sore) sampai tiga harian trading, dan menganalisa saham lebih jernih, karena anda memilih saham yang fluktuatifnya bagus dan jangka waktu trading anda tidak terlalu singkat. 

Seperti apa intraday trading dalam penerapan & praktikknya di pasar saham? Anda bisa perhatikan salah satu transaksi intraday trading saham yang saya praktikkan pada saham AALI berikut:  

Intraday trading saham
Pada transaksi intraday trading AALI, saya melihat AALI ada peluang naik jangka pendek. Sehingga saya "curi start" AALI saat sahamnya sudah mulai menunjukkan sinyal naik, di harga 6.400 (8 April) dan menjual AALI sebagian di harga 6.600 (9 April).

Jadi jangka waktu trading adalah 1 hari (actually kurang dari 1 hari, karena saya membeli siang dan menjual pagi keesokan harinya), dengan net profit intraday (setelah dikurangi fee beli dan jual) sekitar 2,67%. 

Praktik-praktik dan cara memilih saham dan analisa yang bagus untuk intraday trading, juga saya bahas lengkap disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham. 

Anda yang ingin mendalami strategi trading cepat / yang punya tipikal trading harian, anda bisa mendapatkan langsung full praktik dan strategi memilih saham untuk trading harian yang dapat anda terapkan langsung. Jadi anda tidak hanya belajar teori, namun praktik menganalisa saham dan market real time secara langsung. 

Intraday trading lainnya, adalah intraday trading saham BBRI yang saya praktikkan. Anda bisa lihat rincian trading BBRI berikut: 




Saya mentradingkan saham BBRI dengan buy di harga rata-rata 2.790 dan menjual di harga 3.330 dalam kurun waktu kurang dari seminggu (kurang dari 5 hari trading, setelah dikurangi libur bursa).

Itulah praktik penerapan intraday trading di pasar saham. Masih banyak praktik2 intraday trading saham lainnya, namun di pos ini setidaknya anda sudah mendapatkan gambaran trading harian saham. 

Banyak anggapan para trader, bahwa intraday trading berarti anda harus membeli dan menjual saham secepat mungkin dengan target profit yang sangat besar setiap saat. 

Anggapan tersebut kurang tepat, karena untuk mendapatkan profit trading harian, anda harus menganalisa saham2 dengan benar, terutama analisa tape reading dan momentum market. Dua analisa ini penting, karena selain memilih saham yang benar, anda juga harus membeli saham di harga yang bagus. 

Intraday trading adalah strategi trading yang sangat bagus, dan tidak sulit untuk dipraktikkan oleh trader jangka pendek yang tidak ingin hold saham terlalu lama, asalkan anda menganalisa dan memilih saham yang tepat.   

Oleh karena itu, dalam intraday trading, pilihlah saham-saham yang memiliki fluktuatif bagus, perhatikan momentum, saham2 yang mudah dianalisa, dan tetapkan target profit yang realistis, sehingga anda bisa menganalisa dan mengambil keputusan trading lebih berkualitas. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.