Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, analisis saham dan strategi trading.

Sekuritas Saham yang Bagus

El Heze
Banyak rekan-rekan pemula yang masih bingung mencari referensi kantor sekuritas saham yang bagus untuk membuka akun online trading. Dan banyak juga rekan-rekan pemula yang bertanya: 

"Pak sekuritas apa yang bapak biasa gunakan buat trading / investasi?"

Jadi di pos ini saya ingin menjawab pertanyaan tentang sekuritas saham apa yang bagus, sekaligus menjawab sekuritas yang saya gunakan berdasarkan kelebihan dan kekurangannya juga. 

Sebelum saya menjawab, saya ingin menuliskan dahulu bahwa jawaban saya bukan bermaksud untuk promosi sekuritas. Namun saya menjawab berdasarkan pengalaman pribadi secara objektif. 

Software sekuritas yang saya gunakan untuk trading adalah software dari DANAREKSA SEKURITAS. Nama softwarenya: D'One (Danareksa Online). 

Kenapa saya memilih Danareksa Online? Sebenarnya saya dulu dikasi free akun dari sekuritas karena saya ikut jadi bagian dari tim edukasi saham 🙂🙂. Jadi sebagai 'imbalannya', saya diberikan free akun di Danareksa. 

D'One yang saya pakai ini sudah sangat lama, saya lupa persisnya berapa tahun. Tapi yang jelas Danareksa tampilannya sudah di-upgrade beberapa kali. Sekarang namanya D'One Next-G. 

Tampilan Danareksa Online

Dalam perjalanan trading saya, ternyata D'One memiliki banyak kelebihan yang memudahkan saya pribadi untuk melakukan analisa2 dan watchlist saham, sehingga selama bertahun-tahun, saya masih 'setia' menggunakan D'One. 

Namun D'One juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan D'One berdasarkan pengalaman pribadi: 

Kelebihan Danareksa Online 

1. Tampilan yang lengkap, mulai dari tampilan chart, indikator yang lengkap (yang dibutuhkan trader), top stock dan lain2, sehingga memudahkan untuk analisa dan eksperimen teknikal. 

2. Ada tampilan menu 'saham berjalan' (lihat gambar diatas, yang saya kasih persegi hijau), di mana tampilan saham2 yang 'berjalan' selama jam trading membuat kita bisa menemukan saham2 yang menarik / luput dari pantauan). 

3. Menampilkan market dan harga saham real time 

4. Tampilan candle real time dan tidak ada delay 

5. Menampilkan bid-offer yang real time, lengkap dengan antrian harga, split dan lot-nya (cocok untuk intraday trading).

6. Fee beli dan jual sekuritas yang cenderung kecil, hanya 0,17% (fee beli) dan 0,27% (fee jual).   

Pelajari juga: Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik. 

Kekurangan Danareksa Online 

1. Setoran awal (deposit) minimal yang cukup besar (Rp10-15 juta) 

2. Sejak di upgrade ke D'One Next-G, tampilannya agak berat karena fiturnya menjadi lebih lengkap. Solusinya, jangan terlalu banyak data di laptop / PC anda (hapus data2 yang kurang penting), sehingga tampilan software bisa lebih lancar. 

3. Sebelum jam market buka, anda harus melakukan download history yaitu 'historical intraday' dan 'historical trade' agar chart menampilkan harga saham real time. 

Itulah sekuritas yang saya gunakan untuk trading. Di web Saham Gain ini saya juga sering menampilkan chart analisa saham2 tertentu.. Yup, chart-chart tersebut berasal dari D'One yang saya pakai untuk trading. 

SEKURITAS SAHAM YANG BAGUS 


Untuk anda yang masih bingung memilih kantor sekuritas, maka Danareksa bisa menjadi pilihan rekan2 (anda bisa buka akun secara online, langsung melalui situs web resminya). 

Tapi kalau anda mencari kantor sekuritas yang deposit awalnya rendah, Danareksa kemungkinan besar bukan opis untuk anda (karena deposit minimalnya 'relatif besar'). 

Kalau anda mencari kantor sekuritas yang depositnya kecil, anda bisa memilih sekuritas ternama yang juga punya fitur cukup lengkap. Untuk referensi sekuritas yang deposit awalnya rendah, anda bisa dapatkan referensinya disini: Daftar Kantor Sekuritas Deposit Dibawah Rp5 Juta.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.