Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Analisa Trend Saham

Di dalam trading saham, ANALISA TREN adalah analisa yang harus anda kuasai sebelum anda memutuskan untuk membeli dan menjual saham. 

Analisa tren saham berfungsi untuk apakah saham sedang berada di jalur uptrend (naik kencang), dowtrend (turun), atau saham berada dalam posisi sideways (mendatar). Bahkan dengan analisa tren, anda bisa mengetahui saham2 yang breakout dan meneruskan tren naiknya. 

Analisa trend saham sangat berguna khususnya untuk anda yang ingin trading dengan jangka waktu mingguan sampai sebulan (swing trading). Karena jika anda buy and hold, maka anda harus bisa memilih saham2 yang punya tren naik yang bagus. Artinya, anda harus memahami analisa trend.

Pelajari juga praktik analisa tren saham, strategi dan cara membaca saham yang akan naik, dan strategi2 SWING TRADING dengan trend following disini: Panduan Simpel & Efektif Memilih (Screening) Saham Bagus. 

Bagi anda yang ingin mempelajari analisa Poin-poin penting dalam analisa trend saham adalah: 

1. Analisa support resisten 

Menentukan trend suatu saham dapat dilakukan lebih mudah dengan memahami support-resisten suatu saham. Support dan resisten akan membantu anda untuk mengidentifikasi titik-titik harga yang krusial, pola2 yang terulang di dalam chart suatu saham, sehingga anda bisa melihat potensi tren saham. 

Analisa trend saham
Berikut adalah contoh menentukan support resisten saham BMRI melalui garis2 horizontal, sehingga kita temukan titik2 bisa menjadi pembalikan arah tren saham (tanda lingkaran dan persegi). 


2. Screening saham (tren) 

Dalam menganalisa trend, anda juga harus melakukan screening saham. Buanglah saham2 yang memiliki tren jelek, dan pilihlah saham2 yang trennya bagus untuk trading. Hal ini karena jumlah saham di Bursa Efek sangat banyak, sehingga anda harus memiliki screening saham2 pilihan. 

Anda bisa praktikkan dan pelajari screening saham untuk swing trading, dan screening untuk mencari saham2 bagus disini: Cara Screening Saham Bagus. 

3. Analisa tipikal saham 

Analisalah tipikal saham tersebut. Kalau ada saham2 yang pergerakan chartnya nggak beraturan, maka kemungkinan besar saham tersebut juga memiliki tren yang tidak pasti di masa mendatang dan jauh lebih susah diprediksi menggunakan analisa teknikal. 

Jika anda penganut analisa teknikal, maka harusnya anda memilih saham2 yang memiliki tipikal chart yang mdah dianalisa dengan analisa teknikal. 

4. Analisa indikator 

Analisa indikator lagging seperti Moving Average (MA), Bollinger Bands (BB), Zig Zag berfungsi sebagai alat bantu untuk menentukan support resisten, sehingga anda bisa mengidentifikasikan tren / arah suatu saham. 

Demikian juga indikator leading seperti RSI, CCI, Williams %R berguna sebagai alat bantu untuk menentukan sinyal kapan anda harus masuk (buy) dan keluar (sell) di suatu saham. 

Jadi sebagai trader saham, terutama anda yang penganut TREND FOLLOWING, pelajarilah analisa2 tren dan jangan mengabaikan analisa ini, terutama dalam time frame trading yang lebih panjang (mingguan-bulanan). 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.