Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Trading Harian: Strategi dan Cara Trading

El Heze
Di pos sebelumnya yang saya tuliskan disini: 2 Strategi Trading Cepat, kita sudah mengenal beberapa strategi trading cepat. Strategi trading cepat yang aman untuk diterapkan dalam trading adalah trading harian / intraday trading

Trading harian anda lakukan dengan cara membeli dan menjual saham di hari yang sama sampai tiga harian trading. Kalau anda sering melakukan transaksi trading cepat seperti berikut: 

- beli saham pagi jual sore hari (hari yang sama)
- Beli saham pagi hari, jual siang hari (hari yang sama)
- Beli saham siang hari dan jual sore hari (hari yang sama) 
- Beli saham hari ini, jual keesokan harinya
- Beli saham hari ini, jual besok lusa - tiga hari trading 

Maka dapat dikatakan anda sedang melakukan trading harian (intraday trading. Baca juga: Teknik Beli Saham Pagi Jual Sore - Trading Cepat. 

Dalam praktikknya, banyak trader yang masih beranggapan bahwa trading harian harus dilakukan dengan cara membeli saham yang bisa naik 20% dalam sehari, sehingga trader bisa mendapatkan profit besar, cepat dan instan dalam jangka pendek. 

Strategi seperti itu justru akan membuat trader berpotensi nyangkut dan mengalami floating loss yang besar, karena saham2 yang mudah naik puluhan persen dalam sehari, juga memiliki risiko turun 20% di waktu yang hampir bersamaan, dan saham2 tersebut umumnya memiliki pola grafik yang tidak beraturan, dan tidak likuid. 

Jika anda ingin profit dari trading harian, anda bisa mencari saham2 yang pergerakannya bagus, dan mengincar profit dengan persentase yang wajar, namun konsisten.  

Anda bisa mempelajari praktik-praktik memilih saham bagus untuk intraday trading, analisa tape reading untuk trading harian, dan analisa serta strategi2 trading harian disini: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

Seperti apa contoh transaksi trading harian? Beberapa contoh trading harian saham, yang saya praktikkan sendiri secara langsung (beli dan jual saham di hari yang sama), bisa anda lihat contoh tradingnya berikut: 



Anda bisa lihat contoh2 trading harian yang saya lakukan diatas, di mana saya memilih saham2 yang banyak ditradingkan seperti PWON, PTPP, dan saya juga memasang target yang tidak muluk2 (misalnya ingin untung puluhan persen dalam beberapa menit). 

Karena target kita dalam trading harian adalah mendapatkan untung konsisten juga, maka anda harus memilih saham-saham yang bagus, dan target profit yang mudah dicapai dalam jangka pendek. 

Strategi-strategi mencari saham bagus untuk trading harian, bisa anda pelajari pada full praktik memilih saham untuk intraday trading di ebook trading: Ebook Intraday & One Day Trading Saham.  

Contoh-contoh trading harian lainnya yang saya praktikkan, anda bisa lihat disini: Trading Harian: Contoh Intraday Trading Saham dan Cara Profit Trading Saham Harian / Cepat.

TARGET PROFIT TRADING HARIAN 

Target takep profit trading harian hendaknya anda tetapkan 1-5% dari harga beli anda, setelah dikurangi dengan fee beli dan jual. Jadi dalam menetapkan target profit, anda harus menghitung trading anda setelah dikurangi fee beli dan jual. 

Anda bisa download kalkulator trading untuk menghitung fee beli dan jual  (dalam bentuk excel) disini: Kalkulator untuk Trading Saham Gratis.  

Selain itu, sebelum membeli saham untuk trading harian, anda harus melakukan analisis teknikal (grafik) sebelum jam trading, perhatikan momentum yang tepat, dan pilihlah saham2 yang mudah naik dalam jangka pendek, serta lakukan analisa tape reading (bid-offer). 

Jangan sampai motif anda trading harian karena anda ingin cepat kaya, sehingga anda mengabaikan analisa teknikal dan pertimbangan2 penting dalam memilih saham yang layak trading.

Melalui pos ini, anda yang ingin praktik trading harian untuk dapat profit jangka pendek, saya juga berharap anda memahami praktik trading harian yang benar, baik dari segi pemilihan saham, membaca momentum dan memasang target profit yang realistis.   

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.